Review dan Harga Smart TV Sharp 40 Inch

Review Smart TV Merk Sharp AQUOS

Sebelum saya memutuskan untuk membeli smart TV merk Sharp 40 inch, saya sudah punya TV tabung merk Samsung 21 inch. TV ini saya beli dengan harga hanya Rp. 400 ribu saja. Kebetulan waktu itu ada lelang TV murah di kantor. Berhubung jumlah TV yang dijual terbatas, supaya karyawan tidak berebutan, pembelian TV dilakukan melalui sistem undian. Langkah ini dinilai cukup adil, karena dengan sistem undian, tidak ada karyawan yang akan dirugikan.

Karena TV Samsung saya sudah mulai uzur dan menunjukkan gejala error, maklum saja, usianya mungkin sudah lebih dari 12 tahunan. Lalu saya tertarik untuk meminang smart TV yang saat ini sedang populer. Apalagi smart TV punya banyak kelebihan dibanding LED TV biasa. Salah satunya adalah bisa nonton tayangan YouTube langsung di TV.

Beli di Electronic City Bojongsari, Depok
Meski ada beberapa toko elektronik yang tersebar di sekitar tempat tinggal, saya memilih untuk berburu produk elektronik di Electronic City (EC). Karena saya punya pengalaman dua kali saya belanja produk elektronik di sini, yakni sewaktu saya beli handycam dan speaker aktif merk Polytron PAS 79.

Review Smart TV Merk Sharp AQUOS
Sebelum dibawa pulang, setiap produk akan dites terlebih dulu secara detail

Toko EC di sini memang tidak selengkap seperti di EC Sudirman, Jakarta Pusat. Dibanding produk elektronik lainnya, seperti laptop atau AC, bisa dibilang TV cukup banyak pilihannya, ya maklum saja, karena TV memang sudah dianggap kebutuhan primer oleh sebagian masyarakat.

Sebenarnya ada banyak merk smart TV yang tersedia di EC Bojongsari. Tapi saat itu, salah seorang pramuniaga EC menawarkan kelebihan yang dimiliki smart TV merk Sharp ini. Selain harganya lebih terjangkau dibanding merk lainnya, fiturnya juga cukup lengkap. Sang pramuniaga pun meyakinkan kalau smart TV merk Sharp ini punya kualitas yang tidak kalah awetnya dibanding merk lainnya. 

Apa Saja Kelebihan Smart TV Merk Sharp
Ternyata hati saya luluh juga setelah melihat langsung fitur yang ditawarkan. Tipe smart TV merk Sharp yang saya beli ini layarnya berukuran cukup besar, yakni 40 inch dengan diameter 100 cm. Selain itu, Sharp berani memberikan masa garansi selama 5 tahun. Sementara brand lain hanya bisa memberikan masa garansi yang lebih singkat.

Spesifikasi Smart TV Sharp AQUOS

Berikut adalah fitur smart TV Sharp AQUOS 2T-C40AE1I :

- Full-HD with LED Backlight
Teknologi Full HD menghadirkan kualitas gambar superior. Didukung komposisi pencahayaan yang lembut untuk kenyamanan ekstra bagi penglihatan.

- Digital Broadcast (DVB-T2) Compatible
Smart TV Sharp ini dilengkapi dengan siaran digital yang meningkatkan sinyal dan kualitas channel siaran digital. Gambar dan suara lebih jernih bila dibandingkan dengan siaran TV analog konvensional

- Azan Reminder
Pengalaman menonton TV semakin menyenangkan dan disiplin waktu beribadah dengan fitur Azan Reminder. Kewajiban ibadah 5x sehari jadi lebih mudah dilaksanakan tepat waktu

- Bluetooth In and Out
Ruang TV dan ruang keluarga jadi lebih nyaman dan leluasa tanpa terganggu kabel-kabel yang menjuntai. Fitur Bluetooth In/Out menghubungkan semua perangkat wireless Anda ke TV

- X2 Master Engine
X2 Master Engine mampu memadukan warna kontras pada area gelap dan terang yang dimiliki, lebih baik terdeteksi mata dan memanjakan daya penglihatan

- 7 Shield Protection
Seluruh produk Sharp telah melewati standar kualitas Jepang yang ketat. Ini terbukti dengan hadirnya perlindungan yang aman dan ketahanan yang tinggi dalam berbagai kondisi, mulai dari :
1. Perlindungan petir
2. Perlindungan beban berat
3. Perlindungan voltage tidak stabil
4. Perlindungan terhadap jatuh
5. Perlindungan terhadap stabilitas produk
6. Perlindungan terhadap getaran, dan
7. Perlindungan dari temperatur tinggi dan kelembapan

- Garansi 5 Tahun
Perlindungan yang diberikan hingga 5 tahun untuk Panel dan Spare-part LED TV dari 24 inch hingga 80 inch

Pengalaman Menggunakan Smart TV Merk Sharp AQUOS (2T-C40AE1I)
Nah melalui artikel ini, saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan smart TV Sharp tersebut. Berikut beberapa ulasannya :

1. Harga smart TV Sharp AQUOS
Saya beli TV ini di bulan Mei 2020 dengan seharga Rp. 3.489.000 di EC Bojongsari, Depok. Harganya relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan smart TV sejenis.

2. Kualitas suara
Sang pramuniaga sempat melakukan test kualitas suaranya. Bahkan volume TV-nya dibuat hingga mencapai 100. Tapi suaranya tetap tedengar nyaman dan tidak sember/pecah.

3. Kualitas gambar
Kualitas gambar cukup baik, jernih dan nyaman di mata. Apalagi smart TV Sharp ini sudah bisa menampilkan video Full HD, jadi tambah mantap di mata.

4. Bisa main game dari ponsel berkat fitur Wireless Mirroring
Smart TV ini punya fitur Wireless Mirroring, di mana kita bisa main game dari ponsel, tapi gambarnya bisa muncul di layar TV. Syaratnya ponsel harus sudah ada fitur Wireless Mirroring. Bagaimana kalau belum ada? Bisa install dulu di Play Store.

Saya mencoba fitur ini dari ponsel ASUS yang belum ada fitur Wireless Mirroring. Alhasil saya install dulu di Play Store. Lalu saya coba main game cacing, lumayan lancar, walau tidak selancar saat main di ponsel.

Jadi intinya Wireless Mirroring ini memungkinkan kita untuk menampilkan ponsel di layar TV. Jadi tidak hanya bermain game saja.

5. Koneksi ke bluetooth
Saya selalu menyambungkan suara TV melalui bluetooth di speaker aktif Polytron PAS 79. Supaya kualitas suaranya terdengar lebih mantap dan ngebas.

6. Bisa browsing dan nonton YouTube
Tidak hanya bisa asyik nonton YouTube di TV saja, tapi juga bisa browsing di TV. Agak sulit mengetik hanya mengandalkan remote saja, mungkin bisa disambungkan dengan keyboard bluetooth biar lebih nyaman mengetiknya.

Nonton YouTube di TV Sharp AQUOS
Tampilan beranda YouTube di Smart TV Sharp AQUOS

7. Beli breket tambahan
Paket pembelian TV tidak termasuk dengan breket. Jadi kalau TV mau digantung di dinding, kita harus beli breket tambahan. Saya beli breket tambahan seharga Rp. 335.000 sudah termasuk biaya pasang. Breketnya berbentuk persegi panjang, sehingga TV masih bisa digeser ke samping kiri atau kanan meski sudah dipasang ke breket.

8. Kualitas siaran TV digital dan analog
Sebelum lebih lanjut menyimak kualitas siarannya, kita cari tau dulu perbedaan antara TV analog dan TV digital. TV analog masih mengandalkan jarak penerima dengan pemancar. Sementara TV digital akan menerima siaran dengan jelas hingga jarak maksimum yang dapat dijangkau dari sebuah pemancar digital.

Jadi sebagai contoh, ada channel TV One di TV analog dan ada juga TV digital, tapi kualitas gambarnya beda. Yang digital jauh lebih jernih dan jelas dibanding TV analog biasa. Kurang lebih seperti itu gambarannya.

Siaran TV Digital di Smart TV Sharp AQUOS
Abaikan beritanya!! Ini penampakan siaran TV digital dari Trans TV. Lebih jernih daripada siaran TV analog

Siaran TV Digital di Smart TV Sharp AQUOS
Penampakan siaran TV analog TV One

Berbicara soal kualitas siaran, hal ini tergantung dari sinyal di wilayah masing-masing. Kualitas siaran TV di tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok masih belum cukup bagus. Makanya saya beli lagi tambahan antena TV digital untuk meningkatkan kualitas siarannya.

9. Sudah ada fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terestrial 2)
Jika Anda ingin membeli smart TV, pastikan sudah ada fitur DVB-T2. Untuk apa fitur ini? Fitur ini untuk menangkap siaran TV Digital tanpa menggunakan alat tambahan apapun. 

Tapi kalau tidak ada fitur ini, kita harus beli alat tambahan untuk bisa menerima siaran TV digital, namanya Set Top Box (STB).

10. Bisa nonton dari USB dan Hard Disk
Menariknya, TV ini juga dikoneksikan dengan perangkat luar seperti flash disk dan juga hard disk drive. 

Remote Smart TV Sharp AQUOS
Ukuran TV-nya gede, tapi remote-nya seuprit

Kesimpulan
Secara keseluruhan saya puas dengan kualitas gambar, suara dan fitur-fitur pada smart TV Sharp AQUOS ini. Saya jadi ketagihan nonton YouTube di TV. Apalagi layarnya lebar dan suaranya mantap, jadi serasa nonton di bioskop papan atas, hehehe.

Nah demikian pengalaman, review dan harga smart TV Sharp AQUOS yang bisa Blogmashendra bagikan saat ini. Semoga bisa bermanfaat sekaligus bisa menjadi referensi bagi yang mau membeli smart TV.

You May Like This :

8 comments

salah fokus sama speaker yang gede banget di kiri-kanan tv xixi :D

Setuju mas! skrg smart tv lagi dibutuhkan karena bisa sekalian nonton youtube dari tv.

@Onix Octarina : Pengalaman nonton YouTube jadi tambah menyenangkan ya

Wah lebar ya, jadi lebih menyenangkan nontonnya. Apalagi dengan fitur-fitur yg lengkap seperti itu.

Coba kalau bisa juga buat monitor komputer wah.. makin smart TV nya...

@Dwi Sugiarto : Wah kegedean Mas hehehe

@Roni : Lebarnya 1 meter Mas Roni

Meskipun 1 meter lebarnya tapi sudah bagus banget mas, sudah puas nontonnya. Apalagi nonton film-film action, puas rasanya.

@Roni : Betul, nonton tv jadi lebih nyaman Mas


EmoticonEmoticon