Intip Beberapa Pertimbangan dalam Mengatur Keuangan Keluarga Muda

Mengatur Keuangan Keluarga Muda - Blog Mas Hendra

Keuangan keluarga harus diatur dengan baik, sehingga akan membuat keluarga menjalani hidup lebih tenang. Terutama bagi keluarga muda yang masih mempunyai jalan panjang, sehingga mempunyai kesempatan lebih baik untuk mendapatkan keuangan yang stabil di masa depan. Untuk mengatur keuangan keluarga muda membutuhkan rencana jangka panjang yang baik, agar membuat keuangan menjadi lebih teratur dan terkontrol. Misalnya saja, sebagai pertimbangan yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan pada keluarga muda adalah sebagai berikut ini :


1. MELAKUKAN INVESTASI
Pertimbangan pertama untuk mengatur keuangan keluarga yang masih muda dan baru adalah dengan melakukan investasi. Investasi mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan investasi yang dipunyai. Misalnya saja beberapa jenis investasi yang bisa dipilih adalah investasi barang mewah seperti tas, investasi keuangan seperti menanam saham dan reksadana dan juga investasi dalam bentuk perhiasan, seperti berlian atau logam mulia.

Berbagai hal tersebut merupakan investasi yang bisa dipilih sebagai salah satu cara untuk mengatur keuangan keluarga baru untuk masa depan. Investasi juga akan membantu untuk mendapatkan tambahan dana dari keuntungan yang didapatkan dari investasi yang dilakukan.

2. MENABUNG UNTUK DANA PENDIDIKAN ANAK
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam keuangan keluarga baru adalah merencanakan keuangan dari sedini mungkin. Seperti salah satunya adalah mulai untuk menabung untuk dana pendidikan anak dan keperluan anak lainnya. Setiap keluarga tentunya ingin mempunyai keluarga yang lengkap dengan kehadiran buah hati.

Tetapi kehadiran anak di keluarga juga harus disambut dengan finansial yang telah matang, sehingga membuat orangtua tidak perlu khawatir dengan masa depan anak. Oleh karena itulah penting untuk memperhatikan keuangan yang akan disiapkan untuk anak. Siapkan simpanan dana untuk keperluan anak, seperti dana pendidikan yang merupakan keuangan yang paling penting untuk menyiapkan masa depan anak.

3. MEMBELI ASURANSI
Pertimbangan yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan untuk keluarga baru adalah dengan memiliki asuransi. Pilihlah asuransi yang menguntungkan untuk keluarga baru, seperti misalnya memilih asuransi yang tidak hanya melindungi satu orang saja, tetapi pilih asuransi keluarga yang akan dapat digunakan untuk melindungi satu keluarga.

Membeli asuransi untuk keluarga muda juga sangat penting, karena bisa untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Karena asuransi akan mempunyai perbedaan harga dari kapan membelinya. Terutama untuk asuransi jiwa yang akan mempunyai harga lebih murah apabila dibeli ketika masih muda.

4. HINDARI KREDIT YANG TIDAK PERLU
Ketika masih muda biasanya banyak yang akan mengambil kredit terutama untuk kebutuhan keluarga. Misalnya saja setiap keluarga muda akan mempunyai kredit rumah dan juga kendaraan. Hal tersebut merupakan kredit yang penting dan bisa untuk memenuhi kebutuhan. Akan tetapi untuk keluarga muda sebaiknya hindari untuk mempunyai terlalu banyak tagihan kredit yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sehingga hindari untuk mengambil kredit yang tidak perlu dan tidak berguna.

5. MEMBUAT RENCANA ANGGARAN
Dan pertimbangan penting terakhir untuk keuangan keluarga muda agar stabil adalah dengan membuat rencana anggaran. Rencana anggaran sangat penting untuk setiap keluarga juga termasuk keluarga muda. Di mana keuntungan dari rencana keuangan keluarga tersebut dapat untuk membuat rencana jangka pendek dan juga jangka panjang. Sehingga keluarga muda dapat untuk mengatur keuangan yang lebih baik dan mempunyai tujuan yang bisa dicapai ketiak mempunyai rencana anggaran di dalam keluarga.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

16 comments

Wah bener banget nih Mbak, kalau bisa sih jangan kredit yang terlalu banyak ya.

Kalau saya berencana menabung di bank syariah saja Mas karena biaya admin sangat rendah bahkan nol.

@Anisa AE : Kalau kredit gak penting, yang repot kita sendiri, apalagi jumlah pengeluarannya lebih besar, pasti tambah bingung deh

@Amir : Mantap pilihannya Mas Amir, segera wujudkan jangan ditunda-tunda

Mantap ni tipsnya..
Jangan lupa juga siapin tabungan untuk keperluan tak terduga selain tabungan rutin. Klo hape ilang kerasa banget klo ndak ada simpanan utk hal tak terduga

Kalo masih single, biasanya agak susah mengatur keuangan. Karena dipikirnya masih belum memiliki tanggungan. Padahal rencana keuangan sebetulnya sudah harus dilaksanakan sejak awal.

@Riza Alhusna : Silahkan dipraktikan kalau nanti married om, semoga bermanfaat

@Heri Heryanto : Pasti itu om...

@Bang Doel : Betul banget bang, sebaiknya segera diubah pola pikirnya biar tau betapa pentingnya perencanaan keuangan untuk masa depan lebih baik

Bagian kredit nih saya masih kecolongan. Masih ada sisa-sisa masa lalu yang kalau diselesaikan rasanya berat banget. Jadi tutup mata dan berusaha cicil tiap bulan deh sampai lunas. Tapi jadi pelajaran berharga banget jangan asal ambil kredit sembarangan apalagi hanya untuk produk yang sifatnya konsumtif.

yaa tabungan itu yg utama sih hehe

Nah, ini penting banget dilaksaankan ya buat keluarga mudah maupun tua hehehe :) Paling susah itu ketika mengelola dana darurat. Tau2 dipakai buat belanja sale dadakan yang rasanya sayang kalau ga dibeli hahaha. Tentu priorits buat sandang, pangan, papan dan amal ya zakat gitu. TFS Mas Hendra.

@DudukPalingDepan : Ambil kredit istilahnya kalau udah benar-benar urgent tingkat tinggi, itu pun sebenarnya masih bisa dihindari sih, tapi kalau kepepet, mau gimana lagi.. Makasih udah berbagi

@Vivat Indonesia : Yup betul banget, tapi juga jangan lupakan point lainnya ya

@Nurul Sufitri : Nah ini sale dadakan ini ibarat racun, harus dihindari. Mending bikin budget khusus buat sale dadakan, jadi suatu saat ada sale dadakan lagi, gak perlu ambil uangnya dari budget lainnya


EmoticonEmoticon