Mulai Dari Isolasi Hingga Karantina, Inilah Daftar Lengkap Istilah Pandemi Virus Corona

Daftar Istilah Virus Corona

Saat artikel ini dibuat, dunia sedang melawan wabah virus corona. Berbagai macam cara dilakukan agar jumlah korban tidak terus bertambah, mulai dari penerapan social distancing hingga memberlakukan PSBB (Penerapan Sosial Berskala Besar). Ada yang berhasil, namun ada juga sebagian yang masih terus berusaha sekuat tenaga agar penyebaran virus corona bisa berkurang dan kalau perlu hilang tidak berbekas dari muka bumi.

Berita tentang wabah virus corona pun kerap menghiasi hari-hari kita, mulai dari tayangan di TV, sosial media hingga obrolan sehari-hari. Informasi jumlah korban pun terus di-update. Bahkan tidak jarang banyak istilah baru yang muncul di tengah pandemi wabah ini.

Baca juga artikel :

Mungkin saja sebagian istilah tersebut ada yang kita pahami, tapi ada juga yang masih terasa asing di telinga. Maka dari itu melalui artikel ini, saya ingin share mengenai daftar istilah pandemi virus corona, lengkap dengan artinya.

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan)
ODP merupakan orand yang biasanya memiliki gejala ringan, seperti batuk, sakit tenggorokan, demam namun tidak ada kontak erat dengan penderita positif. Orang dengan status ODP biasanya tidak perlu rawat inap di rumah sakit, namun sangat dianjurkan untuk mengisolasi secara mandiri di rumah setidaknya selama 14 hari hingga kondisi membaik.

2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)
Berbeda dengan ODP, seseorang yang dinyatakan PDP akan menjalani proses obervasi melalui proses cek laboratorium yang hasilnya akan dilaporkan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI. 

Gejala yang biasanya dialami oleh PDP meliputi demam, batuk, sesak nafas dan sakit tenggorokan. Bahkan hasil dari obervasi tersebut, terjadi gangguan pada saluran nafas bagian bawah serta terjadi kontak erat dengan penderita positif atau telah bepergian dari daerah yang terjangkit dan zona merah.

3. Positif
Berbeda dengan ODP dan PDP, orang yang dinyatakan telah positif terinfeksi virus corona, maka harus menjalani perawatan di rumah sakit atau di lokasi yang ditentukan oleh pemerintah, seperti Rumah Sakit Wisma Atlet hingga telah dinyatakan pulih dan telah bebas dari virus tersebut. 

Pasien akan dinyatakan positif COVID-19 jika setelah melakukan serangkaian pemeriksaan lengkap, mulai dari cek darah, rontgen paru-paru hingga tes swab.

4. Suspect
Istilah "suspect" mengacu pada orang atau pasien dengan pengawasan yang menunjukkan gejala infeksi virus corona, pernah melakukan kontak atau bertemu dengan orang yang positif COVID-19 hingga pernah melakukan perjalanan ke daerah yang telah tersebar virus corona.

Bisa dikatakan kalau istilah "suspect" ini lebih mirip dengan PDP yang disarankan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah sakit dan melakukan pemeriksaan swab.

5. Isolasi
Istilah ini ditujukan untuk orang yang terpapar COVID-19 dan melakukan perawatan kesehatan serta menjauhkan dari orang-orang yang terinfeksi penyakit menular dari mereka yang tidak terinfeksi.

6. Karantina
Mengendalikan penyebaran virus dengan cara mengkarantina (berdiam) di rumah. Karena menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), karantina direkomendasikan bagi orang yang diyakini terpapar penyakit menular, salah satunya adalah COVID-19, namun tidak bergejala.

7. Lockdown
Hampir sebagian besar negara dan wilayah menerapkan lockdown untuk mengurangi penyebaran virus corona. Tapi tahukah Anda apa arti dari lockdown? Lockdown berarti melakukan pengawasan ketat dengan cara mengunci masuk atau keluar dari dan ke suatu negara, wilayah atau daerah untuk mencegah penularan viru corona. Biasanya aktivitas ekonomi akan berkurang, kecuali kebutuhan penting seperti makanan, rumah sakit maupun apotik.

8. Social Distancing
Untuk mengurangi penyebaran penyakit menular seperti virus corona, masyarakat disarankan untuk menjauhi segala keramaian, menjaga jarak, menghindari pertemuan dan perkumpulan yang melibatkan banyak orang. Kalaupun Anda harus keluar rumah, tetap menjaga jarak dengan orang lain.

9. Wabah
Kita tentu sering mendengar istilah wabah belakangan ini. Namun tahukah Anda arti dari wabah itu sendiri? Wabah adalah meningkatnya suatu penyakit, baik secara bertahap maupun tiba-tiba di suatu wilayah tertentu.

10. Pandemi
Istilah ini sedikit berbeda dengan "wabah". Pandemi adalah penyebaran suatu penyakit tertentu yang terjadi secara global di banyak negara di dunia. Bisa dikatakan pandemi memiliki cakupan wilayah yang lebih luas dari "wabah".

11. Epidemi
Berbeda dengan pandemi, epidemi merupakan peningkatan dari wabah besar secara mendadak, cepat dan dalam jumlah yang banyak dari suatu penyakit tertentu yang terjadi di dalam wilayah tertentu.

12. SARS-CoV-2
Ini merupakan sebuah nama virus yang menjadi penyebab penyakit COVID-19.

13. COVID-19
Merupakan nama penyakit yang disebabkan oleh virus corona atau SARS-CoV-2.

14. Local Transmission
Istilah ini mengacu pada seseorang yang tertular di suatu wilayah di mana kasus ditemukan.

15. Klaster
Klaster merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengklasifikasikan asal mula penyebaran virus itu terjadi.

16. Spesimen
Merupakan contoh atau keseluruhan bagian dari kelompok organisme yang terdiri dari tumbuhan, hewan, bakteri, jamur, algae dan virus yang diambil dari lingkungan yang disimpan dalam sebuah tempat.

 17. Work From Home
Istilah ini mengacu pada aktivitas yang dilakukan dari rumah untuk memutus penularan penyebaran virus corona.

18. Masker N95
Berbeda dengan masker biasa pada umumnya, masker N95 merupakan jenis masker anti-polusi yang biasa dipakai untuk melindungi dari asap atau kabut. Masker ini mampu menyaring polutan maupun partikel halus hingga 95 persen.

19. Hand Sanitizer
Cairan pembersih tangan yang digunakan tanpa harus membilasnya dengan sabun. Hand sanitizer ini berfungsi sebagai cairan pembersih pengganti sabun.

20. Disinfektan
Merupakan zat kimia yang digunakan membersihkan atau membunuh kuman-kuman pada permukaan benda mati.

21. Antiseptik
Suatu zat yang mampu menghentikan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme.

22. Rapid Test
Istilah ini digunakan pengujian cepat terhadap virus corona baru Sars-CoV-2 (COVID-19). Tes baru ini dinilai jauh lebih cepat dan tidak terlalu rumit. Dibanding tes viral load sebelumnya yang membutuhkan waktu 1,5 - 2 jam, sementara rapid test hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, tiga kali lebih cepat dari metode sebelumnya.

23. APD (Alat Pelindung Diri)
Alat pelindung diri merupakan kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai dengan tingkat bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan juga orang lain di sekitarnya.

24. PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)
Istilah ini digunakan untuk membatasi kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi agar meminimalisir penyebaran penyakit atau virus.

Demikian artikel tentang daftar istilah virus corona yang bisa Blogmashendra bagikan. Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon