3 Tips Dalam Menjaga Kebersihan Rumah Anda

Tips Menjaga Kebersihan Rumah

Memiliki rumah yang bersih dan sehat adalah impian semua orang. Dengan rumah yang bersih akan memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi setiap orang yang tinggal di dalamnya. Rumah yang sehat tidak hanya dengan adanya keharuaman pada ruangan, namun juga bagaimana dalam suatu rumah dapat memberikan kenyamanan yang layak, seperti udara yang segar, bebas bau, tertata rapi, lantai yang tidak berdebu dan lain sebagainya.

Untuk menikmati rumah yang bersih, ternyata harus dilakukan dengan cara ekstra. Ini dikarenakan jika Anda tidak secara rutin membersihkan rumah, maka akan muncul berbagai masalah, seperti tumbuhnya bakteri bakteri, jamur dan debu. Akibatnya rumah akan menjadi bau, sumpek dan bahkan menimbulkan banyak penyakit.

Tips Menjaga Kebersihan Rumah

Di artikel ini akan memberikan 3 tips yang dapat Anda lakukan agar rumah menjadi tetap bersih dan sehat. Ketiga tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ganti Sprei Secara Rutin dan Vakuum Tempat Tidur Anda
Kasur yang ada di kamar tidur merupakan salah satu sarang dari banyaknya kotoran yang menempel, kotoran itu biasanya berupa keringat dan sel-sel kulit mati yang menjadi tempat berkumpulnya berbagai bakteri dan jamur di kasur tempat tidur Anda.

Dengan membersihkan kasur di kamar tidur secara rutin, maka kamar tidur yang menjadi salah satu bagian ruangan rumah penting ini akan membuat rumah bebas dari berbagai macam penyakit lain yang salah satunya adalah gatal-gatal pada kulit.

Selain membersihkan ruangan dengan vacuum cleaner secara rutin, pastikan Anda mengganti sprei kasur minimal seminggu sekali dan merendam sprei yang kotor dengan menggunakan air panas. Ini bertujuan agar dapat membunuh bakteri yang ada di dalam sprei.

Kamar tidur adalah salah satu bagian ruangan rumah yang sangat esensial untuk dibersihkan. Lakukan pembersihan kamar tidur minimal 2 minggu sekali dan mengganti sprei maksimal 1 minggu sekali. Hasilnya, kamar tidur menjadi bersih dan bebas dari kotoran dan jamur.

2. Pastikan Spons dan Kain Lap Anda Higienis Sebelum Membersihkan Rumah
Tidak ada gunanya jika Anda masih menggunakan berbagai alat pembersih seperti spons dan kain lap yang masih dipenuhi dengan bakteri. Jika Anda menggunakannya, maka akan menimbulkan masalah baru yang membuat rumah Anda menjadi tidak sehat. Sebelum membersihkan rumah, pastikan alat pembersih seperti spons dan kain lap tetap higienis agar terhindar dari munculnya masalah pada kebersihan di rumah Anda.

Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan merendam alat pembersih rumah seperti kain lap dengan larutan detergen dan kemudian jemur di bawah terik matahari setelah Anda membersihkan rumah. Tujuannya adalah agar alat pembersih rumah tidak lembab dan terhindar dari bakteri.

Untuk memberishkan spons caranya sangat mudah. Masukkan spons ke dalam air panas dan detergen, lalu keringkan.

3. Budayakan Hidup Bersih di Rumah Anda
Rumah yang bersih, datang dari pemiliknya yang memiliki kebiasaan yang rapi. Artinya bahwa pemilik rumah yang baik adalah mereka yang tidak akan menunggu kamar dan rumah berantakan dahulu baru membersihkannya.

Menjaga kebersihan rumah yang baik adalah dengan menata dan membersihkan rumah secara terus menerus dan menjadikan hidup bersih dan rapi sebagai kebiasaan yang harus dilakukan.

Cara ini terbilang cukup simpel, namun sulit untuk dilakukan. Contoh hal yang membiasakan untuk hidup bersih dan rapi adalah dengan cara saat bangun langsung membereskan dan merapikan tempat tidurnya. Saat selesai makan malam semua piring dan gelas dibersihkan, atau secara rutin membersihkan ruangan seperti dapur, kamar mandi atau bagian ruangan rumah lainnya.

Berbagai tips lain dalam menjaga kebersihan rumah dapat dilakukan dengan secara rutin vacuum lantai, membersihkan dinding kamar mandi dengan menggunakan cuka dan lemon, selalu membersihkan filter AC, siap untuk membuang benda-benda yang tidak dipakai dan selalu segera mencuci piring agar ruangan menjadi bebas bau dan bebas dari kuman.

Demikian artikel mengenai 3 tips menjaga kebersihan rumah, jika Anda memiliki banyak kesibukan, Anda dapat menyewa jasa pembersih rumah yang membuat rumah Anda tetap bersih setelah Anda bekerja seharian. Ini membuat Anda dapat dengan santai dan menikmati kebersihan dan kenyamanan ruangan di kediaman tempat tinggal Anda.

You May Like This :


EmoticonEmoticon