5 Ide Bisnis Online yang Banyak Dilirik dan Mudah Dilakukan

Bisnis Online yang Banyak Dilirik dan Mudah Dilakukan - Blog Mas Hendra

Keputusan untuk menjalani bisnis tentu saja harus dilakukan dengan mengacu berbagai pertimbangan, seperti mudah dalam menjalaninya, modal dan berapa nilai keuntungan yang akan diperoleh. Bagi para pelaku bisnis yang baru pertama kali akan terjun menekuni dunia bisnis, seringkali dibuat bingung dengan jenis bisnis yang akan dijalaninya, mengingat begitu ketatnya persaingan bisnis yang ada belakangan ini. Jika salah mengambil keputusan, tentu akan berujung pada kerugian. Ini yang masih menjadi momok menakutkan bagi para pebisnis pemula.


Namun Anda tidak perlu khawatir dalam mengambil keputusan jenis bisnis apa yang akan dijalani. Berikut adalah 5 ide bisnis yang cukup laris manis dan banyak diminati yang perlu Anda coba :


1. MENJADI RESELLER
Reseller artinya menjual kembali. Dengan menjadi seorang reseller, Anda harus membeli barang dalam jumlah tertentu, lalu menjualnya kembali. Dan tentu saja Anda harus memiliki tempat untuk menyimpan stock barang-barang yang Anda beli.

Keuntungan menjadi reseller adalah Anda dapat mengontrol jumlah stock barang, dan tidak perlu khawatir akan kehabisan stock. Namun di sisi lainnya, Anda juga perlu menyiapkan modal untuk membeli barang.

Beberapa jenis produk yang cukup laris manis di pasaran :
  • Produk kecantikan (perawatan rambut, parfume, obat langsing, obat jerawat dan lain-lain)
  • Produk fashion (baju anak-anak, baju gamis, jilbab, baju wanita, baju pria dan lain-lain)
  • Produk kebutuhan rumah tangga (mixer, blender, rice cooker, gosokan, peralatan makan, perabotan dan lain-lain)
  • Produk gadget (smartphone, kamera, aksesoris smartphone dan lain-lain)
  • Produk herbal (obat kesehatan, kecantikan, vitalitas dan lain-lain)


2. BISNIS DROPSHIP
Menjalani bisnis dropship hampir sama dengan reseller. Yang membedakan adalah, Anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu dan juga tidak membutuhkan tempat untuk menyimpan stock barang, karena disini Anda hanya menjadi perantara atau penghubung antara supplier (penyedia barang) dengan pembeli.

Tugas utama Anda adalah melakukan komunikasi antara penyedia barang dengan pembeli. Selisih harga jual yang Anda tetapkan merupakan keuntungan (laba) bagi Anda.

Keuntungan menjadi dropshiper :
  • Anda tidak memerlukan modal besar, karena Anda tidak perlu membeli barang terlebih dulu. Dan Anda juga tidak perlu tempat untuk menyimpan stock barang. Anda juga tidak direpotkan dengan proses pengepakan dan pengiriman barang, karena semuanya dilakukan oleh supplier.

Kekurangan menjadi dropshiper :
  • Ketika jumlah pesanan tinggi, Anda akan kewalahan menghadapi permintaan pembeli, dan Anda adalah orang pertama yang akan dihubungi dengan pembeli. Jadi tetap berkomunikasi yang baik dengan pembeli dan juga pihak supplier. Jika ada complainan, Anda juga menjadi orang pertama yang akan dihubungi oleh pembeli.
  • Anda juga tidak bisa mengontrol jumlah stock barang, karen sepenuhnya barang ada di supplier.


3. MENJUAL JASA DAN KEAHLIAN
Internet masih menjadi salah satu target pemasaran bagi mereka yang ingin menjual jasa serta keahlian yang dimiliki. Langkah ini dinilai memiliki potensi bisnis yang cukup baik. Jika memang demikian, kenapa Anda tidak mencoba untuk menjual jasa dan keahlian yang Anda miliki secara online. 

Beberapa jenis keahlian yang masih diminati dan laris manis di internet adalah :
  • Jasa pembuatan website 
  • Jasa pembuatan aplikasi
  • Jasa pembuatan vector art
  • Jasa desain grafis 
  • Jasa pemasaran online (SEO, Google Adwords, dan lain-lain)
  • Jasa pembuatan artikel (content writer)


4. MENJADI BLOGGER PROFESIONAL
Menjadi seorang blogger tidaklah mudah, apalagi bagi yang baru pertama kali terjun ke dalam dunia blogging. Namun jika memang Anda belum menjadi seorang blogger yang profesional, dengan terus belajar dan meningkatkan kemampuan dalam menulis, bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Anda akan menjadi blogger yang dikenal banyak orang dan memiliki penghasilan dari kegiatan blogging.

Menjadi seorang blogger profesional bisa dikatakan mampu mendatangkan bisnis yang cukup baik di internet, karena seperti diketahui saat ini pengguna internet semakin terus meningkat. 

Masyarakat mengandalkan media internet untuk mencari solusi atas permasalahan yang mereka cari, dan bukan tidak mungkin blog Anda menjadi salah satu rujukan bagi banyak pengguna internet. Dengan demikian bukan tidak mungkin jika pengunjung blog Anda pun akan meningkat, begitu juga dengan penghasilan Anda.

Beberapa jenis penghasilan blogger adalah :
  • Menjual produk sendiri melalui blog (software, theme blog, ebook dan lain-lain)
  • Mengikuti program afiliasi
  • Iklan PPC (Google AdSense dan lain-lain)
  • Iklan mandiri (memasang slot iklan di blog)
  • Menulis artikel review berbayar untuk suatu produk


5. MENJADI YOUTUBER
Banyak orang mencari peluang bisnis dengan cara menjual konten video yang mereka miliki melalui situs berbagi video paling populer di dunia, yakni YouTube.

Video yang Anda bagikan di YouTube bisa dimotesisasi dengan memanfaatkan iklan yang tayang di video milik Anda. Penonton video akan melihat atau meng-klik iklan di video tersebut dan dari iklan inilah para YouTuber akan memperoleh pundi-pundi rupiah.

Menjadi seorang YouTuber merupakan salah satu lahan bisnis yang cukup baik belakangan ini, apalagi pengguna YouTube semakin meningkat dari berbagai kalangan usia. kalau memang demikian menjanjikan, mengapa Anda tidak mencoba menjadi seorang YouTuber dan berbagi video milik Anda.

Dengan sedikit penjelasan diatas, kini Anda memiliki gambaran bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari internet. Tentu saja ide bisnis ini sebaiknya diimbangi dengan kerja keras dan terus menggali potensi yang ada didalam diri sendiri, sehingga menghasilkan penghasilan yang lebih besar dari yang Anda bayangkan.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon