Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Lowongan Kerja di Jakarta

Lowongan Kerja Jakarta

Meski lowongan kerja Jakarta selalu tersedia, tapi faktanya mencari kerja di Jakarta tidaklah mudah. Setiap pelamar kerja perlu membekali diri dengan berbagai persyaratan yang diminta oleh perusahaan pencari kerja, mulai dari pendidikan, skill hingga pengalaman bekerja. Karena dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang tepat kepada perusahaan di mana dia bekerja. 

Kota Jakarta merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia, sehingga tingkat persaingan dalam mencari kerja sangatlah tinggi. Apalagi jika jumlah pencari kerja lebih banyak dibanding jumlah lowongan kerja yang ada. 

Saya jadi teringat pengalaman mencari kerja di Jakarta pada tahun 2001 lalu. Setelah menyelesaikan pendidikan Diploma accounting, saya berniat untuk mencari kerja. Tapi saat itu internet belum booming dan ponsel juga belum ada, jadi saya mencari informasi lowongan kerja lewat surat kabar. Surat kabar yang paling banyak iklan lowongan kerja saat itu adalah koran Pos Kota.

Supaya tidak terjebak dengan lowongan kerja palsu, saya tetap selektif dan sangat berhati-hati dalam mencari lowongan kerja, apalagi di kota besar banyak sekali penipuan berkedok lowongan kerja. Lengah sedikit, bisa terjebak.

Mencari Lowongan Kerja Butuh Perjuangan Tinggi

Saya pun sempat mencoba melamar di Dunkin Donuts di daerah Hayam Wuruk, Jakarta Barat. Saya datang ke lokasi naik bus AC 01 jurusan Lebak Bulus - Kota (sekarang sudah tidak ada). Setiap pelamar harus mengikuti serangkaian test yang durasinya bisa seharian. Setelah test selesai, pelamar akan dihubungi kembali, itupun jika diterima.

Saya juga pernah datang melamar langsung ke daerah Cawang, Jakarta Timur untuk melamar pekerjaan sebagai admin wartel (warung telepon). Saya rela bermacet-macet di dalam angkot. Belum lagi cuaca cukup panas. Untuk naro satu lamaran saja butuh waktu seharian.

Sudah puluhan surat lamaran kerja saya kirim lewat pos. Bahkan beberapa di antaranya saya datangi langsung ke lokasi. Meski lokasinya cukup jauh dari rumah, tapi saya tetap bela-belain datang melamar. Pokoknya mencari kerja saat itu butuh perjuangan yang tinggi.

Melamar Kerja Lebih Mudah di RajaLoker

Zaman semakin maju, teknologi semakin canggih. Kini mencari lowongan kerja sudah bisa dilakukan secara online, baik lewat ponsel atau komputer/laptop. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan kita tidak perlu repot-repot mengirimkan berkas surat lamaran ke lokasi, cukup dikirimkan lewat email saja. Pokoknya semua serba online.

Website RajaLoker

Website penyedia informasi lowongan kerja memang sangat banyak di internet, tapi Blogmashendra.com ingin merekomendasi RajaLoker sebagai website yang tepat dan cocok bagi para pelamar kerja.

RajaLoker berdiri pada Februari 2020 dan merupakan platform yang mempertemukan pelamar dan pemberi kerja. RajaLoker juga menyajikan lowongan kerja yang terpercaya dan sudah terkurasi, sehingga dijamin aman untuk para pelamar kerja.

RajaLoker juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan memudahkan para pelamar kerja, yaitu fitur pencarian dengan lokasi dan filter pencarian menurut status pekerjaan (Full Time, Part Time, Freelance, Daily Worker atau Remote).

Sedangkan bagi perusahaan yang akan memasang lowongan kerja akan dimudahkan dalam hal input data, seperti data perusahaan, posisi pekerjaan yang dibuka, kriteria yang diinginkan dan data lainnya. RajaLoker juga memberi kemudahan bagi perusahaan dalam mencantumkan kontak yang dapat dihubungi, sehingga akan mempermudah para pelamar kerja untuk menghubungi kontak yang tertera.

Cara Mencari Lowongan Kerja di RajaLoker

Mencari lowongan kerja di website RajaLoker cukup mudah. Saya rasa siapapun bisa dengan mudah menjelajahinya. Nah berikutnya adalah langkah-langkah cara mencari kerja di Jakarta lewat RajaLoker :

1. Masuk website RajaLoker

Lowongan Kerja Jakarta RajaLoker

Langkah pertama adalah mengakses website Rajaloker.id. Selanjutnya dari homepage website RajaLoker, berhubung Anda ingin mencari kerja, maka klik 'SAYA MENCARI PEKERJAAN'. Selanjutnya akan muncul daftar info lowongan pekerjaan yang tersedia secara lengkap, mulai dari profesi, lokasi, nama perusahaan pemberi kerja, hingga kapan lowongan pekerjaan tersebut diposting.

2. Manfaatkan fitur pencarian

Lowongan Kerja Jakarta RajaLoker

Untuk mempermudah pencarian, RajaLoker memiliki fitur pencarian yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Maka selanjutnya Anda bisa mengatur kriteria lowongan pekerjaan yang diinginkan, mulai dari :

- Pendidikan : (SMP, SMA/SMK, D3, S1, S2, S3, Umum dan Profesi)

- Status pekerjaan : (Full time, Part time, Freelance, Daily worker, Remote)

- Profesi : (Kesehatan, Hotel/Restoran, Penjualan/Marketing, Teknik, Pendidikan/Pelatihan, Komputer/IT, Seni/Media/Komunikasi, Administrasi/Personalia, Akuntansi/Keuangan)

- Lokasi

Setelah input data yang ingin dicari, selanjutnya klik CARI LOKER.

3. Deskripsi pekerjaan

Lowongan Kerja Jakarta RajaLoker

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman yang berisi informasi pekerjaan yang cukup detail, mulai dari deskripsi perusahaan, deskripsi pekerjaan, syarat pekerjaan, lokasi, kontak perusahaan (email) hingga status pekerjaan. Jika persyaratannya cocok, Anda bisa langsung klik LAMAR untuk mengirimkan surat lamaran. Anda juga bisa menyimpan atau membagikan lowongan kerja tersebut.

Keunggulan RajaLoker

Keunggulan Website RajaLoker

Mengulik website RajaLoker yang cukup user friendly, dapat diambil kesimpulan bahwa RajaLoker memiliki beberapa keunggulan dibanding website sejenis. Berikut ulasannya :

1. Lowongan kerja selalu update
Setiap pencari kerja tentu ingin mendapatkan informasi lowongan kerja yang paling update bukan? Nah di RajaLoker, Anda akan disuguhkan dengan lowongan kerja terbaru yang mungkin saja Anda cari.

2. Banyak pilihan kategori pekerjaan
Anda bisa mencari kategori pekerjaan di RajaLoker, mulai dari bagian administrasi/personalia, akuntansi/keuangan, hotel/restoran, kesehatan, komputer/IT dan pendidikan/pelatihan.

3. Area lowongan kerja yang cukup luas
RajaLoker menyajikan informasi lowongan kerja di berbagai kota besar di Indonesia, di antaranya adalah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali.

4. Artikel seputar dunia kerja
Selain informasi lowongan kerja, RajaLoker juga menyajikan berbagai artikel yang mengulik seputar dunia kerja, mulai dari bagaimana cara mengirim email lamaran yang membuat HRD tertarik, bagaimana membuat surat lamaran yang benar, contoh surat lamaran kerja dan lain sebagainya. Tentu artikel yang disuguhkan bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda ketika mencari kerja.

Demikian artikel yang bisa saya ulas mengenai loker Jakarta, terutama bagi Anda yang membutuhkan informasi lowongan kerja yang akurat dan update. Sehingga Anda bisa mencari pekerjaan tanpa merasa takut ditipu di internet.

Semoga bermanfaat.

44 komentar untuk "Mencari Lowongan Kerja di Jakarta"

  1. Kalau zaman sekarang enak melamar kerjanya pakain internet gak modal kertas, amplop & perangko ya :)
    Jaman aku dulu sempat juga cari lowongan di internet oas awal-awal booming gitu. Notes sekarang ada Rajaloker ya buat rekomendasi cari lowongan pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, tempo hari saya ngabisin banyak biaya loh, mulai dari amplop coklat, kertas, foto copy, pas foto, belum lagi harus ngirim langsung ke alamat. Udah gak terhitung biaya yang keluar. Belum lagi tenaga dan waktu. Zaman now beruntung banget deh, urusan nyari lowongan kerja semakin mudah dan praktis aja

      Hapus
  2. Ingat jaman dulu waktu belinya dapat pekerjaan, lamar sana lamar sini, tidak ada yang diterima, bahkan sampai lokasi yang sangat jauh saya datengin, semuanya nihil kang. Sedih kalo diceritain mah, uhuk.. Uhuk..

    Sampai akhirnya saya dapet di seputar Tebet, setelah hampir putus asa, diterima bekerja sesuai passion adalah suatu kepuasan tersendiri buat saya.

    Itu dulu ya kang, kalau sekarang mah, mau nyari kerja, gak perlu kelilingan, cukup lewat HP secara online udah bisa nyari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan basis Ilmu yang dimiliki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita senasib ya Kang. Pernah ngalamin pahitnya mencari kerja secara offline. Mondar-mandir tanpa mengenal lelah. Tapi sekarang malah gampang banget nyari kerja lewat ponsel

      Hapus
  3. temenku pernah kena penipuan lowongan kerja palsu, disuruh beli tiket ke Jakarta, kasian banget sih. Nah kalau ada yang terpercaya seperti Raja loker ini pasti akan lebih gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kita harus lebih berhati-hati lagi ketika mencari lowongan kerja. Di mana pun itu, baik secara online maupun offline. Semoga gak ada yang tertipu lagi dengan lowongan kerja model begini ya Mba.

      Hapus
  4. uwaah makasih infonya
    aku juga lagi nyari kerja nih mas hend
    udah mau lulus kuliah soalnya
    pengennya sih nyari kerjaannya via online aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok dah, silahkan berburu lowongan kerja di RajaLoker ya and good luck yaa

      Hapus
  5. Jadi mudah mau cari kerjaan sekarang ya? Mudah caranya maksudnya tapi perlu usaha untuk menampilkan diri kita secara singkat pada file yang kita ajukan. Tantangannya ada pada unjuk diri dengan menarik di "surat lamaran" ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara nyari lowongan kerja memang mudah, tapi mendapatkan pekerjaannya yang butuh usaha keras. Betul, bagaimana cara membuat CV yang bisa menarik minat HRD, ini yang paling sulit. Tapi tenang, di RajaLoker udah ada tips-tipsnya kok

      Hapus
  6. Saking udah lama banget nggak cari lowongan kerja lagi, sekarang ada rajaloker rupanya. Kalau dulu saya biasa cari di salah satu web penyedia lowongan kerja lainnya sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang jadi tau dong kalo nyari lowongan kerja bisa lewat rajaloker

      Hapus
  7. Semoga yang sedang mencari pekerjaan dimudahkan dan dilancarkan usahanya. dapat pekerjaan yang sesuai keinginan. Amin.

    BalasHapus
  8. Zaman sekarang dimudahkan banget dengan info loker online seperti Rajaloker.com, banyak pilihan pekerjaan yang update juga pilihan areanya, mau intip2 ah mana tau ada pekerjaan yang sesuai sama saya

    BalasHapus
  9. Ngebantu banget web RajaLoker.id ini ya mas. Apalagi dimasa susah saat ini, jadi para pencari kerja bisa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan dengan mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak manfaatnya platform lowongan kerja online Mba

      Hapus
  10. benar sekali, banyak sekalk lowongan pekerjaan tapi semuanya terbatas, saling berkompetisi untuk masuk.

    semoga ke depannya akan lebih banyak lagi lowker

    BalasHapus
  11. RajaLoker jadi website pencari kerja pilihan nih, karena dalam mencari kerja memang perlu website terpercaya agar pencari kerja mudah menemukan lowongan kerja yang akurat dan tepat

    BalasHapus
  12. Dengan melamar lewat loker online ini memberikan kemudahan buat pencari kerja. Tinggal filter lalu pilih lowongan yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Memang sih buat rekruiter ini jadi masalah tersendiri karena dengan kemudahan melamar, maka semakin banyak pelamar yang mengirimkan lamaran. Seleksinya jadi lama banget, karena harus baca satu persatu lamaran yang masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jadi risiko yang ditanggung oleh rekruiter hehehe

      Hapus
  13. 13 tahun lalu aku juga salah satu yang suka berburu lowongan kerja. Tapi setelah masuk kerja di bidang jurnalis fashion, setel;ah itu kalau pas keluar ehhh ada aja yang manggil untuki posisi sama.

    Jadi nggak terlalu mantengin lowongan kerja juga sih. Hehe.
    Tapi benar banget untuk kita pilah-pilih lowker yang ada ya. Supaya nggak kena penipuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmm, itu sih memang sudah rezekinya ya. Biar lebih aman dan gak terjebak sama lowongan kerja palsu, ya sebaiknya tetap selektif dan hati-hati aja

      Hapus
  14. Alhamdulillah sekarang melamar pekerjaan sudah lebih canggih ya ada Raja loker. Aku jadi inget melamar kerja di Jogja malah ga ketrima2 pe 2 bulan kemudian baru ketrima di apotek (aku asli jogja). Eh giliran mau nikah aq kan kudu stlh nikah pindah Jakarta krn suamiku kerja di jakarta. Terus aku ngelamar kerja di jkrta, info dr forward an temen kuliah ku. Alhamdulillah malah ketrima langsung di rumah sakit. Tp tesnya lumayan pe 5x, terakhir medical check up. Emang rezeki orang mau nikah itu ga kemana ya =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya rezeki yang gak disangka-sangka ya Mba Dian. Semoga rezekinya tetap mengalir ya buat keluarga juga

      Hapus
  15. Bagus banget ada platform Raja loker ini ya, jadi bagi pencari kerja tidak perlu capek-capek lagi dari kantor ke kantor naik kendaraan umum untuk memasukkan lamaran. Teknologi memang membuat semua jadi lebih mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknologi memang membantu memudahkan aktivitas sehari-hari, termasuk urusan mencari kerja

      Hapus
  16. Sekarang kehadiran RajaLoker ini ikut serta berpartisipasi dalam rangka memberi lowongan pekerjaan sesuai passion warga ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat memudahkan para pencari kerja yang menginginkan efisiensi

      Hapus
  17. Wahhh sudah dari 2001 ya mas di jakarta, 2001 saya masih bayi sepertinya hhehe... Keren euy mas hendra. Tapi sekarang jadi lebih enak ya ada platform untuk bisa cari kerja, lebih memudahkan dan apa yang ingin kita kerjakan bisa langsung lamar dan menunggu saja.. Mantep abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah ke Jakarta dari tahun 1982 Mas. Tahun 2001 setelah lulus kuliah Diploma, lanjut cari kerja deh. Wah masih unyu dong Mas Andrie. Ya dong, kita harus pandai memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, termasuk urusan nyari lowongan kerja...

      Hapus
  18. Aku masih dalam tahap berusaha untuk cari loker di jakarta, semoga ada kabar baik di 2021 ini. makasih infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama dan semoga cepat dapat pekerjaan yang terbaik ya

      Hapus
  19. Mencari pekerjaan di era sekarang sudah nggak susah lagi ya Mas karena situs seperti rajaloker yang bisa diakses. Tapi ini lokasinya masih belum mencakup seluruh Indonesia ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasinya masih terbatas, masih dalam tahap pengembangan ya

      Hapus
  20. sekarang mah enak ya cari kerja tinggal buka hape aja buka web para pencari kerja. Masih ingat zaman saya lulus SMA tuh harus beli koran dulu dan mencari lowongan yang ada di iklan baris Hehehe. Sekarang asal paham teknologi semua jadi mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sekarang eranya digital, jadi lebih mudah

      Hapus
  21. Semua serba pakai internet ya kak jadi lebih mudah kalo lagi nyari lowongan kerjaan, nggak kayak dulu mesti dateng ke tempatnya langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, sekarang teknologi semakin maju, jadi ya kita harus manfaatin

      Hapus
  22. Wah cocok banget nih buat diriku yang lagi butuh kerjaan...
    Mudah2an ada yang cocok di Rajaloker...

    Tampilan webnya makin kece!...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa dapat kerjaan yang diinginkan melalui website RajaLoker ya Mas, aaamiiin... Tapi gak sekece Anda blognya

      Hapus