Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smart Grid untuk Penggunaan Listrik yang Lebih Efisien

Smart Grid

Saat libur bekerja, seperti biasa saya memulai aktivitas dengan blogging. Kebetulan blog sudah waktunya untuk update artikel. Rasanya kurang lengkap kalau saya tidak membaca beberapa artikel di internet sebagai referensi untuk menulis. Membaca memang aktivitas mengasyikkan dan juga "makanan" yang sangat baik bagi otak, karena mampu meningkatkan daya ingat sekaligus menambah wawasan.

Salah satu tema artikel yang paling menarik untuk dibahas adalah tentang teknologi. Kalau berbicara masalah teknologi seolah tidak ada habisnya. Selalu saja ada inovasi-inovasi terbaru yang benefitnya tentu bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi dan Kehidupan Sehari-hari
Kita memang tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi, karena sejatinya hadirnya teknologi memang untuk membantu memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, beraktivitas sepanjang hari hingga tidur kembali, selalu bersinggungan dengan teknologi.

Untuk menambah wawasan dunia teknologi, Blogmashendra kembali menuliskan artikel teknologi yang akan membahas tentang smart grid, yang digadang-gadang mampu menjadikan penggunaan listrik lebih efisien dan optimal.

Smart Grid for Smart City

Jauh sebelum teknologi listrik berkembang seperti saat ini, penggunaan listrik hanya untuk penerangan, hiburan, radio dan tv. Sehingga kebutuhannya bisa dibilang relatif kecil. Dengan penggunaan listrik semacam itu, jenis interaksi yang terjadi hanya interaksi sistem satu arah, dari produsen ke konsumen.

Tapi belakangan ini, kebutuhan akan listrik semakin meningkat, seperti untuk pompa air, AC, kulkas, mesin cuci dan berbagai peralatan elektronik rumah tangga lainnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah, listrik juga digunakan untuk penggerak industri dan pabrik, pusat bisnis, perkantoran, hotel dan pusat perbelanjaan.

Agar dapat mencapai kualitas listrik yang lebih baik, maka jaringan listrik yang lama dilengkapi dengan jaringan fiber optic sampai ke pelanggan. Tersedianya jaringan fiber optic ini memungkinkan pengintegrasia smart grid dengan jaringan tetap broadband yang mampu menjangkau seluruh pengguna listrik.

Pengertian Smart Grid
Apa itu smart grid? Smart grid merupakan jaringan listrik pintar yang mampu mengintegrasikan setiap kegiatan dari semua pengguna, mulai dari pembangkit sampai ke konsumen dengan tujuan agar penggunaan listrik lebih efisien, berkelanjutan, ekonomis dan mendapatkan suplai listrik yang aman.


Smart grid memungkinkan pembangkit listrik energi terbarukan yang kapasitas dan produksinya bergantung dengan keadaan alam. Smart grid juga dapat terintegrasikan dengan pembangkit listrik berskala besar dengan bahan bakar konvensional, sehingga penggunaan energi terbarukan dapat dimaksimalkan. Serta penggunaan energi konvensional dengan energi yang tidak ramah lingkungan dapat dikurangi.

Smart Grid

Pengintegrasian jenis pembangkit listrik untuk berbagai konsumen dengan kebutuhan yang kompleks, membuat smart grid ini, mampu menjadi cara untuk meningkatkan efisiensi dan ramah lingkungan.

Smart grid merupakan integrasi pada bidang teknologi, khususnya antara teknologi informasi dan komunikasi dengan teknologi di bidang kelistrikan dalam merespon dengan cepat kebutuhan listrik di abad ke-21 ini.

Manfaat Smart Grid
Smart grid memperkenalkan fitur komunikasi dua arah, di mana produsen dan konsumen saling bertukar informasi mengenai kemampuan dalam penyediaan dan kebutuhan listrik. 

Dengan fitur ini, kemampuan pengolahan data yang meningkat, maka pelayanan listrik dapat berlangsung dengan kualitas yang jauh lebih baik. Sesuai dengan harapan konsumen untuk lebih efisien dan mampu mengadaptasi pembangkit jenis baru, serta turut mendukung penggunaan listrik sebagai energi transportasi.

Penerapan smart grid juga mampu menekan laju emisi karbon di negara-negara yang telah menggunakannya. 

Solusi Smart Grid Bersama Schneider Electric
Berbagai informasi akurat tentang smart grid, mulai dari pusat pengendali, pendistribusian, kantor cabang hingga kelistrikan bisa Anda dapatkan di Schneider Electric dengan alamat website www.se.com. Untuk mengaplikasikan konsep smart grid, tentu saja kita membutuhkan sebuah perusahaan yang profesional di bidang pengadaan kelistrikan dan berbagai kebutuhan elektronik serta teknologi lainnya.


Schneider Electric merupakan solusi yang tepat bagi Anda, karena perusahaan elektrik asal Eropa ini mampu memberikan solusi terintegrasi yang dapat memodernisasikan infrastruktur fisik Anda sekaligus mengoptimalkan kinerja, pemanfaatan ruang dan ketersediaan.

Selain itu juga menyediakan berbagai alat elektronik sebagai solusi digital Anda. Schneider Electric juga memadukan teknologi terbaik di dunia, otomasi real-time, perangkat lunak dan layanan dalam solusi terintegrasi untuk perumahan, gedung, pusat data, infrastruktur dan juga industri. Schneider Electric juga membuat proses dan energi yang aman dan andal, efisiensi dan berkelanjutan, terbuka serta terhubung.

Baca juga artikel tentang teknologi yang lainnya :


Semoga artikel tentang smart grid dan manfaatnya bisa memberikan manfaat bagi Anda semua. Dan semoga saja setelah banyak kota, khususnya di Indonesia yang mulai menerapkan konsep smart grid bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan yang cukup signifikan, terutama untuk kelangsungan kehidupan makhluk hidup di bumi.

2 comments for "Smart Grid untuk Penggunaan Listrik yang Lebih Efisien"

  1. kalo saya sih gratis listrik wkwkwk krna rumah saya di pln

    ReplyDelete
  2. @Postinks : Wah ternyata orang PLN ya.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email