Asus ZenFone Max Pro M1, Smartphone Gaming Kekinian

Asus ZenFone Max Pro M1, Smartphone Gaming Ideal Kekinian - Blog Mas Hendra

Menjelang akhir November 2018, saya tertarik untuk mengulas artikel seputar mobile gaming yang tengah populer saat ini. Sudah bukan rahasia umum lagi, jika mobile gaming saat ini tengah digandrungi oleh para mobile gamer tanah air. Nah, saya punya kabar gembira nih guys. Seperti apa kabar gembiranya? Simak terus ulasannya di artikel ini ya.

Seperti kita ketahui, trend mobile gaming ini terus berkembang sejalan dengan perkembangan e-sports di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang industrinya kian semarak, bahkan sudah diakui oleh pemerintah dan mulai masuk ke perhelatan olah raga terbesar di Asia, yakni Asian Games 2018, Jakarta-Palembang.

E-sports sendiri merupakan kependekan dari electronic sports, yaitu olah raga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh professional. E-sports kini terus berkembang dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari gamer, media hingga perusahaan-perusahaan besar.

Dari berbagai jenis game yang ada, seperti Real Time Strategy (RTS), Role Playing Game (RPG), Life Simulation Game, Racing, Adventure, First Person Shooter (FPS) dan Sports, saya sendiri sangat menyukai mobile gaming jenis racing dan sports. Diantaranya adalah Need For Speed : No Limits dan Winning Eleven.

Tapi sayangnya, smartphone milik saya memiliki spek yang standard, sehingga tidak maksimal ketika mengeksekusi game-game dengan grafis berkualitas baik. 

Game-game seperti NFS : No Limits dan Winning Eleven memiliki ukuran file yang cukup besar, yakni bisa di atas 1 GB. Maka dari itu diperlukan smartphone gaming dengan spesifikasi handal serta performa yang baik.

Sebagai sarana hiburan di smartphone, saya hanya menginstall game-game dengan grafik ringan dan ukuran file yang tidak terlalu besar, salah satunya adalah game Minecraft.



Padahal sebenarnya saya sangat tertarik untuk memainkan game NFS  dan Winning Eleven, tapi apa daya spesifikasi smartphone saya kurang mumpuni untuk menjalankan keduanya. Sampai saat ini saya masih bermimpi untuk memiliki smartphone gaming idaman. 😔

SPESIFIKASI SMARTPHONE GAMING IDAMAN ITU KAYAK APA?
Berbicara masalah smartphone gaming, tentu saja tidak terlepas dari kemampuan smartphone itu sendiri untuk mengeksekusi berbagai jenis permainan. Karena seperti kita ketahui, spesifikasi smartphone gaming itu punya spesifikasi yang biasanya lebih gahar.

Smartphone gaming kekinian, selain sangat lancar digunakan untuk bermain game, smartphone juga punya kemampuan handal untuk multitasking. 

Bagi saya pribadi, smartphone gaming itu (sangat) perlu memperhatikan beberapa spesifikasi, agar pengguna dapat bermain game dengan lebih smooth dan tanpa lag. Selain itu pengguna juga dapat bermain game lebih lama, karena sudah di-support oleh baterai berkapasitas besar.

Lantas, spesifikasi smartphone gaming idaman itu kayak apa sih guys?? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.


Berikut adalah spesifikasi smartphone gaming idaman versi saya :
Spesifikasi Smarpthone Gaming Idaman - Blog Mas Hendra

RESOLUSI LAYAR
Yang pertama adalah resolusi layar. Layar yang sedap dipandang punya tampilan piksel yang halus. Terlebih ketika saya memainkan game yang memiliki grafis yang tinggi, sehingga resolusi layar yang baik membuat efek game terkesan lebih real (nyata). Setidaknya resolusi minimal pada smartphone gaming adalah HD 720p.

KAPASITAS RAM
Spesifikasi berikutnya adalah kapasitas RAM. Agar tidak mengalami ngelag atau parahnya force closed (aplikasi suka nutup sendiri) saat sedang asyik bermain game, maka kapasitas RAM minimal sebaiknya 4 GB untuk bisa menjalankan game berukuran besar, mengingat beban RAM juga harus dibagi dengan sistem operasi dan aplikasi lain yang berjalan otomatis.

MEMORI INTERNAL
Untuk memainkan game HD berukuran besar pada smartphone, maka kapasitas memori internal juga harus memadai, karena biasanya game HD itu berukuran di atas 1 GB. Maka dari itu, kapasitas ideal adalah 32 GB agar bisa menyimpan banyak game, karena sisa memori tetap harus dibagi dengan sistem.

KAPASITAS BATERAI
Hardware akan bekerja lebih maksimal jika didukung dengan kapasitas baterai yang memadai. Setidaknya kapasitas baterai harus di atas 4.000 mAh agar bisa dipakai bermain game beberapa jam secara non-stop. Kalian juga gak mau kan, lagi asyik-asyik main game, eh tiba-tiba baterai smartphone habis.

HARGANYA TERJANGKAU
Spesifikasi ideal pada smartphone gaming yang terakhir adalah harganya cukup terjangkau, meski dibekali dengan spek yang handal, sehingga bisa dimiliki oleh berbagai kalangan yang menyukai bermain game pada perangkat smartphone mereka.

Bagi saya, ke-5 kriteria diatas sebaiknya dimiliki oleh smartphone gaming, agar pengalaman bermain game menjadi lebih smooth dan tanpa menemui kendala yang berarti.


PLEASE WELCOME SMARTPHONE LIMITLESS GAMING, ASUS ZENFONE MAX PRO M1

Lantas, kita harus memilih smartphone gaming idaman merk apa??

Seperti yang sudah saya tulis di awal, bahwa Kabar gembiranya adalah Asus secara resmi telah meluncurkan smartphone limitless gaming Zenfone Max Pro M1 pada bulan April 2018 lalu. Bertempat di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Asus menamakan ajang peluncuran produk terbarunya dengan tajuk “Limitless Gaming Max Series Launch”.


Lunching Asus ZenFone Max Pro M1 - Blog Mas Hendra


Hmmm… Pasti ada hubungannya dengan mobile gamer nih. Yup! Tepat sekali guys. Asus sebagai produsen smartphone kelas dunia melihat trend tersebut sebagai peluang untuk memanjakan mobile gamer di Indonesia khususnya melalui produk terbarunya.

Bahkan menariknya, Indonesia mendapat kehormatan menjadi Negara pertama yang menikmati produk smartphone terbaru dari Asus ini. Selain karena menjadi salah satu negara dengan populasi mobile gamer terbesar di Asia Pasifik, Indonesia juga dianggap sebagai pasar yang sangat penting bagi Asus.

Sebagai salah satu pemain utama di industri smartphone, Asus tentu sudah mempersiapkan perangkat yang mendukung industri e-sports dan mobile gaming melalui perangkat terbarunya, yakni ZenFone Max Pro M1.


Asus ZenFone Max Pro M1, Smartphone Gaming Ideal Kekinian - Blog Mas Hendra


ALASAN MEMILIH ASUS ZENFONE MAX PRO M1
Menyadari betapa pentingnya aspek pendukung untuk bermain game di smartphone, membuat saya memutuskan untuk mencari smartphone gaming yang ideal.


Tapi memilih smartphone gaming yang sesuai ekspektasi tidaklah mudah, mengingat tidak sedikit vendor smartphone yang juga sama-sama mengeluarkan smartphone gaming. Ketika dihadapkan pada situasi seperti ini, saya biasanya berkaca pada experience kakak saya yang telah lebih dulu membeli smartphone keluaran Asus, yakni ZenFone Max pada tahun 2017 lalu.

Asus, memang selalu menghadirkan produk-produk berkualitas, dengan memperhatikan apa yang pengguna butuhkan, yakni kombinasi antara teknologi, kekuatan, multimedia dan hiburan. 

Meski ZenFone Max milik kakak saya bukanlah smartphone gaming, tapi ketika saya bermain game di ZenFone Max saat itu, saya merasakan pengalaman bermain game yang sangat baik dan terasa smooth. Bahkan fitur-fiturnya juga oke banget loh.


Asus ZenFone Max - Blog Mas Hendra

Nah berhubung Asus baru saja ngeluarin smartphone gaming terbaru dengan fitur kekinian dan spek yang lebih gahar, saya tertarik banget nih dengan ZenFone Max Pro M1.


Berikut beberapa alasan mengapa saya ingin memiliki ZenFone Max Pro M1 :

1. PRODUK ASUS ZENFONE MAX PRO M1 TERBUKTI BERKUALITAS
Alasan pertama saya pilih ZenFone Max Pro M1 adalah karena produk keluaran Asus selalu memadukan antara kecanggihan teknologi serta ketangguhan yang baik.

Setiap konsumen, tentu menginginkan produk yang berkualitas tinggi. Kualitas merupakan faktor terpenting dalam menjamin kelangsungan kepercayaan konsumen dengan produk tersebut, serta mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan.

Hal inilah yang selalu dijaga dan dipertahankan oleh Asus hingga kini. Sesuai dengan salah satu misi yang diemban Asus, yakni fokus pada kualitas, Asus terus memperbaiki proses manajemen kualitas untuk memastikan konsumen menikmati solusi berkualitas tertinggi dengan biaya paling efektif.

Menurut saya pribadi, setidaknya Asus telah memenuhi apa yang disebut dengan dimensi kualitas produk :

Dimensi Kualitas Produk Asus - Blog Mas Hendra

2. PUNYA FITUR CANGGIH DAN KEKINIAN
Alasan berikutnya adalah, saya sangat tertarik dengan fitur-fitur kekinian yang disematkan ke ZenFone Max Pro M1. Fungsinya tentu saja untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi penggunanya. Kira-kira fiturnya apa saja ya guys? Berikut fitur-fitur keren yang dimaksud : 

- Security Unlock yang Unik
ZenFone Max Pro M1 telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Untuk membukanya, Anda dapat menggunakan sensor jari atau pengenalan wajah yang telah lebih dulu diatur. 

Uniknya, ketika jari Anda kotor atau Anda terlalu sibuk, Anda cukup menghadapkan wajah ke layar untuk membuka smartphone. 

Selain itu, terdapat sensor sidik jari pada bagian belakang yang diposisikan sempurna sesuai dengan cara Anda memegang smartphone. Ini akan membuka Zenfone Max Pro M1 Anda hanya dalam 0.3 detik, bahkan jika jari Anda basah.

- Hiburan yang Menakjubkan
Speaker ZenFone Max Pro M1 memiliki konstruksi 5 magnet dengan suara yang dilindungi metal, dan juga ditambah dengan NXP smart amplifier yang memberikan suara yang lebih kencang dan jernih di semua kondisi. 

Ketika Anda siap untuk menonton film atau mendengarkan musik favorit Anda, MaxBox6 yang didesain dengan sempurna mengubah suara ZenFone Max Pro M1 menjadi lebih kuat, tanpa menggunakan baterai atau kabel. 

Cukup hanya dengan menempelkan ZenFone Max Pro M1 pada MaxBox6, Anda dapat menikmati hiburan menakjubkan sepanjang malam.

- Fotografi yang Memukau
ZenFone Max Pro memiliki sistem dual kamera yang canggih yang akan membawa aspek fotografi mobile ke tingkat yang lebih tinggi. 

Kamera belakang dapat melakukan fokus ke suatu objek hanya dalam satu kedipan mata.

Selain itu, kamera ZenFone Max Pro M1 juga memiliki sensor resolusi tinggi dengan lensa wide yang dapat mengambil foto dengan lebih jelas setiap saat. Serta mampu mengambil bideo pada resolusi hingga 4K UHD, 4 kali lebih baik dari Full HD.

3. HARGANYA TERJANGKAU

Sepertinya hanya Asus yang menjual produk smartphone-nya dengan harga yang terjangkau. Jika Anda membeli smartphone merk lain dengan spesifikasi dan fitur yang sama, pasti harganya jauh lebih mahal. Coba saja bandingkan sendiri guys. 

Lalu berapa harga smartphone Asus ZenFone Max Pro M1? Anda hanya cukup merogoh kocek sebesar : 

Reguler Price :
- Rp. 2.199.000 (3GB/32GB)
- Rp. 2.799.000 (4GB/64GB)
- Rp. 3.299.000 (6GB/64GB)

Sangat terjangkau bukan? Dengan harga segitu, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone gaming keren dengan spesifikasi handal serta bertabur fitur canggih dan keren.

4. MENGUSUNG DUAL CAMERA YANG LAGI NGETREND
Asus Zenfone Max Pro M1 Resmi Dirilis, Ini Harga & Spesifikasinya!
Asus ZenFone Max Pro M1 memiliki dual camera dengan resolusi 16 MP di belakang dan 16 MP kamera depan yang sudah dilengkapi dengan lampu soft led untuk membantu penerangan. Kamera belakang kedua berfungsi sebagai dedicated bokeh mode camera, sehingga Anda bisa langsung mengambil foto bokeh dari smartphone ini.

5. KAPASITAS BATERAI EKSTRA BESAR, TIDAK PERLU POWER BANK!
Asus Zenfone Max Pro M1 Resmi Dirilis, Ini Harga & Spesifikasinya!
Asus telah membekali ZenFone Max Pro M1 dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh yang diklaim dapat bermain game PUBG selama 7,3 jam non-stop dalam sekali pengisian daya dan sudah di-support fast charging untuk pengisian dayanya.

6. PROCESSOR TERBARU SNAPDRAGON 636
Asus Zenfone Max Pro M1 Resmi Dirilis, Ini Harga & Spesifikasinya!
Asus ZenFone Max Pro M1 telah didukung processor terbaru Snapdragon 636 yang lebih powerful dibandingkan seri Snapdragon 625 yang menjadi favorit smartphone kelas mid-range pada tahun 2017.

Smartphone ini memang ditujukan bagi pecinta games karena performa chipset Snapdragon 636 dipadukan dengan RAM bertipe LPDDR4 dan pure Android Orea bisa lebih kencang dibanding smartphone lain dengan chipset yang sama.


SPESIFIKASI ZENFONE MAX PRO M1
BEYOND EXPECTATION! ZenFone Max Pro M1 merupakan generasi smartphone terbaru yang akan membawa Anda pada performa dan ketahanan yang maksimal, di luar ekspektasi Anda. Bisa dibilang jika ZenFone Max Pro M1 mampu membantu mempermudah aktivitas mobile Anda, sehingga lebih efisien.

ZenFone Max Pro M1 tersedia dengan tiga versi, yakni (3GB/32GB, 4GB/64GB dan 6GB/64GB). Pada kesempatan ini, saya ingin membahas spesifikasi ZenFone Max Pro M1 (3GB/32GB) :

- PROCESSOR 
ZenFone Max Pro M1 telah dibekali dengan performa yang gahar untuk meningkatkan kinerja smartphone bagi pengguna. Hadir dengan Snapdragon 636, Octa Core CPU Kryo 260 yang berjalan pada kecepatan 1.8 GHzUntuk urusan pengolah grafis, sudah ditanam GPU Adreno 509 yang sangat baik untuk meningkatkan kinerja grafis ketika bermain game ataupun aktivitas mobile lainnya.


Hasil tes Antutu Benchmark Asus Zenfone Max Pro M1 (image : jalantikus)


- DISPLAY DAN DESAIN
Untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih maksimal, ZenFone Max pro M1 hadir dengan dimensi layar cukup lebar 6 inci dengan resolusi Full HD 2.160 x 1.080 piksel yang memiliki aspek rasio 18:9. Ukuran fisiknya pun tidak terlalu besar, yakni 159 x 76 x 8.46 mm dan berat hanya 180 gram.

Meski memiliki ukuran layar 6 inci, namun ZenFone Max Pro M1 memiliki bezel yang sangat tipis, sehingga pas di body tipis yang seukuran dengan smartphone 5.5 inci.

ZenFone Max Pro M1 dibuat dengan metal yang kuat dengan body yang tipis dan ringan sehingga membuatnya sangat elegan dan tetap nyaman digenggam. 

- RAM DAN MEMORI
Agar kinerja smartphone tetap terjaga dengan baik, Asus telah menanamkan RAM sebesar 3 GB. Sedangkan untuk media penyimpanan telah dibekali dengan memori internal sebesar 32 GB + tambahan micro SD hingga 2 TB.

- KAMERA
Dari sektor kamera, ZenFone Max Pro M1 telah dibekali dengan kemampuan fotografi yang baik, karena memiliki dual camera di belakangnya. Untuk kamera belakang 1 beresolusi 13 MP + lensa wide f/2.0 + PDAF + LED Flash

Sementara untuk kamera belakang 2 beresolusi 5 MP wide angle (untuk efek bokeh yang lebih baik). Untuk kamera depan dibekali resolusi sebesar 8 MP + LED Flash.

Kamera juga dilengkapi beberapa fitur untuk menunjang aktivitas fotografi menjadi lebih menyenangkan.

- Kapasitas Baterai
Dukungan kapasitas baterainya juga sangat baik, karena sudah dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai ketika beraktivitas menggunakan ZenFone Max Pro M1.

Kapasitas baterai sebesar itu bisa digunakan untuk :

35 hari standby dalam keadalan 4G
20 jam untuk mengakses YouTube
42 jam berbicara di jaringan 3G
28 jam Wi-Fi web browsing

- SISTEM OPERASI DAN KARTU SIM (TRIPLE SLOT)
ZenFone Max Pro M1 sudah berjalan di sistem operasi Android terbaru, yakni Android Oreo 8.1, polos tanpa tambahan custom UI. Versi terbaru dari user interface Android yang indah memberikan pengalaman intuitif yang membantu Anda melakukan hal-hal lebih cepat, meningkatkan produktivitas Anda dan memungkinkan Anda bersenang-senang dengan smartphone Anda. 

Hadir dengan dual nano-SIM yang mendukung 4G LTE dengan kecepatan hingga 400Mbps untuk menunjang aktivitas lebih baik. Keduanya bisa digunakan sekaligus tanpa mengorbankan kartu micro SD.

- KONEKTIVITAS DAN JARINGAN
Dari sisi konektivitas, ZenFone Max Pro M1 terbilang lengkap, karena telah dilengkapi dengan micro-USB, jack audio 3.5mm, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2 dan Wi-Fi Direct. Sementara dari sisi jaringan sangat lengkap, yakni FDD-LTE, TDD-LTE, WCDMA dan GSM.

- DIDUKUNG TEKNOLOGI GPS
Untuk menunjang performa agar makin oke, ZenFone Max Pro M1 telah didukung dengan sistem GPS, yakni A-GPS, GLONASS dan BDS.

- PILIHAN WARNA
ZenFone Max Pro M1 tersedia dengan 2 pilihan warna, yakni Deepsea Black dan Meteor Silver.


image : teknodotkompasdotcom
💚💚💚💚💚


Sampai pada kesimpulan akhir, ZenFone Max Pro M1 tidak hanya hadir sebagai smartphone limitless gaming, tapi lebih dari itu, smartphone ini juga hadir untuk memudahkan aktivitas mobile pengguna, mulai dari multitasking, multimedia hingga entertainment.

Perangkat smartphone limitless gaming ini memang diluncurkan untuk memenuhi hobi para gamer di era milenial yang haus memainkan game-game dengan grafik tinggi di perangkat milik mereka.

Nah guys, demikian ulasan serta spesifikasi dari Asus ZenFone Max Pro M1, smartphone limitless gaming kekinian yang paling ideal, fitur bintang lima, harga kaki lima.

Semoga bermanfaat.

18 comments

Wadaaaw ini mah Gadget idaman suami karena dia suka banget main game. 😃😅

Wah cocok kalo begitu mah. Hayu langsung borong aja mba, hehehe

Yuk kita ngegame seharian kaka, biar tambah greget

Lebih yakin lagi, user zenfone max pro M1 gak ada kecewanya setelah beli. Lancar-lancar aja buat game yang notabene berat dan resolusinya tinggi. Aku banget ..

@putueka : hayu lah ngegame seharian pakai ZenFone Max Pro M1

HP ini emang wajib punya kayaknya yaaahh #2019gantiHP upsss

@Diah : Sepertinya begitu mba Diah, buat aktivitas mobile jadi lebih joss

Aku sbnrnya kalo beli hp, yg dilihat dulu kameranya. Tp hp ini lgs bikin kepengin pas tau batrenya kuat, ramnya gede memori banyak, dan harganyaaa ituuuu OMG :D. Hahahaha lgs galaaauuu. Padahal pas dpt bonus natal nanti, aku niat beli hp baru merk pesaingnya. Baca ini lgs mikir2 lg hihihihi...

@Fanny : Yup soal spek oke punya nih, dengan harga yang cukup terjangkau. Terima kasih sudah berkunjung

adiknya sudah mau muncul mas hendra, max pro m2..
katanya sih lebih gahar lagi..
waduh, jadi bingung mau beli yang mana...

@De eka : Iya mas, bakalah heboh lagi. Langsung beli aja yang baru mas, biar gak penasaran lagi.

@Arif Budi : Betul mas Budi, tertarik untuk beli??

Wah ulasan juga komplit banget mas hendra, selamat juga sudah juara :)

Waww.. Keren sekeren banget ini mah, memilikinya bisa menjadi sebuah impian terpendam, karena dah lama pengen punya hape yang bisa ngegame dengan spek yang mumpuni.

@Maman : Kuy nabung kang, biar bisa terwujud punya hape game


EmoticonEmoticon