Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seperti Inilah Keutamaan dari Surat Al-Ikhlas

Keutamaan Surat Al-Ikhlas
Image : kumparan.com

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat pendek di Al-Qur'an yang paling populer di kalangan umat Islam. Bahkan orang yang baru belajar mengaji pun bisa langsung hafal surat Al-Ikhlas. "Qul huwallahu ahad, Allahushshomad, lam yalid wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwwan ahad". Atinya : Katakanlah (Muhammad) "Dialah Allah Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

Meski ayatnya terbilang paling pendek, namun surat Al-Ikhlas ini memiliki beberapa keutamaan. Lantas, seperti apa sajakah keutamaannya? Nah, biar Anda tidak penasaran, mari kita simak saja ulasannya di bawah ini.

1. Setara Dengan Sepertiga Al-Qur'an

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Sa'id Al-Khudri, Rasulullah bersabda : "Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surat Al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga Al-Qur'an". Pasalnya, surat Al-Ikhlas itu sendiri memang mengandung nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya yang menggambarkan keesaan serta kebesaran Allah.

Dijelaskan juga dalam kitab Fathul Baari, bahwa Al-Qur'an terbagi ke dalam tiga bagian, yakni Tauhid, hukum syariat Islam dan berita tentang makhluk hidup. Surat Al-Ikhlas sarat dengan pesan tentang Tauhid. Pertama, hanya Allah tempat bergantung. Kedua, Allah tidak beranak dan tidak juga diperanakkan. Ketiga, tidak ada yang setara dengan-Nya.

Abu Sa'id Al-Khudri menyebutkan bahwa Rasulullah bertanya kepada para sahabat, "Apakah seseorang dari kalian tidak mampu membaca sepertiga Al-Qur'an dalam satu malam (saja)?". Pertanyaan tersebut sontak membuat para sahabat keberatan, sehingga mereka berkata "Siapa di antara kami yang mampu melakukan hal itu, wahai Rasulullah?".

Kemudian Rasulullah bersabda, "Allahul Wahidush Shamad, (adalah) sepertiga Al-Qur'an" (HR. Bukhari). Surat yang dimaksud adalah Al-Ikhlas.

2. Mendapat Cinta Allah Subhanahu Wata'ala

Perlu Anda ketahui, setiap muslim yang membaca surat Al-Ikhlas dengan penuh penghayatan akan merasakan keberadaan Allah Subhanahu Wata'ala. Apabila dihayati, maka kita akan sadar bahwa memang hanya Allah semata tempat kita memohon. Dalam sebuah hadits menyebutkan tentang keutamaan surat Al-Ikhlas, bahwa ada seorang sahabat yang gemar membaca surat Al-Ikhlas. Sebab, menurutnya surat Al-Ikhlas mengandung gambaran sifat Allah. Rasulullah  yang mengetahui akan hal itu kemudian bersabda bahwa Allah mencintainya.

'Aisyah menuturkan jika Rasulullah pernah mengutus seseorang kepada sekelompok prajurit dan saat orang itu menjadi imam dalam shalatnya, "Ia membaca dan mengakhiri (bacaannya) dengan Qul Huwallahu Ahad. Maka tatkala mereka kembali pulang, mereka bercerita kepada Rasulullah".

Lalu Rasulullah bersabda : "Tanyalah ia, mengapa ia berbuat demikian?. "Kemudian mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab : "karena surat ini (mengandung) sifat Ar-Rahman, dan aku cinta untuk membawa surat ini". Lalu Rasullulah bersabda : "Beritahu dia sesungguhnya Allah pun mencintainya".

3. Menambah Rezeki

Telah diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa membaca Qul huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya".

Dalam riwayat lain dari Abu Musa Al-Madini dan Shal bin Sa'ad mengisahkan, dulu ada seseorang yang mengadu pada Rasulullah perihal kefakiran dan kesulitan ekonominya. Lalu Rasulullah berkata kepadanya, "Jika kamu masuk rumah, ucapkanlah salam, jika ada seseorang di dalamnya. Jika tidak ada seseorang, maka ucapkanlah Qulhuwallahu ahad satu kali". Lantas orang itu mengerjakan perintah Rasulullah. Tidak lama, Allah memberikan banyak rezeki kepadanya sampai melimpah kepada tetangganya".

Semoga bermanfaat.

2 comments for "Seperti Inilah Keutamaan dari Surat Al-Ikhlas"

  1. thank you sudah diingatkan mas Hendra, memang ya kekuatan surat Al Ikhlas banyak banget. Setara dengan sepertiga Al-Qur'an, semoga selalu istikomah buat lebih dekat dengan Al-Qur'an :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, keutamaannya cukup baik untuk kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog sederhana ini Mba Ella suhu blogger

      Delete

Berlangganan via Email