Perkembangan Nokia di Zaman Milenial

Perkembangan Nokia di Zaman Milenial - Blog Mas Hendra

Perkembangan Nokia di Zaman Milenial - Dulu di tahun 90-an, handphone Nokia menjadi idaman bagi semua orang, walaupun memiliki berat hampir setengah kilo dan dengan bentuknya yang belum bisa dimasukkan ke saku. Karena pada tahun 90-an sendiri belum banyak orang dapat mengoperasikan handphone dan memiliki handphone seperti di zaman milenial ini. Dengan harga yang ditawarkan tinggi, sehingga hanya orang mampu saja yang dapat membeli handphone pada zaman 90-an.


Pada Juli tahun 2005 masuklah handphone dengan sistem operasi Android yang menjadikan si Nokia ini tersingkirkan, karena handphone berbasis Android sendiri memiliki teknologi dan fitur yang canggih dibanding Nokia. Tetapi dengan begitu, tidak menyurutkan tekad Nokia untuk kembali bangkit, lalu Nokia pun membuat handphone dengan sistem Android dan dianggap pesaing oleh pendiri handphone Android lainnya.

Mari kita bahas perkembangan hp Nokia dari tahun ke tahun berikut ini :

1. Mobira Senator (1982)
Handphone Nokia pertama kali memiliki desain seperti telepon rumah, tetapi ditujukan untuk telepon genggam. Dengan menggunakan jenis jaringan NMT, Nokia jenis ini didesain hanya dapat digunakan di dalam mobil saja.

2. Nokia 101 (1992)
Handphone Nokia ke-3 ini memiliki desain yang simple dan mudah digenggam dibanding dengan handphone Nokia ke-2. Nokia 101 merupakan handphone yang pertama kali menggunakan handset dan memiliki bentuk seperti permen pada zaman dulu.

3. Nokia 1011 (1992)
Nokia 1011 ini sudah dilengkapi dengan pemutar digital pertama kali dan jaringannya sudah GSM.

4. Nokia 232 (1994)
Nokia 232 adalah handphone pertama yang memiliki layanan data, faksimile dan juga SMS.

5. Nokia 8110 (1996)
Nokia 8110 sering disebut juga dengan "banana phone", karena memiliki bentuk melengkung seperti pisang. Handphone ini merupakan pertama kali yang berdesain slide milik Nokia. Awalnya menggunakan jaringan internet tipe 1G, saat ini sudah di-upgrade dengan jaringan internetnya yang sudah berjalan di jaringan G dan dengan desain yang sudah kekinian.

6. Nokia 3210 (1999)
Handphone ini merupakan handphone pertama yang menggunakan antena internal.

7. Nokia 7650 (2001)
Tipe ini merupakan handphone GSM yang memiliki kamera yang berintegrasi dengan seri 60 smartphone.

8. Nokia 8800 (2005)
Handphone Nokia pertama yang didesain dengan material kaca dan stainlesss steel.

9. Nokia N95 (2006)
Desain handphone ini sangat simple dan mendapatkan penghargaan dari Red Dota di tahun 2007. N95 merupakan handphone Nokia yang pertama kali menggunakan fitur GPS.

10. Nokia X (2014)
Tipe ini merupakan handphone Android pertama yang diciptakan Nokia. Meskipun berjalan di platform Android, handphone ini tidak menyertakan layanan Google. Kerja samanya dengan Windows membuat Nokia X ini merupakan Android rasa Windows.

11. Nokia 7 Plus
Seiring berkembangnya teknologi dan zaman, pada Februari 2018 lalu, Nokia resmi meluncurkan handphone terbarunya, yaitu Nokia 7 Plus. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan kamera depan 16MP dan 2 kamera belakang, 12+2MP dan sudah mengusung OS Android Pure (murni).

Dengan body pada smartphone ini yang menjadikannya solid dan mewah, serta tampilan touch screen yang ukuran layarnya 6.0 inci dan dilengkapi IPS LCD. Nokia 7 Plus ini terlihat seperti smartphone pada zaman milenial ini. Dengan chipset Snapdragon 660 menjadikan smartphone ini semakin canggih, karena sudah dilengkapi dengan CPU Octa-core berkecepatan 2.2 GHzz serta GPU Adreno 512.

Daya baterai smartphone ini terbilang baik dan sudah dilengkapi dengan sistem fast charging. Dengan baterainya sudah bertipe non-removable dan memiliki kapasitas 3.800 mAh membuat daya baterai ini bisa bertahan 25 jam saat digunakan normal. Untuk tipe port charger-nya sudah menggunakan USB Type-C. Untuk performa pada smartphone ini cenderung sangat baik dan mumpuni untuk bermain game berkapasitas besar.

Semoga bermanfaat

You May Like This :

25 comments

wah tidak terasa ya perkembanganya sangat cepat..
dulu masih inget waktu pernah pegang N95. Itu sangat keren pada zamanya hehe..
Nice info

Selanjutnya ada Nokia 8, Nokia 9.. :) Sayangnya sekarang Nokia udah kalau saing dengan hp lainnya...

Dari beberapa hp Nokia yang disebutkan di atas, hanya satu yang pernah saya operasikan, itupun hasil pinjam ke teman, Nokia N95.

Yang lain, terutama yang buatan baru, semoga bisa mengoperasikan juga. Hehe

@Septian : Nokia memang keren kok. MOdel-modelnya inovatif banget, tapi kenapa sekarang tertinggal

@Halolis : Nokia harus bisa bangkit kembali nih

@Abdur Rosyid : Saya pernah punya yang Nokia 7650, dulu keren banget asli

Saya termasuk penggemar Nokia mas, produk saya satu ini masih saya pegang sampai sekarang yaitu Nokia E63 (masih stabil), kalau yang jadul Nokia 6600 yg sudah jadi pajangan karena udah matot hehee..

@Digital Poin : Dulu juga saya selalu pakainya Nokia, karena kualitasnya kuat, baterainya awet dan modelnya bagus-bagus. Saya malah gak ada semua bangkainya, hehehe

Udah lama bener engga denger kabar Nokia... 7 plus kabar kaburnya juga ga begitu yaa

7650 hp pertamakuu
hp dengan kamera VGA pertama pada jamannya
dulu harganya waw banget dan symbian masih mnjadi rajanya OS hp

Yang nomo 1 itu: Mobira Senator (1982) pada jamannya kalo gak salah mahal banget ya?
Kebayang ya ribetnya kayak apa dibawa ke mana-mana.
Yang setelahnya, walaupun sudah lebih kecil tetapi masih cukup besar juga ya kalo gak salah. Kalo diletakkan di meja, bisa jadi alat pamer ke orang lain :D

Saya katakan Nokia sangat berjasa dalam perjalanan dunia blogging saya. Sejak tahun 2000, saat saya masih bekerja di luar negeri saya sudah pakai Nokia meski saat itu baru mampu beli yang tipe 2100.

Tahun 2008-2009 saya beli N73 itulah ponsel si dukun yang mengantarkan saya bisa masuk ke dunia blogger.

Kemudian saya beli Nokia 9300 yang sampai sekarang masih saya pakai. Awet.

Keluaran terbaru Nokia tidak kalah spesifikasinya sama smartphone lain ya. semoga kejayaan Nokia kembali terulang

@Aldhi Fajar : Saya juga pernah punya Nokia 7650, rasanya wow banget waktu itu...

@Mugniar : Tapi pada zamannya waktu itu, Nokia sudah sangat keren loh, apalagi modelnya yang unik

@Okti : Wah ternyata Nokia punya andil besar dalam perjalanan bloggingnya ya... Semoga saja kejayaan nokia akan terulang lagi ya

kalau ngomongin hape nokia jadi nostslgia bang :D, dulu hape pertama saya juga nokia 6600 yang gede banget kayak remot tv :D

Dulu aku penggemar banget nokia... 3 handphone pertamaku semua dari Nokia...tapi skrng kenyataanya sudah berubah... ada yang lebih bagus lagi ternyata..

@Khanif : Saya juga pernah punya Nokia 6600, fiturnya oke punya juga sih

@Adhi : Nokia ketinggalan saat ini, semoga bisa bangkit lagi seperti sebelumnya

Mengingatkan kenangan, meski hanya fitur bisa smsan sudah senang banget

@Agoes : Keren pada zamannya ya mas Agus

Nokia 3210 dan nokia n95 saya pernah punya,,,dulu udah mewah banget tuh punya hp seperti itu hehehe...
Btw blognya sudah saya follow,,,follow balik ya

@Eko Prianto : Rata- rata hampir semua orang pernah nyobain kerennya pakai hape Nokia


EmoticonEmoticon