Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Ide Bisnis Offline yang Perlu Dicoba Saat Wabah Virus Corona

Ide Bisnis Saat Masa Pandemi Virus Corona

Serangan wabah virus corona di seluruh dunia, telah melumpuhkan sektor perekonomian menjadi terpuruk. Fenomena ini tidak hanya terjadi di negara-negara berkembang saja, bahkan negara-negara besar pun merasakan dampak yang sama. Kondisi ini tentu saja membuat banyak pengusaha kewalahan, terutama pengusaha kecil. Bahkan tidak sedikit juga yang terpaksa harus menutup usahanya, mulai dari usaha restoran, hotel, tour & travel, retail dan lainnya. Imbasnya tentu saja para pekerja yang bekerja di perusahaan tersebut banyak yang kehilangan pekerjaannya.

Bingung? Sudah pasti. Karyawan kecil yang kehilangan pekerjaannya, akan kesulitan untuk mencari pekerjaan kembali di masa pandemi seperti saat ini. Walaupun ada, mungkin butuh waktu hingga situasi kembali normal. Untuk tetap bisa melanjutkan roda perekonomian keluarga, banyak masyarakat yang beralih profesi dan mencoba peruntungan dengan menjajal pekerjaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Baca juga artikel :

Salah satunya adalah dengan mencoba menjalankan bisnis. Bagi yang sebelumnya sudah terbiasa berkutat dengan dunia bisnis, mungkin tidak terlalu sulit untuk beradaptasi dengan situasi sulit saat ini. Namun, bagi yang belum pernah berbisnis, maka ini merupakan tantangan yang cukup sulit yang harus dilewati, terutama saat pandemi seperti ini.

Dalam berbisnis, kita ingin menawarkan barang atau jasa yang benar-benar dibutuhkan orang banyak saat pandemi seperti ini. Artinya bisnis akan tetap berjalan di dalam kondisi atau situasi apapun, karena memang pada dasarnya apa yang kita jual sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. 

Nah kira-kira bisnis offline apa saja yang bisa kita coba? Berikut ulasannya :

1. Pombensin Mini
Hampir sebagian besar masyarakat memiliki kendaraan pribadi berupa motor ataupun mobil. Setiap kendaraan tentu butuh bahan bakar agar tetap bisa digunakan. Kini saatnya kita menerapkan strategi jemput bola dengan menyediakan pombensin mini di sekitar tempat tinggal. Dengan demikian masyarakat jadi lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar untuk kendaraannya.


2. Toko Sembako
Toko sembako menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi yang tertarik ingin membuka bisnis baru. Karena kebutuhan sehari-hari setiap orang sangat kompleks, sehingga mereka tentu saja membutuhkan toko yang menjual apa yang menjadi kebutuhan tersebut, mulai dari makanan, minuman, camilan, kebutuhan mandi , kebutuhan dapur dan lain sebagainya.

3. Jualan Pulsa
Semua orang butuh internet agar tetap bisa terhubung dengan banyak orang. Tidak hanya pulsa untuk internet saja, tapi juga pulsa token untuk kebutuhan listrik prabayar. Pun demikian juga dengan pulsa untuk SMS atau telepon. Maka dari itu bisnis pulsa bisa dibilang bisnis abadi yang tidak akan pernah mati.


4. Makanan
Setiap orang tentu butuh makan. Mau tidak mau mereka harus memenuhi kebutuhan tersebut agar tetap bisa bertahan hidup. Banyak orang rela merogoh kocek untuk mencari makanan. Bisnis menjual makanan yang banyak dibutuhkan orang, tentu menjadi peluang yang sangat baik. Bisa dibilang bisnis ini akan tetap diminati berbagai kalangan.

5. Menjadi Agen Gas
Menjadi agen gas merupakan salah satu bisnis yang abadi juga, selain jualan pulsa. Karena setiap rumah tangga tentu membutuhkan gas untuk memasak. Tanpa gas, mereka tidak akan bisa menghidupkan kompor untuk memasak, kecuali kompor listrik. Keberadaan gas akan tetap dicari dan dibutuhkan, apapun situasinya. Tidak peduli apapun kondisi yang terjadi. Maka dari itu, bisnis agen gas menjadi pilihan tepat yang bisa kita coba.

6. Bengkel Motor
Dibanding mobil, motor merupakan kendaraan yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Apalagi kita bisa membelinya secara kredit. Makanya tidak heran jika di setiap rumah tersedia motor, bahkan ada yang jumlahnya lebih dari satu. Pemilik motor tentu harus merawat kendaraannya agar tidak mudah rusak, mulai dari rutin mengganti oli, melakukan service dan lain sebagainya. Membuka bengkel motor menjadi pilihan yang tepat untuk ide bisnis offline yang bisa kita pertimbangkan.


7. Barber Shop
Bisnis barber shop atau cukur rambut menjadi pilihan bisnis offline selanjutnya. Bisnis ini tetap berjalan di berbagai situasi dan kondisi, karena sebagian besar modal yang digunakan juga lebih sedikit, tentu saja selain memiliki skill dalam mencukur rambut. 

8. Air Minum Isi Ulang
Untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya, banyak orang memilih melakukan isi ulang air minum di tempat yang lebih terjangkau. Seperti kita ketahui, hampir di setiap rumah tangga telah tersedia galon dan dispenser, karena dinilai lebih praktis. Tinggal isi ulang galon dan tuang ke atas dispenser. Apalagi isi ulang galon yang biasa kita temui dinilai lebih ekonomis, dibanding harus isi ulang dengan air minum dengan brand terkenal.

Nah demikian 8 Ide Bisnis Offline yang Perlu Dicoba di saat pandemi seperti ini. semoga bermanfaat.

4 comments for "8 Ide Bisnis Offline yang Perlu Dicoba Saat Wabah Virus Corona"

  1. Kerren Mas Hendra,
    Disaat orang-orang getol sharing bisnis online, disini menyuguhkan bisnis offline yang benar-benar efektif disaat seperti sekarang ini...

    ReplyDelete
  2. @BlogUp : Ini adalah alternatif lainnya memilih bisnis selain bisnis online Mba. Semoga bisa membantu ya. Terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  3. punya rencana sih buat jualan pulsa, tpi blom ada modal wkwkk

    ReplyDelete
  4. @Postinks : Ayo kumpulkan modalnya dulu Bang . Semangat!!

    ReplyDelete

Berlangganan via Email