Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Mata Uang Crypto Cardano dan Keunggulannya

Tren investasi dalam bentuk mata uang digital atau mata uang crypto semakin diminati di masyarakat. Investasi mata uang digital menjadi pilihan investasi yang dinilai cukup menggiurkan. Selain Bitcoin, ternyata ada juga mata uang crypto yang menawarkan keuntungan yang menarik, yaitu Cardano coin (ADA).

Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai Cardano, sebaiknya Anda pahami terlebih dulu apa itu mata uang crypto, agar Anda mengetahui secara keseluruhan mengenai mata uang crypto serta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Mata Uang Kripto

Seperti dilansir dari laman Investopedia, cryptocurrency atau mata uang crypto merupakan mata uang digital yang dijamin dengan keamanan teknologi bernama kriptografi. Hampir mustahil untuk memalsukan mata uang kripto.

Mengenal Mata Uang Kripto
Image : Pixabay.com/TamimTaban

Definisi lainnya mengenai mata uang kripto adalah mata uang yang digunakan untuk melakukan transaksi antara satu orang dengan orang lainnya secara online.

Berbeda dengan mata uang suatu negara, yang mana keberadaannya diatur dan dikendalikan oleh pemerintah suatu negara. Sementara mata uang crypto umumnya tidak keluarkan oleh otoritas pusat mana pun, sehingga secara teori, kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Terdapat beberapa pendapat yang pro dan kontra terhadap kehadiran mata uang kripto ini, sehingga masing-masing memiliki pendapat yang berbeda. 

Bagi mereka yang pro terhadap mata uang kripto beranggapan bahwa mata uang kripto : 

  • Mampu terhindar dari inflasi
  • Biaya transaksi yang murah, prosesnya cepat dan praktis
  • Lebih fleksibel dan tidak berafiliasi dengan bank
  • Keuntungan yang jelas

Sementara, mereka yang kontra dengan mata uang kripto beranggapan jika mata uang kripto :

  • Nilai fluktuasi yang tinggi
  • Belum ada peraturan yang mengatur mengenai pemberhentian perdagangan sementara
  • Tidak memiliki aset dasar atau underlying asset
  • Tidak memiliki legalitas bank sentral

Kelebihan dan Kekurangan Mata Uang Crypto

Kelebihan dan Kekurangan Mata Uang Kripto
Image : Pixabay.com/sergeitokmakov

Seperti dilansir dari website Katadata, bahwasanya investasi mata uang crypto memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangannya. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini :

Kelebihan mata uang crypto

1. Proses transaksi cepat

Jika Anda melakukan transaksi antarbank internasional, biasanya proses transaksi yang dibutuhkan lebih dari satu hari. Sementara transaksi pada mata uang crypto bisa dibilang cukup cepat, bahkan prosesnya hanya beberapa menit hingga satu jam saja.

2. Transparan

Setiap melakukan transaksi, akan terlihat angka-angkanya, meski Anda tidak bisa mengetahui siapa yang melakukan transaksi tersebut, tetapi bisa mengetahui jumlah transaksi yang dilakukan. Sehingga setiap pemilik kripto bisa melihat transaksi yang pernah dilakukannya.

3. Bersifat universal

Artinya bersifat universal adalah seluruh dunia telah mengenal dan menggunakan mata uang digital tersebut. Untuk memilikinya tidak diperlukan syarat khusus, berbeda dengan perbankan yang mana harus memiliki syarat tertentu terhadap nasabahnya.

4. Bisa dikendalikan sendiri

Setiap pemilik mata uang kripto bertanggung jawab dan memiliki kuasa untuk mengatur uang kripto miliknya.

Kekurangan mata uang kripto

1. Rawan kejahatan

Uang digital kerap dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan transaksi ilegal. Sayangnya, transaksi tersebut tidak bisa dilacak, sehingga tidak diketahui siapa pelakunya.

2. Jika kelupaan password, maka sangat berisiko uang kripto bisa hilang

Penting bagi Anda untuk selalu menjaga password. Jika Anda sampai lupa, maka sangat berisiko uang kripto yang Anda miliki di akun tersebut bisa hilang.

3. Sering disebut ilegal

Tidak semua pihak bisa menerima mata uang kripto sebagai sesuatu yang legal, karena masih ada negara yang menganggap jika mata uang kripto adalah ilegal dan tidak bisa digunakan untuk transaksi jual beli.

Di Indonesia sendiri keberadaan mata uang kripto diperbolehkan, meski keberadaannya diawasi dengan sangat ketat, agar tidak ada merugikan pihak manapun.

Mengenal Mata Uang Kripto Cardano (ADA)

Selain investasi saham, investasi emas dan properti, investasi mata uang kripto dianggap memiliki prospek yang cukup menjanjikan di masa mendatang. Itulah sebabnya, banyak yang menjajal investasi uang kripto, terutama para generasi milenial.

Salah satu mata uang kripto yang dinilai memberikan penawaran cukup menarik adalah Cardano Coin (ADA).

Seperti dikutip dari Yahoo Finance, Cardano resmi diluncurkan pada 2015 lalu dan dikenal dengan simbol token ADA. Cardano dibuat oleh seorang pegiat matematika sekaligus seorang entrepreneur, yakni Charles Hoskinson.

Bahkan Hoskinson juga menciptakan Ethereum (ETH) bersama dengan beberapa orang lainnya. Sehingga bisa dibilang ia memiliki pengalaman cukup baik dalam dunia mata uang kripto.

Cardano juga dianggap sebagai blockchain pertama di dunia yang bersifat peer-reviewed

Cardano sendiri termasuk dalam generasi ketiga cryptocurrency, sehingga dianggap sebagai salah satu yang paling mutakhir saat ini.

Cardano juga dikenal sebagai cryptocurrency Proof of Stake (PoS). Pengertian dari Proof of Stake sendiri adalah salah satu dari dua mekanisme regulasi proses transaksi mata uang crypto. Pengembangan berdasarkan pada pendahulunya, yaitu Proof of Work.

Sistem PoS ini dianggap lebih efisien, karena memungkinkan penambangan (mining) dilakukan berdasarkan jumlah koin yang dimiliki.

Adapun untuk melihat data harga Cardano (ADA) secara detail bisa mengunjungi website coinmarketcap.com. Nilai volume mencapai IDR 1,3 miliar. 

Beberapa fakta menarik seputar Cardano :

  • Blockchain pertama yang dibuat dengan programming language Haskell yang kompleks dan canggih
  • Dikenal sebagai proof-of-stake blockchain, sehingga membuatnya menjadi salah satu cryptocurrency paling aman saat ini
  • Menempati peringkat nomor 7 di pasar per Mei 2021
  • Memiliki market cap sebesar 47 miliar dolar AS
  • Tersisa sekitar 31 miliar koin Cardano dari jumlah total 45 miliar
  • Meski cenderung fluktuatif, perkembangan harga Cardano cenderung semakin tinggi sejak dirilis. Harga tertinggi mencapai 1,56 dolar AS di tahun 2021
  • Harga terendah tercatat pada tahun 2017 sebesar 0,01735 dolar AS
  • Sejak pertama dikenalkan ke publik, terjadi kenaikan harga sebesar 8423%
  • Diprediksi harganya akan mencapai paling tidak antara 5 - 6 dolar AS pada tahun 2026

Keunggulan Mata Uang Crypto Cardano

Sebagai generasi ketiga cryptocurrency, Cardano kerap dianggap sebagai sebuah solusi bagi masalah-masalah yang telah lebih dulu hadir pada cryptocurrency generasi sebelumnya.

Mari kita lihat apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Cardano sebagai cryptocurrency generasi ketiga, seperti dikutip dari Block Geeks :

  • Mampu beroperasi dalam ruang lingkup yang lebih luas (scalability)
  • Interoperabilitas, di mana suatu aplikasi bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya melalui suatu protokol yang telah disetujui bersama lewat beragam jalur komunikasi
  • Berkelanjutan (sustainability)
  • Telah melalui proses peer-review dan dinyatakan aman
  • Proses staking dinilai mudah
  • Harganya relatif murah

Indodax, Platform Trading Mata Uang Crypto Terbaik

Jika Anda tertarik ingin segera berinvestasi mata uang crypto, maka Anda membutuhkan platform yang tepat, agar menguntungkan dan proses transaksi jadi lebih mudah dan praktis.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Indodax. Indodax merupakan platform jual beli aset digital yang sudah hadir sejak tahun 2014 silam. 

Indodax Exchange Trading

Indodax telah resmi dan legal terdaftar di Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), anggota dari Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI), Kementerian Perdagangan serta telah memiliki tiga sertifikasi ISO.

Hingga saat ini, ada lebih dari 8 juta member terverifikasi yang telah bergabung dengan Indodax. Tidak hanya Bitcoin saja, tersedia ratusan aset mata uang crypto yang bisa Anda beli, termasuk Cardano. Indodax juga dilengkapi dengan fitur yang membuatnya sebagai platform pilihan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari lebih detail lagi mengenai mata uang crypto Cardano coin (ADA) di Indodax melalui kanal edukasi yang bernama Indodax Academy. Anda bisa memanfaatkan kanal tersebut untuk belajar lebih banyak.

Setelah Anda memahaminya, selanjutnya bisa langsung melakukan pembelian atau penjualan mata uang crypto di Indodax, baik melalui website resmi maupun melalui mobile apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Semoga bermanfaat.


Sumber referensi :

https://www.liputan6.com/crypto/read/4905650/apa-itu-mata-uang-kripto-begini-penjelasannya

https://katadata.co.id/muchamadnafi/finansial/60d5a2c4583f4/crypto-mengenal-uang-kripto-sampai-cara-transaksinya

https://glints.com/id/lowongan/cryptocurrency-cardano/

https://pintu.co.id/academy/post/apa-itu-cardano

1 komentar untuk "Mengenal Mata Uang Crypto Cardano dan Keunggulannya"

  1. Saya sampai saat ini masih punya cardano dan memang semua koin lagi hancur. Semoga kembali naik sampai akhir tahun nanti

    BalasHapus