Mau Terbangkan Drone? Ternyata Ada Aturannya Loh!

Peraturan Menerbangkan Drone - Blog Mas Hendra

Sebagian dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya drone. Drone adalah sebuah pesawat nirawak (unmanned aerial vehicle) yang mampu mengendalikan dirinya sendiri atau dikendalikan oleh pilot dari jarak jauh (secara remote). Jika diperhatikan, drone memiliki bentuk yang menyerupai pesawat terbang, helikopter dan desain multirotor.


Bentuknya yang menyerupai seperti pesawat terbang biasanya digunakan untuk kebutuhan militer, sedangkan drone dengan desain multirotor banyak digunakan untuk keperluan hobi ataupun profesional.


Drone sendiri memiliki banyak fungsi, tergantung dari tujuan pembuatannya, mulai dari keperluan untuk militer, pemancar internet, fotografi, penelitian, pembuatan film atau video, hobi, pertanian hingga kebutuhan untuk rekreasi atau mainan.

Di Indonesia sendiri, kebutuhan drone semakin umum saja digunakan. Dari yang sekedar hanya hobi, bahkan kini drone pun bisa dipergunakan untuk kepentingan komersial. Namun mungkin banyak yang belum mengetahui jika untuk menerbangkan drone komersial telah diatur oleh Undang-Undang, agar harus mematuhi aturan Civil Air Safety Regulation (CASR) 107.

Sementara bagi drone yang diterbangkan untuk kebutuhan hobi atau rekreasi, harus terbang sesuai dengan aturan yang dibuat oleh komunitas nasional kedirgantaraan. Selain itu juga, penerbangan drone di Indonesia harus memperhatikan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Untuk di wilayah Jakarta sendiri,  memiliki lebih dari satu wilayah yang mencakup KKOP. Dua titik utamanya berada di area sekitar Bandara Soekarno-Hatta dan area sekitar Bandara Halim Perdanakusuma. Adapun radius yang diizinkan dari titik utama sejauh 15 kilometer.

Maka jika ada yang menerbangkan drone di luar area KKOP tanpa lisensi, harus siap menerima hukuman berupa denda sebesar Rp. 1,5 miliar atau denda kurungan maksimal tiga tahun.

Pengguna drone untuk kebutuhan hobi dapat mengikuti kursus yang diadakan oleh FASI (Federasi Aero Sport Indonesia ; organisasi yang membawahi olahraga dirgantara selurah Indonesia) agar memperoleh lisensi remote pilot. Kursus ini terdiri dari tiga hari drone school dan satu hari uji terbang.

Setelah mengikuti kursus tersebut, Anda akan mempelajari banyak hal, mulai dari regulasi, KKOP hingga kebutuhan teknis lainnya, seperti aerodinamika dan aerotika decision making.
FASI, Federasi Aero Sport Indonesia - Blog Mas Hendra
Bagi remote pilot yang telah mendapat lisensi dari FASI dan ingin menjadi remote pilot komersial, nantinya akan disalurkan oleh FASI ke Kementrian Perhubungan.

Demikian artikel tentang aturan untuk menerbangkan drone yang saya lansir dari laman detikinet, agar lebih diperhatikan lagi, sehingga penggunanannya tidak disalahgunakan dan lebih teratur.

Semoga bermanfaat.


16 comments

Efek booming nya drone, jadi semua orang bisa beli dan seenaknya menerbangkannya sampai mengganggu lalu lintas udara, akhirnya dibikin undang undang yang mengatur itu

Betul, Undang-Undang ini untuk mengatur agar mencegah hal-hal yang gak diinginkan, seperti mengacau lalu lintas udara dan lain sebagainya...

Dendanya itu mas, bikin nyali mengkerut.. hehe..
Saya sih tidak main drone mas, lagian belinya malas, mahal..

Dendanya bikin malas nerbangin drone, hehhehe

aku pernah ke candi mana giu dan ada tulisan larangan men drone ini gede banget
ganggu banget ya mas emang
cuma klo dipake wajar sih gak masalah

Baru tau gua bro, gua kira asal nerbangin aja hehe

Iya takut mengganggu kenyamanan pengunjung mungkin.

Nah saya juga baru tau, makanya di share disini

Wah baru tau saya ternyata ada aturanya... infonya sangat bermanfaat

Iya mas, makasih sudah berkunjung

Dendanya mahal sekali ya? Tapi memang bagus sih kalau ada aturan seperti itu.

Kalo dendanya udah sebesar ini, biasanya urusannya serius ini

Harga Drone yang makin murah membuat semakin banyak penggunanya, anak anak juga sudah mulai main drone. Repot kalau mainnya dekat bandara, hukumannya nggak main main

Betul mas, biar gak sembarangan menerbangkan drone, demi keamanan dan kenyamanan bersama, terutama kepentingan keselamatan penerbangan

Begitu ya... ada manfaatnya juga ini artikel sebelum membeli drone...
Semoga kesampaian...

Ya begitu, masa begini... Syukur deh kalo bermanfaat. Semoga juga bisa bermanfaat buat yang lainnya


EmoticonEmoticon