Panduan Memilih Rental Mobil di Jakarta Untuk Liburan

Panduan Memilih Rental Mobil di Jakarta Untuk Liburan

Beberapa tahun silam, saya pernah kesulitan untuk mencari rental mobil di Jakarta. Padahal saya dan keluarga berencana untuk liburan dalam waktu dekat. Dari beberapa rental mobil yang kami temui, rata-rata sudah penuh. Sementara waktu liburan semakin dekat. For your information, saat itu memang belum banyak rental mobil online yang bisa saya cari di internet, jadi mau tidak mau saya harus mencarinya secara manual, mulai dari nanya langsung ke tetangga, teman dan mendatangi rental terdekat.


Berhubung tidak dapat mobil yang kosong alias bisa disewa untuk liburan, alhasil kami mengubah rencana liburan. Memang sudah risiko kalau booking mobil mepet waktu, terutama kalau lagi musim liburan, sudah pasti hampir setiap rental mobil di Jakarta pasti penuh. Biasanya harga rental mobil Jakarta juga akan menyesuaikan saat musim liburan tiba.

Pengalaman seperti ini memang seharusnya tidak terjadi, apalagi kalau mobil akan digunakan untuk momen yang cukup penting, seperti pernikahan. Mungkin kalau untuk liburan jadwalnya masih bisa diatur kembali, seperti yang saya lakukan. Kalau memang tidak bisa dijadwal ulang waktunya, ya mau tidak mau naik kendaraan umum.


Nah, agar hal yang saya alami tidak menimpa kepada Anda, Blogmashendra.com ingin berbagi tips memilih rental mobil jakarta untuk liburan ataupun kebutuhan lainnya, berikut ulasannya :

1. Pilih Jasa Rental Mobil Jakarta yang Dilengkapi Asuransi
Sebagai konsumen, Anda perlu memperhatikan mengenai risiko yang bakal menimpa Anda dan juga keluarga selama menggunakan mobil tersebut. Jadi sebaiknya Anda memilih rental mobil yang sudah dilengkapi dengan asuransi, karena asuransi dapat mengurangi risiko Anda mengalami kerugian secara finansial, karena kalau sampai terjadi kecelakaan, maka Anda tidak perlu repot-repot mengganti kendaraan yang hancur.

Mengenai hal ini, tentu saja ada asuransi yang akan meng-cover seluruh biayanya. Paling buruk, Anda hanya perlu membayar uang klaim asuransi kepada penyedia jasa rental mobil Jakarta yang Anda sewa.

2. Menggunakan Jasa Rental Mobil Jakarta dengan Supir
Jika Anda ingin mencari rental mobil Jakarta lengkap dengan supir, maka pastikan supir memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tanyakan juga apakah mereka punya SIM A yang masih aktif. Karena siapa tahu saja mereka lupa memperpanjang SIM-nya.

Pastikan juga kondisi fisik sang supir juga dalam keadaan sehat dan prima, serta terbiasa menyetir mobil dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh. Karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan, seperti supir mengantuk atau kurang mahir berkendara.

3. Periksa Kondisi Kendaraan yang Ingin Disewa
Sebelum menyewa mobil, Anda harus mengecek dengan teliti kondisi mobil yang ingin digunakan. Mulai dari mesin mobil, rem, aki, ban, body mobil dan bagian dalamnya juga. Pastikan juga surat-surat kendaraan lengkap. Jadi ketika ada kerusakan, kedua belah pihak sudah saling mengetahui kondisi mobil sebelum disewa. Hal ini juga untuk mencegah kesalahpahaman antara Anda dengan pihak rental.

Bayangkan jika Anda tidak mengecek kondisinya lebih dulu, kalau ada body mobil yang lecet, bisa saja pihak rental mobil Jakarta akan menyalahkan Anda dan menyuruh Anda untuk mengganti kerusakan tersebut.

4. Sewa Mobil Jauh-jauh Hari
Ini cukup penting untuk diperhatikan. Untuk merencanakan liburan sebaiknya jangan mendadak, apalagi kalau Anda ingin menyewa mobil. Anda juga perlu mempertimbangkan kapan dan berapa lama mobil akan disewa, sehingga bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan. Sekaligus untuk menghindari permainan harga.

Biasanya permintaan sewa mobil akan meningkat saat musim liburan maupun akhir pekan. Jadi Anda bisa memesan mobil ke rental dan memastikan kendaraan siap digunakan.

5. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan
Anda perlu mempertimbangkan mobil yang ingin disewa sesuai dengan kebutuhan. Jika penumpang dan barang bawaannya cukup banyak, maka Anda perlu menyewa mobil dengan ukuran yang lebih besar, tentu saja dengan biaya yang lebih mahal. Apalagi jarak perjalanan cukup jauh. Karena memang faktor kenyamanan adalah paling utama.

6. Pilih Rental Mobil Jakarta yang Terpercaya
Tips yang terakhir ini cukup penting agar Anda terhindar dari penipuan maupun ketidaknyamanan selama liburan menggunakan mobil rental Jakarta. Di era digital saat ini, Anda dapat dengan mudah menyewa mobil secara online, sehingga lebih menghemat waktu, tenaga dan juga biaya.

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah layanan jasa rental mobil Jakarta dari Traveloka. Di sini Anda dapat dengan mudah memilih mobil sesuai dengan kebutuhan, mulai dari fasilitas yang didapat, jenis mobil, daftar harga rental mobil hingga destinasi yang ingin dituju.

Harga Rental Mobil Jakarta - Blog Mas Hendra

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan lainnya seputar rental mobil, mulai dari persyaratan yang diperlukan hingga partner rental mobil yang sudah bekerja sama dengan Traveloka.

Demikian artikel tentang panduan memilih rental mobil Jakarta, semoga bisa memberikan manfaat, terutama bagi Anda yang memang berniat ingin mencari rental mobil Jakarta untuk liburan maupun kebutuhan lainnya. 

You May Like This :

10 comments

Wah bener banget nih kalau bisa sih memang harus sesuai dengan kebutuhan nih ya

Nah ini nih yang di cari-cari saat liburan, rental mobil terpercaya, terutama yang ada asuransinya kang, saya suka sesuai dengan bidang baru saya, hehee...

@Anisa AE : Menyewa mobil sesuai kebutuhan lebih efisien dan sesuai dengan budget ya Mba

@Maman : Wah Kang Maman mah selalu suka dengan berbau asuransi yah, hehehe

Jasa rental mobil ada asuransinya, wah keren dan hebat banget.

Betul, mas. Pilih rental mobil itu harus ada asuransinya ya. Dengan begitu jika terjadi apa-apa kita bisa lebih tenang.

sekarang apa apa jadi mudah hahahaha,,,, gak usah cari banyak pintu,, lewat satu pintu sudah bisa ngatur traveling jadi hepi

@Djangkaru Bumi : Perlu itu, untuk melindungi unit mobil sekaligus konsumen

@Kopiah Putih : Yup tepat sekali Mas, biar perjalanan terasa tenang

@Irwin : Di era serba cepat, biar gak ketinggalan dan lebih efisien Om


EmoticonEmoticon