Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Reksa Dana Terproteksi, Produk Investasi Jangka Panjang yang Menggiurkan

Reksa Dana Terproteksi

Memilih instrumen investasi jangka panjang tidak ubahnya seperti membangun sebuah bisnis. Anda perlu mengenal bidang yang akan digeluti, mengetahui potensinya, serta memahami risiko yang akan dihadapi.

Reksa Dana Terproteksi (RDT) sebagai salah satu jenis reksadana perlahan-lahan menjadi “bidang bisnis” yang kian digemari banyak kalangan. Hal ini tak terlepas besarnya potensi serta keunggulan yang dimiliki jenis investasi ini.

Jika Anda sudah mengincar jenis reksadana ini sebagai pilihan “bisnis” yang akan ditekuni untuk investasi jangka panjang, tidak ada salahnya untuk lebih mengenal bidang ini, potensinya, serta risiko yang dimiliki.

Kenapa Memilih Reksa Dana Terproteksi Sebagai Investasi Jangka Panjang?
Reksa Dana Terproteksi (RDT) adalah jenis investasi reksadana yang memberikan proteksi 100% atas pokok investasi melalui mekanisme aset yang mendasarinya pada saat jatuh tempo.

Jenis reksa dana ini tidak ditawarkan setiap saat karena memiliki batas waktu penawaran tertentu. Sehingga, cara investasi reksadana terproteksi hanya bisa Anda lakukan ketika masa penawaran dibuka.

Umumnya, Manajer Investasi selaku pengelola akan menggunakan dana yang terkumpul untuk diinvestasikan pada instrumen surat utang (obligasi).

Adanya proteksi melalui mekanisme aset yang mendasarinya membuat jenis reksadana ini sangat diminati terutama oleh investor pemula sebagai pilihan investasi jangka panjang maupun jangka menengah.

Karakteristik Jenis Investasi Reksa Dana Terproteksi
Anda tentu sudah paham bahwa setiap jenis bisnis pasti memiliki karakteristik khusus, begitu pun dengan investasi.

Apapun jenis investasinya, baik itu investasi pada reksadana terproteksi ataupun investasi jangka panjang pada reksadana terbuka memiliki karakteristik khusus.

Karakteristik ini sangat penting diketahui untuk memahami profil risiko serta potensi yang ada pada suatu produk investasi.

Untuk Reksa Dana Terproteksi sendiri memiliki karakteristik seperti berikut ini : 

Investasi sepenuhnya terlindungi oleh mekanisme aset yang mendasarinya pada saat jatuh tempo, namun tidak berlaku jika dana dicairkan sebelum jatuh tempo.

Terdapat masa investasi yang ditentukan oleh Manajer Investasi.

Memiliki periode penawaran khusus dan calon investor hanya dapat membeli selama periode penawaran berlangsung.

Memberikan pendapatan berkala setiap tiga bulan.

Apa Saja Risiko dalam Investasi Reksa Dana Terproteksi?
Meskipun disebut investasi terproteksi, namun bukan berarti jenis investasi ini nihil risiko.

Investasi Reksa Dana Terproteksi juga memiliki risiko tersendiri, yang sering disebut sebagai risiko potensial.

Risiko potensial ini bisa muncul salah satunya karena pihak investor atau penerbit obligasi mengalami gagal bayar atau melakukan pencairan investasi sebelum jatuh tempo.

Dengan kata lain, potensi kerugian ini akan terjadi akibat kelalaian investor sendiri.

Selain itu, ada tiga faktor utama yang menjadi sumber terjadinya kerugian dalam Investasi Reksa Dana Terproteksi, yaitu : 

Penurunan harga obligasi akibat kegagalan penerbit obligasi dalam melunasi utang obligasi

Pihak investor yang mencairkan dana investasi sebelum jatuh tempo dan ketika harga obligasi berada di bawah harga pembelian. Faktor ini umumnya dilakukan oleh investor yang membutuhkan dana darurat.

Pengaruh dari jenis investasi lainnya. Hal ini biasanya timbul karena Manajer Investasi memiliih jenis investasi lain seperti pasar uang dan saham. Akibatnya, timbal balik investasi sangat dipengaruhi oleh perkembangan dari jenis investasi lainnya tersebut.



Cara Investasi Reksadana
Sebetulnya, ada banyak cara investasi reksadana yang bisa dicoba. Namun, cara termudah yaitu dengan menghubungi penyedia layanan investasi reksadana.

Salah satu layanan penyedia investasi reksadana terpercaya dari Bank Indonesia yaitu DBS Treasures yang ditawarkan melalui Bank DBS Indonesia.

Cara investasi reksadana lewat DBS Treasures sangat praktis, bahkan bisa dikerjakan tanpa perlu keluar rumah.

Anda bisa mengajukan permohonan informasi ataupun pendaftaran langsung melalui laptop, ponsel, ataupun melalui panggilan pribadi.
Beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk berinvestasi reksadana di DBS Treasure yaitu :

Mengakses laman DBS Treasure langsung

Mengunduh aplikasi Digibank by DBS lewat ponsel

Menghubungi pusat bantuan DBS Treasures di nomor 1-500-327



Kemudahan Investasi Reksa Dana Terproteksi Melalui DBS Treasures
Berinvestasi melalui DBS Treasures berarti Anda akan mendapatkan sejumlah kemudahan.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan DBS Treasures misalnya : 

1.       Investasi Pada Aset Terpercaya
Produk Reksa Dana Terproteksi dari DBS Treasures dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka dan berpengalaman yang mempunyai proteksi atas investasi melalui mekanisme aset yang mendasari.

2.       Panduan Berinvestasi dengan Bijak
Berinvestasi pada DBS Treasures berarti Anda akan mendapatkan pemandu sekaligus wawasan agar lebih paham dan lebih bijak dalam berinvestasi.

3.       Jadwal Pembayaran Kupon
Sebagai investor yang berinvestasi di kelas Reksa Dana Terproteksi, Anda juga akan mendapatkan jadwal pembayaran kupon yang teratur.

Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana Terproteksi di DBS Treasures
Berinvestasi di DBS Treasures tidak berarti Anda hanya menabung uang dan menunggunya berbunga. Lebih dari itu, Anda juga bisa belajar untuk mengelola dan membuat rencana keuangan jangka panjang untuk masa depan.

Tim manajer yang ahli akan membantu Anda mengurus segala kebutuhan yang berkaitan dengan investasi jangka panjang Anda, termasuk juga menjelaskan cara investasi reksadana dari berbagai jenis yang tersedia.

Selain itu, DBS Treasures juga dapat membantu Anda mengembangkan pilihan investasi dan melakukan diversifikasi terhadap instrumen lainnya dengan sebaik mungkin demi meminimalisir risiko kerugian.

Semoga bermanfaat.

6 comments for "Mengenal Reksa Dana Terproteksi, Produk Investasi Jangka Panjang yang Menggiurkan"

  1. Menarik banget sebenernya investasi reksa dana ini mas, tp tiap mau mulai invest saya maju mundur gtu, masih ada keraguan jd masih terus memperdalam lagi

    ReplyDelete
  2. wah keren nih... bisa mengembangkan investasi juga

    ReplyDelete
  3. @Lucky Caesar : Yang buat kita ragu sebenarnya lebih kepada informasi yang didapat kurang lengkap atau transparan. Tapi gak ada salahnya buat mencobanya Mba

    ReplyDelete
  4. @Postinks : Cobain Mas... Siapa tau sukses berkembang

    ReplyDelete
  5. Saya suka dengan kemudahannya itu
    Jadi ingin mengunduh aplikasinya biar lebih kenal reksa dana punya DBS

    ReplyDelete
  6. @Djangkaru Bumi : Boleh dicoba install dan investasi kakak

    ReplyDelete

Berlangganan via Email