Seberapa Penting Blogger Punya Channel YouTube??


Jauh sebelum terjun ke dunia blogging, saya lebih dulu hobi ngeshoot video dan mengeditnya. Tepatnya sekitar tahun 2004, saya membeli sebuah handycam jadul yang masih menggunakan kaset untuk menyimpan hasil rekaman, bukan menggunakan memory card seperti sekarang. Setiap moment yang saya anggap penting, selalu saya abadikan, seperti lebaran, pernikahan, sunatan, ulang tahun dan event lainnya. 

Aktivitas video editing menjadi hobi baru saya waktu itu (tahun 2004-2012). Setiap libur kerja, saya melakukan sedikit video editing dengan menambahkan berbagai elemen, mulai dari suara latar, musik, gambar dan efek lainnya agar hasilnya lebih menarik. 

Waktu itu, vlogger dan blogger belum populer seperti saat ini. Karena bingung hasil rekamannya mau disimpan di mana, alhasil semua hasil video editing saya simpan di laptop dan sebagian lainnya saya burn ke dalam kepingan CD untuk bisa ditonton di layar TV.

Ternyata asyik juga bisa melihat video hasil rekaman di layar TV, lebih besar dan pastinya bisa ditonton bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

Memasuki era digital saat ini, kita dapat dengan mudah berbagi konten di internet, baik itu lewat tulisan ataupun video melalui berbagai platform, seperti blog dan YouTube. Bahkan keduanya boleh dibilang simbiosis mutualisme, alias kedua-keduanya saling menguntungkan satu sama lain.

Seberapa Penting Punya Channel YouTube Bagi Blogger?
Sebagai blogger, ternyata punya channel YouTube itu bisa dibilang cukup penting loh, karena selain bisa nyebarin manfaat lewat tulisan di blog, kita juga bisa nyebarin konten video lewat YouTube. Bahkan kita bisa menyisipkan link yang saling berhubungan di kedua platform tersebut. Manfaatnya bagi blogger itu sendiri tentu saja, jumlah visitor di blog atau viewer channel yang dikelolanya bisa meningkat. Makanya tidak heran, saat ini banyak blogger yang mengoptimasi channel YouTube-nya.

Tidak jarang, saat ini tidak sedikit client yang menawarkan kerja sama dengan cara mempromosikan produknya melalui channel YouTube, tidak hanya melalui blog saja. Ini artinya konten video pun dinilai lebih menarik ketimbang tulisan saja. Mau tidak mau, blogger pun harus kreatif membuat konten-konten menarik, tidak hanya di blog saja, tapi juga di YouTube.

Bahkan pernah ada satu client yang menanyakan channel YouTube milik saya untuk kepentingan promosi produk mereka. Berhubung saya lebih fokus ngeblog, alhasil channel YouTube saya terbengkalai, saking gak keurusnya, jumlah followernya memprihatinkan. Karena dinilai kurang "menjual", mereka tidak jadi melakukan kerja sama di channel YouTube tersebut. 

Mengingat banyak sekali blogger yang sudah punya channel YouTube dengan jumlah subscriber fantastis, maka secara perlahan saya ingin menghidupkan kembali channel yang sudah lumutan. 

Pengen banget bisa nyebarin sesuatu yang bermanfaat lewat video, walau hanya aktivitas sehari-hari, kalau bisa memberikan manfaat, kenapa tidak?. Apalagi saya hobi banget ngedit video sebelumnya, jadi ini kesempatan saya untuk meningkatkan kemampuan video editing yang sempat tertunda bertahun-tahun.

Yuk kita sebar manfaat positif lewat blog dan YouTube sesuai dengan kemampuan kita masing-masing, karena siapa tau saja bisa memberikan pahala bagi kita, karena bisa memberikan informasi yang orang lain butuhkan.

Jadi kalo ditanya seberapa penting blogger punya channel YouTube?? jawabannya cukup penting. Mengapa demikian? Penjelasannya ada di tulisan ini.

Oh iya, kalau ada yang sudi mampir menengok sejenak ke channel YouTube saya : Channel Mas Hendra, silahkan saja. Apalagi kalau sampai klik like dan subscribe, akan senang sekali saya like dan subs balik! 

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

24 comments

Kalau menurut saya sih penting juga mas channel, meskipun didalam channel itu tidak berisi konten-konten blog. Paling tidak nantinya juga akan dibutuhkan untuk perkembangan blog.
Saya sudah punya channel tapi isinya masih dikit banget, bingung mau diisi topik apa :D

Perlu Banget menurut saya..karena selain bisa berbagi lewat video bisa juga menambah skill dalam editing video

Yaa.. tergantung masing-masing kali ya Kang. Tergantung kebutuhan dan keperluannya.

Bagi saya sendiri, Youtube masih tidak begitu penting karena memang fokus saya masih pada blog yang berisi foto dan teks. Tetapi, saya juga mulai memasang video yang disimpan di Youtube sebagai variasi. Masih belum serius menggarap yang satu ini karena butuh waktu yang lumayan.

Jadi, kita saling subscribe, Mas? Haahhaha. Aduuuhh subscribe saya maaah baru sejari dua jari :D

@Digital Poin : Saya setuju nih. Untuk menyalurkan kreativitas melalui konten video, walau kadang isinya tidak mesti berhubungan dengan artikel di blog.

@Dwi : Iya bisa mengasah ketrampilan lainnya, seperti video editing, selain menulis tentunya ya

@Anton : Sesuai dengan kebutuhan masing-masing ..

@TUteh : Pelan-pelan nyari subscriber mba, hehehe

Saya juga pengen sih eksis di youtube. Pernah beberap kali upload video, tapi ternyata ngerekam dan ngeditnya itu memakan waktu sekali. Emak-emak kayak saya susah bagi waktunya. Semoga nanti kalau anak agak gdean bisa fokus juga ngurusin channel youtube :D

Saya juga udah punya keduanya, blog n youtube. Tapi keduanya belum optimal mas, hehe...perlahan juga akan fokus keduanya, semangaaat mas.

@Dudukpalingdepan : Betul mba, harus nyari waktu yang pas, karena mengolah 1 video aja butuh waktu lebih lama daripada menulis 1 artikel.

@Rustam : Semangat mas, mulai optimasi keduanya dengan penuh kesabaran dan ikhtiar kuat

Youtube lumayan buat nyari backlink blog,,,,saya juga punya channel youtube tapi belum terlalu diperhatikan wkwkwk

@Eko : Betul juga tuh, bisa dimanfaatin untuk mencari backlink. Saya malah baru mau mulai,,

saya juga punya bang tapi belum terisi nanti aku isi juga ama konten resep makanan

@Tukang Jalan : Saya juga ada channel, tapi gak aktif

wah saya juga baru2 ini bikin chanel youtube mas, saling subscribe yaa (chanelku -> Abe Sagara) .chanelnya mas udah aku subscribe loh, haha

Betul mas, saling terkait aja, kadang-kadang kalo video views-nya bagus blog juga kebantu visitornya, sebaliknya pun begitu.

Mau enggak mau, memang harus mulai untuk membangun channel buat saling support antara aset media sosial sendiri.

@Bang Doel : Artinya simbiosis mutualisme kan ya...

Main youtube kini tampak lebih menyenangkan. Karena dolar lebih cepat cair. Maka tidak heran, banyak para blogger yang pindah jadi youtuber. Tidak perlu merangkai kata-kata yang panjang. Shoot yang unik, upload jadi deh.

@Djangkaru Bumi : Kalo udah dimonet sih enak banget, tinggal rajin upload dan nunggu gajian deh...

Kalau saya malah bingung mau bikin konten seperti apa di youtube. Padahal saya termasuk orang yang demen ambil video terus edit video. Tapi itu sebatas buat story aja, paling panjang cuman semenit doang.

@Bimo Aji : Mungkin kedepannya bisa ditingkatkan durasinya. Kalo konten sih gak jauh dari blog aja, bisa gado-gado loh


EmoticonEmoticon