Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi dan Jenis Rack Server

Mengenal Fungsi dan Jenis Rack Server

Agar tampilan ruang menjadi tertata lebih rapih dan sedap dipandang, biasanya seseorang akan memanfaatkan fungsi dari sebuah rak. Selain untuk mempercantik interior ruang karena desainnya yang beragam, rak juga sangat fungsional, yakni sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam barang koleksi, mulai dari buku bacaan, piala penghargaan, pajangan, piagam dan lain sebagainya.

Bisa dibayangkan, jika sebuah rumah tidak menyediakan rak, sementara barangnya sangat banyak, tentu ruang tersebut akan terlihat berantakan dan menjadi sempit karena barang-barang berserakan dan tidak tertata dengan baik. Maka dari itu, menyediakan rak menjadi hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Ruang yang bersih dan barang tertata dengan baik, memiliki daya tarik yang jauh lebih tinggi dibanding ruang yang berantakan. Setiap orang tentu akan merasa betah berada di dalam ruang yang tertata dengan rapih, meski di dalamnya memiliki banyak barang.

Mengenal Fungsi Rack Server

Mengenal Fungsi Rack Server

Sama halnya dengan ruang di dalam sebuah rumah, data center (suatu ruang yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan server dan jaringan komputer), juga perlu mendapat perhatian serius, maka sangat wajib bagi pengelola untuk menyediakan rak yang berfungsi untuk menyimpan ratusan atau ribuan server tersebut.

Meski sama-sama disebut rak, namun rack server memiliki desain dan fungsi yang berbeda dengan rak pada umumnya. Karena memang dirancang secara khusus untuk menempatkan server dan berbagai peralatan jaringan, seperti komputer server dan switch.

Jadi, rack server atau server rack adalah rak khusus yang digunakan untuk menyimpan peralatan perangkat jaringan agar ruang menjadi lebih efisien dan lebih mudah dalam melakukan perawatan peralatan yang ada. Biasanya dalam sebuah rak, Anda bisa meletakkan beberapa buah perangkat jaringan. Rack server juga bermanfaat untuk memudahkan pemasangan kabel antara komponen jaringan yang lainnya.

Biasanya rack server juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang berfungsi untuk meminimalisir hawa panas yang dihasilkan. Karena semakin banyak komponen yang dipasang, maka semakin tinggi hawa panas yang dihasilkan. Selain berasal dari rack server, pendingin juga datang dari AC yang dipasang di ruang.

Beragam Jenis Rack Server

Biasanya ada beberapa jenis rack server yang sering digunakan di dalam sebuah infrastruktur IT. Masing-masing rack server memiliki desain dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah tiga jenis rack server yang sering dijumpai :

1. Open rack

Open Rack Server Schneider Electric
Harga rack server ini cenderung lebih murah, karena tipe open rack ini memiliki desain yang sangat sederhana. Dalam penempatannya, semua peralatan jaringan ditata secara sederhana di rak yang terbuka. 

Meski desainnya sederhana, namun open rack memiliki fungsi yang cukup baik untuk menyimpan peralatan jaringan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Open rack ini cocok digunakan pada perusahaan kecil yang tidak terlalu banyak membutuhkan peralatan dan komponen jaringan serta berguna untuk membantu penyimpanan data-data penting suatu perusahaan. Rack server tipe terbuka ini kurang cocok digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki jumlah penyimpanan yang lebih besar.

2. Closed rack

Closed Rack Server Schneider Electric
Kebalikan dari open rack, closed rack termasuk tipe rack server yang tertutup serta dilengkapi dengan ventilasi double roof fan. Memiliki desain yang lebih baik, karena telah dilengkapi dengan pintu kaca dan penutup samping yang terbuat dari bahan metal galvanis (campuran besi dengan zat kimia sebagai pelapisnya) yang kuat dan kokoh.

Desainnya yang kokoh, membuat closed rack cenderung lebih kuat untuk menahan beban yang cukup berat. Bahkan mampu menahan beban hingga sekitar 50 kg. Hal ini menjadikannya sebagai rack server yang aman dan paling kuat digunakan.

Meski kuat dan kokoh, closed rock harus disimpan di dalam ruangan dengan sistem pendingin yang baik atau suhu yang dingin. Tujuannya untuk menjaga agar perangkat tetap bekerja aktif dalam closed rack, sehingga tetap stabil dan bekerja secara efisien. Hal ini mengingat sistem pendingin yang pastinya bekerja keras jika rack server ini berada di luar ruangan ber-AC.

Sistem pendingin ini sangat berguna untuk meminimalisir hawa panas yang berasal dari berbagai perangkat aktif yang tersimpan di dalam closed rack tersebut, seperti router modem, UPS, server, WiFi dan lain sebagainya.

3. Wallmount Rack

Wallmount Rack Server Schneider Electric
Fungsinya masih sama dengan kedua tipe rack server sebelumnya, yakni untuk menyimpan berbagai peralatan jaringan, termasuk di antaranya modem, switch hub dan peralatan jaringan lainnya. 

Wallmount rack biasanya memiliki 1 pintu atau juga tersedia yang 2 pintu. Dari sisi desain, rack server yang satu ini memiliki desain yang cukup sederhana.

Sama seperti closed rack, wallmount rack juga sebaiknya diletakkan di dalam ruang yang dingin atau ruang tersebut dilengkapi dengan AC, hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja perangkat jaringan yang berada di dalam rack server tersebut. Apalagi peralatan jaringan tersebut bekerja secara terus menerus.

Rack Server Berkualitas di Schneider Electric

Operasional teknologi informasi bergantung pada kualitas rack server dan data center pada sebuah perusahaan maupun organisasi, agar mendukung kinerja rack server yang lebih efisien dan fleksibel. Tren seperti virtualisasi, konsolidasi, konvergensi dan adopsi rack server memaksa berbagai jenis peralatan untuk berbagi di ruang yang sama. Sehingga perangkat high-density saat ini menghasilkan panas yang sangat besar di rack server.

Server merupakan sumber kehidupan operasi TI. Namun menjaga server high-density saat ini agar tetap berjalan aktif lebih menantang dari sebelumnya. 

Tren saat ini, seperti virtualisasi, konsolidasi dan adopsi server blade, berarti lebih banyak perangkat, lebih banyak daya dan lebih banyak panas yang dikemas ke dalam setiap enclosure

Namun kekhawatiran seperti ini tidak akan terjadi jika Anda memutuskan untuk memilih produk rack server dari Schneider Electric

Adalah NetShelter SX merupakan rack server paling fleksibel di dunia untuk lingkungan TI yang demanding

Dengan lebih dari 10 tahun di pasar dan lebih dari 1 juta unit telah terjual, rack server NetShelter SX siap untuk diaplikasikan di lingkungan dengan tingkat aktivitas yang tinggi serta menawarkan fitur paling standar di pasar saat ini. Selama 10 tahun, Schneider Electric telah secara khusus merekayasa rack server NetShelter SX generasi terbaru untuk menangani aplikasi rack server yang sangat membutuhkan energi dan high-density saat ini.

Rack Server Schneider Electric

Semoga artikel tentang fungsi dan jenis rack server dapat memberikan pencerahan serta menambah wawasan baru di dunia teknologi informasi.

16 komentar untuk "Mengenal Fungsi dan Jenis Rack Server"

  1. Satu lagi nih ilmu yang saya dapat dari blog Mas Hendra. Yang saya tahu jenis rak itu cuma sedikit, ternyata cukup banyak ya, sesuai fungsinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Kang, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Wah aku baru tahu nih ternyata rack server macam-macam ya
    Dan fungsinya juga beda-beda
    Besok-besok kalau butuh rak, udah ada referensinya dari blog mas Hendra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sebenarnya di sini dijelaskan rak khusus server saja sih, bukan rak lainnya

      Hapus
  3. Ternyata banyak juga jenis tak server ini ya mas Hendra?

    Pernah liat cuma no dua. Yang lain belum pernah. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang udah liat kan jenis rak yang lainnya

      Hapus
  4. Ternyata ini toh yang namanya rack server hehe. Baru tahu kalau jenisnya banyak juga. ternyata fungsinya emmang khusus server IT gitu sih ya beda sama rak-rak biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis rak itu banyak Mba, tapi kalo untuk server, dia punya rak dengan desain khusus

      Hapus
  5. Apa enggak kepanasan tuh server? Biasanya kalau racknya segede gitu berapa banyak server yg tersimpan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya semua rack server ditaru di ruangan yang dingin, jadi harus pakai AC yang maknyoooos, biar gak cepat panas.

      Hapus
  6. Wah perkantoran yg punya banyak PC biasanya punya rack server gini kan Mas... Kl pribadi juga bs kan,, bikin CPU jd awet juga karena ada tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya setiap kantor atau perusahaan punya rack server. Kalo pribadi sih bisa pakai kipas angin biasa atau PC nya ditaro di ruangan yang dingin ber-AC

      Hapus
  7. Saya baru tau tempat rak server seperti ini, tapi saya berpikir cocok untuk diterapkan dikantor saya, biar tertata dengan rapi dan kabelnya ga kemana mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat perlu menaruh rack server dengan rapih, biar gak belibet sama kabel atau cepat rusak komponennya

      Hapus
  8. Banyak macamnya ya ternyata rak server ini.baru tahu saya. jadi kepikiran buat nyimpen file penting nih.biar gak campur sama yg lain.

    BalasHapus

Berlangganan via Email