Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Box MCB pada Instalasi Listrik

Fungsi Box MCB pada Instalasi Listrik

Setiap bangunan, baik itu rumah, hotel, apartemen, perkantoran, rumah sakit maupun pabrik, instalasi listrik yang terpasang selalu dilengkapi dengan box MCB sebagai pengaman. Namun ukuran masing-masing box MCB tersebut berbeda-beda tergantung dari besarnya instalasi listrik yang dipasang. Untuk model box MCB rumahan memiliki ukuran yang berbeda dengan gedung yang memiliki instalasi listrik lebih rumit dan lebih besar.

Box MCB merupakan komponen yang sangat penting dalam instalasi listrik. Sesuai dengan namanya, box MCB berfungsi sebagai tempat atau kotak untuk menempatkan MCB agar instalasi listrik dapat bekerja lebih aman.

Berdasarkan modelnya, box MCB dibedakan menjadi dua model, yakni model inbow dan outbow. Untuk model inbow, box akan menyatu ke dalam dinding. Sedangkan model outbow, box akan terpasang di permukaan dinding. Meski modelnya berbeda, namun box MCB ini memiliki fungsi yang sama.

Fungsi Box MCB pada Instalasi Listrik

Fungsi Box MCB

Sudah semestinya komponen MCB pada instalasi listrik dilengkapi dengan kotak pelindung agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi MCB sangat rentan mengalami kerusakan jika terkena benda atau hal lainnya. Berikut adalah tiga fungsi box MCB pada instalasi listrik :

1. Memproteksi dari benda asing

Meski MCB biasanya sengaja diletakkan di atas atau jauh dari jangkauan anak-anak, namun terkadang bisa saja secara tidak sengaja terlempar oleh benda yang mengarah ke MCB yang akan menyebabkan gangguan atau lebih parahnya lagi MCB mengalami kerusakan. Kegagalan fungsi MCB akan berisiko menimbukan hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadi percikan api akibat arus singkat yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya kebakaran.

2. Menghalau hewan masuk ke dalam MCB

Cicak merupakan salah satu hewan yang paling sering melintasi dinding atau tembok. Maka dari itu, agar cicak tidak masuk ke dalam MCB, maka diperlukan kotak pelindung yang akan menghalangi jalannya cicak ke MCB tersebut. Selain cicak, ada hewan lainnya yang juga senang sekali merayapi dinding rumah, yakni tokek. Tentu risikonya lebih tinggi lagi, mengingat ukuran tubuh tokek lebih besar jika dibanding cicak.

3. Menghindari terjadinya human error

Aktivitas di sekitar MCB, seperti mengecat tembok atau dinding berisiko Anda akan tersengat listrik jika MCB tersebut tidak dilindungi kotak pengaman. Meski Anda tetap hati-hati, namun bisa saja karena berbagai hal, Anda secara tidak sengaja menyentuh MCB yang tidak dilengkapi kotak.

Fungsi MCB pada Instalasi Listrik

Fungsi MCB

Adapun MCB atau Miniature Circuit Breaker memiliki fungsi sebagai proteksi dan pemutus arus apabila terjadi kelebihan beban ataupun terjadi hubungan singkat. Oleh karena fungsinya yang sangat vital, maka MCB ditunjang dengan box khusus agar instalasi listrik lebih rapih dan tidak terkena benda atau hewan (misalnya cicak) yang melintas.

1. Pemutus arus

Anda bisa memutus arus listrik pada MCB dengan dua cara, yakni manual dan otomatis. Dengan cara manual, Anda bisa mengubah toggle switch (tombol) yang berada di depan MCB. Sedangkan untuk cara otomatis, akan terjadi jika terdetekasi terjadi arus berlebih yang disebabkan beban penggunaan listrik yang berlebihan, atau terjadi hubung singkat arus listrik.

2. Proteksi beban berlebih (overload)

Mungkin saja Anda pernah mengalami beban listrik yang overload ketika menggunakan peralatan listrik di rumah. Misalnya MCB memiliki arus listrik 6 A, namun arus listrik yang mengalir melalui MCB tersebut sebesar 7 A, maka MCB ini akan mendeteksi adanya arus berlebih, secara otomatis listrik akan turun. Nah strip bimetal ini yang bertugas untuk mendeteksi adanya arus listrik berlebih.

3. Proteksi hubung singkat

Fungsi MCB selanjutnya adalah sebagai proteksi hubung singkat dengan cara memutus arus listrik jika terjadi korsleting. Komponen yang mendeteksi adanya korsleting listrik disebut magnetic trip yang berupa solenoid. Besarnya arus listrik yang mengalir akan menimbulkan gaya tarik magnet di solenoid yang akan menarik switch pemutus aliran listrik. Sistem kerjanya sangat cepat, karena untuk menghindari terjadinya kerusakan pada peralatan listrik di rumah.

Membeli Produk Box MCB Berkualitas di Schneider Electric

Box MCB banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran dan model yang disesuaikan dengan kebutuhan. Agar Anda mendapatkan proteksi yang paling maksimal untuk menjaga MCB, maka memilih box MCB berkualitas baik adalah hal yang wajib Anda lakukan. Lantas, di manakah Anda bisa membeli produk box MCB berkualitas tinggi? 

MCB box berkualitas tinggi bisa Anda dapatkan di Schneider Electric, dengan website www.se.com yang bisa Anda kunjungi. Di sini Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar box MCB maupun MCB serta berbagai peralatan elektrik lainnya, seperti stop kontak USB, Power Distribution Unit dan lain sebagainya.

3 Keunggulan Produk MCB di Schneider Electric

Schneider Electric adalah sebuah perusahaan Eropa yang menyediakan berbagai alat elektrik sebagai solusi digital Anda. Schneider Electric juga memadukan teknologi energi terbaik di dunia, otomasi real-time, perangkat lunak dan layanan dalam solusi terintegrasi untuk perumahan, gedung, pusat data, infrastruktur dan juga industri. Schneider Electric juga membuat proses dan energi yang aman dan andal, efisiensi dan berkelanjutan, terbuka dan terhubung.

Produk Box MCB di Schneider Electric

Di Schneider Electric, Anda bisa mendapatkan produk-produk MCB maupun box MCB yang berkualitas dan dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat detail. Bahkan Anda juga bisa mengunggah file dokumen berupa katalog dan lembar data produk dalam format PDF. Dokumen tersebut bisa Anda simpan dan Anda pelajari sebagai informasi tambahan.

Semoga bermanfaat.

36 comments for "Fungsi Box MCB pada Instalasi Listrik"

  1. setauku memang seperti gedung2 perkantoran di daerah saya sudah pake box MCB ini, konon ini akan mencegah rusaknya instalansi listrik yang berujung pada konsleting arus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah aja dipasang, apalagi di gedung besar, hukumnya wajib dong, soalnya panel MCBnya kan lebih besar, jadi risikonya juga lebih tinggi kalau gak dilindungi box

      Delete
  2. Wah box MCB dirumahku kapan hari pecah, kesenggol tukang saat ngecat ulang tembok
    Pas banget lagi butuh box baru, dapat postingan ini
    Cuss ah cari Schneider Electric

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan box MCBnya kakak dipilih di Schneider Electric

      Delete
  3. Kebetulan banget nih ada rencana bangun rumah dalam waktu dekat. Masukin list box MCB untuk dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Congratulations Mba Endah, lanjut deh liat-liat produk box MCB di Schneider Electric

      Delete
  4. Ternyata nggak cuma digedung-gedung besar yang pakai ya. Dirumah juga perlu pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus Mba, karena MCB itu cukup rapuh, dan akibatnya bisa fatal kalo gak pake kotak

      Delete
  5. Sering lihat box seperti itu kalau sedang masuk perkantoran nggak tau kalau fungsinya banyak kak.

    ReplyDelete
  6. MCB nya Schneider Electric emang recommended ya Mas. Btw bener banget ya dengan adanya MBC bisa menghalau hewan-hewan yang suka merayap di dinding di dekat2 kotak instalasi listrik ya. Cicak dan tokek tuh contohnya.

    ReplyDelete
  7. MCB bikin aliran listrik ke rumah jadi stabil ya mas..hanya kalao sedang kelebihan beban bakalan hangus juga MCB mas. Di sekolahku sering kejadian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tambah daya dong Pak, biar gak terulang lagi kejadian yang sama

      Delete
  8. Box MCB di rumahku kayanya inbow deh. Penting banget beneran deh box ini buat proteksi benda asing. Apalagi anak2 sering main bola dalem rumah, khawatir juga kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu Mas, harganya gak seberapa, daripada MCB nya korslet karena kena benda, ya mendingan cepat dikasih box biar aman

      Delete
  9. Penting ya box MCB ternyata, demi keamanan mending pilih yang kualitasnya sudah kelas dunia, seperti Schneider ini. Di rumah -dari pengembang- sudah ada box MCB dengan merk Schneider juga. Yang saklar dan colokan waktu ini bukan dari merk ini. Pas perbaikan instalasi kapan hari sama suami diganti merk yang sama semua. Karena lebih terpercaya keamanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren nih pengembangnya, tau mana merek yang berkualitas

      Delete
  10. MCB punya fungsi yang vital dan menggunakan box itu penting. Apalagi di gedung yang butuh daya listrik besar serta punya lalu lintas penggunaan listrik lebih besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali itu, instalasi listrik di gedung lebih besar lagi

      Delete
  11. Nah MCB sy ga ada box nya jadi rentan kesenggol nih..perlu di ganti dengan model seperti ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus segera dilengkapi pake box Mba, rentan terjadi apa-apa. Terutama saat lagi gak diawasi, risikonya lebih besar lagi

      Delete
  12. penting banget nih artikel gini. Di rumahku alhamdulillah MCB nya udah di kasih box juga. Banyak tetanggaku yang MCB nya masih "Telanjang" nggak di kasih kotak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih tau mereka, suruh pakai box dari Schneider Electric Mba, demi keamanan listrik di rumah

      Delete
  13. Aku langsung lihat MCB d rumah ada enggak, infonya keren mas. Baru tahu kalau ternyata fungsinya penting banget, selama ini dikira cuma kotak nempel ke tembok aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, makanya sering-sering mampir ke blog saya hehehehe

      Delete
  14. Kalau soal kualitas Schneider sih tidak bisa diragukan lagi, produk Jerman punya jaminan dari segi kualitasnya.

    oia MCB nya dari Schneider electric bisa dipasang sendiri kah? atau harus memanggil tukang instalasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, kualitasnya memang yahud, apalagi buatan Jerman, gak perlu diragukan lagi deh.

      Kalau bisa pasang sendiri, kalau gak bisa, ya panggil tukang yang ahli Mba

      Delete
  15. Kl udah ngomongin produk Jerman udah gak diragukan lagi kak. Btw, saya gak begitu paham soal MCB, jadi kl mau cari tukang pasangnya ini mesti cari yg benar2 ahli ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes that's right, perusahaan ini memang udah gak perlu diragukan lagi kualitasnya. Produknya banyak dipakai di perusahaan-perusahaan besar...

      Delete
  16. Modelnya unik dan menarik
    Kalau dirumah saya tipe di permukaan dinding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya box MCB di rumahan adalah model outbow. Box MCB saya juga seperti itu

      Delete
  17. ooh aku baru tahu kalau itu namanya box mcb
    kalau fungsinya ya bisa diterka sih sebenarnya
    namun dapat penjelasan detailnya di sini
    makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Handhayani, fungsinya sesuai dengan namanya, dan penjelasan secara detail sudah saya sampaikan di atas. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  18. baru beberapa bulan lalu aku ada kendala dengan mcb ini yang menyebabkan listrik njeglek tak tahunya ada kabel terbakar di dalamnya lalu aku hubungin 123 pln dan pihak pln segera mengotak atik mcbnya.. memang kebetulan mcb rumahku lungsuran penghuno sebelumnya jadi sudah lama..untung saja pas menghubungi pln segera diperbaiki..dan memang penting banget keberadaan si mcb ini

    btw baru kuingat sudah lama betul aku tak berkunjung ke blog mas hendra sejak tahin 2015 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah lama banget ya gak saling Bewe... Wah untung dapat ditangani dengan cepat dan dengan baik.

      Delete

Berlangganan via Email