Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Backpacking ke Malaysia? Yuk, Intip Tips Berikut Ini!

Tips Backpacking ke Malaysia

Malaysia memang menjadi salah satu tempat destinasi liburan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahasa yang digunakan pun hampir sama, sehingga orang Indonesia bisa dengan mudah mengerti saat sedang melakukan perjalanan atau bertransaksi.

Selain itu, Malaysia juga memiliki transportasi umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat, terutama bagian Kuala Lumpur. Hal tersebut tentu saja akan memudahkan kamu untuk melakukan backpacking ke Negeri Jiran tersebut.

Menjadi backpacker memang tidak mudah, akan tetapi kamu bisa melakukannya dengan menggunakan beberapa cara yang akan memudahkanmu dalam bepergian. Selain itu, kamu harus memastikan telah memiliki persiapan yang matang, terutama untuk keamanan dan kenyamanan dalam bepergian. Dengan begitu, kamu bisa liburan dengan rasa tenang tanpa mengkhawatirkan apa pun.

Jika kamu masih bingung apa saja yang diperlukan saat ingin melakukan perjalanan ke Malaysia, jangan khawatir! Blogmashendra.com telah merangkum tentang beberapa cara untuk backpacking ke Malaysia.

Simak penjelasan berikut ini.

1. Pilih Akomodasi Terpercaya

Tempat menginap termasuk salah satu bagian krusial sat bepergian. Sering kali ditemui bahwa tempat penginapan yang tertera di gambar tidak sama dengan keadaan aslinya. Masalah ini cenderung membuat kecewa dan kapok bagi orang yang mengalaminya.

Untuk itu, kamu harus memilih akomodasi lewat aplikasi-aplikasi online terpercaya. Caranya mudah, kamu bisa melihat komentar dan tinjauan orang lain yang biasanya tertera pada bagian bawah tempat penginapan.

Selain itu, kamu bisa melihat rating sebuah penginapan yang akan memudahkanmu dalam menentukan tempat menginap. Jadi, selalu pastikan untuk membaca tinjauan terlebih dulu, ya!

2. Bawa Semua Dokumen Penting

Bepergian ke luar negeri mengharuskan kita untuk menyiapkan dokumen yang lengkap. Hal ini untuk menghindari kita dari kejadian yang mungkin kurang mengenakkan dan tentu akan melindungi kita jika terjadi sesuatu.

Lengkapi Dokumen Sebelum Backpacking ke Malaysia
Image : Canva.com

Dokumen juga bisa dijadikan sebagai data diri kita saat berkunjung ke negara lain. Untuk itu, kamu perlu memeriksa semua dokumen sebelum meninggalkan rumah. Dokumen yang penting tersebut juga termasuk ke dalam tiket pesawat dan paspor.

Selain itu, periksalah ketentuan bepergian ke Malaysia terlebih dahulu sebelum memesan tiket. Urus semua dokumen dari jauh-jauh hari, mulai dari Travel Authorization (TA), data vaksin, Polymerase Chain Reaction (PCR) dan lain-lain jika diperlukan. 

Meskipun terkesan ribet, tetapi kamu akan bisa bepergian dengan tenang jika semua dokumenmu lengkap. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya!

3. Selalu Bawa Cadangan Baterai

Malaysia memiliki banyak destinasi wisata yang cantik dan menarik. Hal ini tentu mengundangmu untuk selalu berfoto-foto menggunakan kamera ponsel maupun kamera biasa. Sebagai backpacker, baterai HP tentu sangat dibutuhkan. Cadangan baterai atau powerbank akan sangat berguna pada saat ponsel atau kamera yang kamu gunakan sedang kehabisan baterai.

Untuk itu, selalu sediakan cadangan baterai saat kamu pergi ke Malaysia ataupun tempat lainnya. Jangan lupa juga untuk mengisi daya cadangan baterai terlebih dahulu agar bisa langsung kamu gunakan saat bepergian.

Cadangan baterai juga tidak terlalu memakan tempat, sehingga bisa kamu selipkan di tas dengan mudah. Selain itu, pastikan kamu membawa plug adapter internasional, karena colokan listrik di Malaysia berbeda dengan Indonesia.

4. Gunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum saat menjadi backpacker memang akan sangat memudahkan kamu. Selain harganya yang murah dan akan menghemat pengeluaran, akses untuk menggunakan transportasi umum juga cukup luas. Kamu bisa dengan mudah menemukan kereta atau bus saat bepergian ke berbagai tempat.

Semua transportasi di Malaysia sudah terintegrasi, hal ini tentu akan membuat perjalananmu semakin nyaman. Meskipun aksesnya mudah dan terjangkau, kamu harus mengetahui di mana destinasi wisata di Malaysia yang ingin kamu kunjungi.

Tujuannya untuk menghindari kamu tersesat dan bingung saat ingin kembali ke tempat penginapan. Pastikan untuk membaca rute dengan benar, ya!

5. Berkunjung ke Tempat Oleh-oleh Murah

Sebagai turis, kamu pasti enggan untuk membeli oleh-oleh yang mahal, bukan? Untuk itu, pergilah ke tempat oleh-oleh yang murah dan tidak menguras isi dompet. 

Dengan begitu, kamu akan menghemat biaya bepergian serta mendapat oleh-oleh murah untuk teman dan keluarga. Kamu juga bisa membawa oleh-oleh dengan belanja secara grosir, tetapi pastikan jika kamu memiliki jatah bagasi yang cukup ya.

Di Malaysia, terdapat tempat belanja murah yang terletak di area Central Market, Kuala Lumpur. Di sana, kamu bisa berbelanja berbagai macam suvenir dengan harga yang murah. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke tempat oleh-oleh murah lainnya di Malaysia, seperti Sungei Wang Plaza, Jalan Petaling dan lain-lain.

Sebagai backpacker, kita sudah seharusnya memiliki rencana yang matang saat bepergian ke negara orang lain. Hal itu tentu untuk melindungi kita, sehingga membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. 

Itulah lima tips yang telah dirangkum khusus untuk kamu yang ingin backpacking ke Malaysia.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mau Backpacking ke Malaysia? Yuk, Intip Tips Berikut Ini!"