Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Perlu Khawatir Keluarkan Budget Lebih, Berikut Tips Traveling Murah ke Luar Negeri

Tips Traveling Murah ke Luar Negeri

Ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, pastinya Anda akan dihadapkan dengan beragam biaya yang terbilang cukup tinggi. Hal ini tidak lain karena biaya yang dibutuhkan bukan hanya sebatas tiket pesawat semata. Agar bisa berlibur dengan tenang dan kantong tidak merengek, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan tips traveling murah ke luar negeri berikut :

Tips Liburan dengan Budget Minim ke Luar Negeri

1. Menentukan waktu liburan yang tepat

Tips Traveling Murah ke Luar Negeri
Image : pixabay.com

Hal pertama yang harus dilakukan yakni menentukan kapankah waktu yang tepat untuk berlibur ke luar negeri. Karena hal ini sangat erat kaitannya dengan pengeluaran yang dibutuhkan dalam perjalanan liburan nantinya. 

Untuk itu, Anda dianjurkan untuk memilih melakukan perjalanan saat low season atau bukan musim liburan.

Di mana saat low season semua harga tiket, penginapan dan yang lainnya sangat terjangkau. Berbeda lagi jika Anda memilih waktu saat high season, yang mana semua harga akan melambung tinggi akibat banyaknya permintaan. 

Apalagi di musim ini pastinya hampir seluruh destinasi wisata akan dipadati oleh wisatawan yang datang.

2. Memilih negara yang memberikan akses bebas visa

Tips Traveling Murah ke Luar Negeri
Image : pixabay.com

Tips traveling murah ke luar negeri yang kedua adalah mempertimbangkan untuk memilih negara yang telah membebaskan visa bagi pemegang paspor Indonesia. 

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak sedikit orang yang menghindari membuat visa lantaran cara pengurusannya yang terbilang cukup ribet. Bukan hanya itu saja, banyak juga yang beranggapan jika harganya cukup tinggi.

Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang semacam itu, maka tidak ada salahnya untuk memilih negara yang memberikan akses bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Lazimnya, negara dalam lingkup ASEAN memberlakukan peraturan satu ini. Jangan khawatir, negara Maroko, Macau dan Hong Kong juga bisa menjadi pertimbangan selanjutnya.

3. Mencari promo tiket yang murah

Tips Traveling Murah ke Luar Negeri
Image : pixabay.com

Sebagaimana yang telah diketahui, jika tiket transportasi merupakan salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan untuk bisa traveling, maka dari itu, sebaiknya Anda mencari promo sebagai tips traveling murah ke luar negeri selanjutnya. 

Biasanya promo dengan harga yang sangat terjangkau ini akan ditawarkan oleh beberapa maskapai penerbangan dalam rangkaian promosi.

Agar Anda bisa mendapatkan promo tiket ini, rajinlah memeriksa penawaran spesial dari OTA (Online Travel Agent) atau menunggu offline maupun online travel fair dari maskapai penerbangan. 

Lazimnya, maskapai penerbangan telah memiliki jadwal promo di setiap tahunnya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan penawaran manakah yang sesuai dengan rencana perjalanan Anda.

4. Menentukan penginapan alternatif yang murah

Tips Traveling Murah ke Luar Negeri
Image : pixabay.com

Sebetulnya, orang-orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri pastinya memilih untuk menginap di hotel. Namun alangkah baiknya, jika Anda memilih penginapan alternatif lainnya yang menawarkan harga lebih terjangkau. 

Tips traveling murah ke luar negeri satu ini tidak lain untuk meminimalisir pengeluaran. Pastikan pula bahwa penginapan tersebut nyaman untuk dihuni.

5. Membeli asuransi perjalanan

Tips Traveling Murah ke Luar Negeri
Image : gardaoto.com

Banyak yang memandang remeh asuransi perjalanan, padahal produk ini bisa memberikan banyak manfaat. Asuransi perjalanan internasional biasanya akan memberikan perlindungan di beberapa hal, seperti misalnya pembatalan dan keterlambatan penerbangan, jaminan bagasi atau barang selama perjalanan dan banyak lainnya. 

Manfaat-manfaat tersebut tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang intensitas perjalanannya cukup tinggi.

Melakukan perjalanan liburan tidak harus selalu mahal dan mewah, ada kalanya Anda perlu memilih beberapa hal guna menekan pengeluaran yang tidak perlu. Maka dari itu, hendaknya Anda menerapkan beberapa tips liburan murah yang telah disebutkan di atas. 

Bukan hanya untuk meminimalisir pengeluaran saja, tips tersebut juga untuk memberikan kenyamanan untuk liburan Anda.

Semoga bermanfaat.

44 komentar untuk "Tidak Perlu Khawatir Keluarkan Budget Lebih, Berikut Tips Traveling Murah ke Luar Negeri"

  1. Yang bikin mahal itu biasanya ya pengurusan visa karena gak akan ada promonya. hehehe.
    Semoga dunia segera pulih kembali ya kak. Biar kita bisa jalan-jalan lagi. Btw, kadang susah juga cari waktu libur pas lagi low season. Udah pasti kalau di perusahaan, libur ya pas lagi peak season. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul seperti itu, tapi kalau sebelumnya sediakan budget buat traveling, Insha Allah biaya pengurusan Visa menjadi terasa ringan... Jangan lupa ya, masukkin biaya passport dan visa di dalam anggaran liburan :)

      Hapus
  2. Travelingnya sih mudah tinggal datang ke Bandara..terbang deh.. yang susah itu duitnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itulah perlunya planing mas Dwi. Kalo segala sesuatunya direncanakan sebelumnya, pasti bisa terwujud. Yah salah satunya dengan menabung dulu deh

      Hapus
  3. Kalau mau keluar negeri pas bikin wishlist kudu lengkap disiapkan yg utama yaitu bebas visa dan asuransi perjalanan. Biar lebih terarah dan nyaman saat halan-halan di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, persiapannya harus matang, biar liburannya jadi lebih menyenangkan dan gak kurang suatu apa pun juga

      Hapus
  4. Waaahh rindu jalan-jalan ke luar negeri, tapi masih pandemiii yaudah deh buat bucket list aja dulu mau kemana setelah pandemi berakhir dan mulai memilih asuransi perjalanan yang terbaik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo sudah bebas traveling, baru deh wujudkan resolusi traveling ke luar negeri, tentunya tambahin asuransi perjalanan buat liburan kamu

      Hapus
  5. Kalau menginap, mungkin akan lebih henat biaya jika menyewa kamar semacam airbnb kali ya. Nah kalau soal liburan saat low season, mungkin hemat tapi mungkin sensasinya bakalan beda kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di hotel juga terkadang suka ada diskon loh, asal kita mau rajin mantengin dan nyari harga promo penginapan

      Hapus
  6. Bener banget. Apalagi yang asuransi perjalanan. Tapi masih banyak yang memandang sebelah mata tentangnya. Padahal penting banget ya. Takutnya terjadi pembatalan penerbangan dan lain sebagainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tau apa aja keunggulannya, pasti banyak yang lebih memilih perjalanan yang tercover sama asuransi perjalanan

      Hapus
  7. penting banget yah asuransi perjalanan ini, tapi jujur saya biasanya suka skip asuransi perjalanan ini, huhuhu ternyata keunggulannya oke banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali bisa coba pertimbangkan dulu Mba, siapa tau bermanfaat banget buat liburan

      Hapus
  8. wah aku baru tahu lho mas, klo asuransi perjalanan juga perlu banget untuk menghemat jalan jalan ke luar negeri, makasih tipsnya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu Mba, biar traveling jadi lebih menyenangkan

      Hapus
  9. Impianku banget nih traveling ke Dubai, switzeland, haha mesti banyak ikhtiar dulu biar bisa diwujudkan

    BalasHapus
  10. DUlu pas kerja, nggak bakal bisa dapat liburan pas low season. Sekarang nggak kerja eh malah kejebak pandemi. Semoga segera kelar pandemi biar tipa traveling murah ke luar negerinya bisa segera yuni realisasikan. Hehehehe

    BalasHapus
  11. Waktu masih single aku sering banget berkeliling travelling bareng teman akrab. Dengan budget minimal tapi puas bisa 5-7 hari. Tentunya dengan perencanaan seperti diatas.
    Nice info kak

    BalasHapus
  12. Kalo aku mo traveling ke luar negeri pasti yang bikin budget bengkak itu ya karena anak-anak pasti pen ngikut semua. Haha!

    Soal asuransi perjalanan keknya bagus banget buat dipertimbangkan ya. Makasih tips2nya!

    BalasHapus
  13. Semoga aku bisa traveling ya pasca pandemi
    Sudah lama list negara di fetured image di atas jadi impian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin... Setelah pandemic selesai, langsung aja pesan tiket jalan-jalan

      Hapus
  14. wah iya bener juga ya mas, harus pinter pinter nentuin waktu ya kalo travelling ke luar negeri. Kalo high season udah pasti lebih mahal ya biayanyaa

    BalasHapus
  15. Salah satu tips tambahan dari aku sih mencari agen travel atau perjalanan yang terpercaya dan memang murah tapi nggak murahan. Jadi ingat pernah traveling ke beberapa negara dengan biaya minim tapi semua lokasi yang di itinerary tercapai semua.

    BalasHapus
  16. Tips2 di atas persis banget sama yang disarankan temenku saat backpackeran ke luar negeri, kalau ada bisa mendapatkan yang lowbudget kenapa enggak ya kaan hihi. Tapi emang kadang perlu menunggu yang pas sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip deh. Kalo timing nya pas, kuy tinggal lanjut aja ya

      Hapus
  17. Siap-siap, ancang-ancang. Setelah pandemi berlalu mulai hunting untuk traveling ke luar negeri nih.

    BalasHapus
  18. Duh, dari dulu pengen banget jalan-jalam ke luar negeri. Bukan supaya kayak holang kaya. Tapi emang pengen cari pengalaman baru yang lebih seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pengen nyobain sih, tapi belum dikasih rezeki hehehe

      Hapus
  19. Saya siap-siap dulu ya kang, semoga dengan persiapan yang matang, rencana jalan-jalan ke tempat wisata favorit bisa terealisasikan dengan baik :)

    BalasHapus
  20. tahun lalu kerasa banget senang bisa pergi dengan tiket promo murah meriah sekali. Bisa hemat jadinya dan alokasikan dana ke jajan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senangnya ya bisa jalan-jalan hemat. Semoga tahun ini bisa mendapatkannya lagi ya Mba...

      Hapus
  21. Kangen banget bisa traveling lagi. Makasih tipsnya, Mas. Meskipun aku belum pernah sih liburan ke luar negeri, tapi berharap suatu saat bisa juga melakukannya. Kalo direncanakan dg baik kan bisa lebih berhemat budgetnya ya

    BalasHapus
  22. Sama-sama Mba. Yah semoga kita semua bisa traveling lagi dengan normal di tahun 2021

    BalasHapus
  23. Duh kapan yaaa bisa ke luar negeri, hihihi.. apalagi skrg bawaannya banyak personel. Masih dalam rencana dan cita-cita, tipsnya harus disave.

    BalasHapus
  24. aku kaos DCB nya bikin gagal fokus ya kak, ahahahhahahahhaa


    aku juga cita2 nih moga kesampean travelling ke luar negri, belum pernah soalnya hihi

    BalasHapus