Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Fungsi dan Tujuan, Serta Contohnya

Surat lamaran pekerjaan dikirimkan oleh seseorang yang berniat ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan maupun instansi. Penulisan surat lamaran kerja ini tidak boleh asal-asalan dan harus diperhatikan, karena sifatnya yang resmi dan formal.

Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Image : Pixabay.com/StartupStockPhotos

Untuk informasi lebih jelas dan lengkap seputar surat lamaran kerja, berikut ini akan dijelaskan pengertian surat lamaran kerja beserta fungsi dan tujuan, serta contohnya.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat untuk menyampaikan informasi bahwa seseorang hendak melamar atau meminta pekerjaan pada perusahaan maupun instansi yang dituju.

Penulisan dan pengiriman surat lamaran kerja dibuat oleh pelamar atas kesadaran diri sendiri, dengan tujuan agar perusahaan tujuan mengetahui potensi calon pelamar. Pembuatan surat lamaran kerja tersebut ditujukan secara khusus bagi pimpinan perusahaan maupun HRD perusahaan.

Fungsi dan Tujuan Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa fungsi dan tujuan surat lamaran kerja, sebagai berikut :

Sebagai pembuktian bahwa pelamar sudah mengajukan permohonan kerja

Surat lamaran kerja menjadi bukti bahwa pelamar dengan penuh kesadaran sudah mengajukan permohonan pekerjaan pada suatu perusahaan atau instansi. Jika sudah dikirim, nantinya surat lamaran kerja yang diajukan akan dipelajari oleh perusahaan atau instansi tujuan sebagai bahan pertimbangan sebelum menerima seorang pelamar untuk bekerja.

Cara untuk menyeleksi kandidat bagi perusahaan

Meskipun seorang pelamar memiliki segudang prestasi, akan tetapi saat melamar pekerjaan belum tentu dia akan langsung diterima. Karena mungkin saja pelamar lainnya memiliki kualifikasi yang lebih baik dan mampu menunjukkan kemampuannya yang lebih baik.

Dari situlah betapa pentingnya fungsi surat lamaran pekerjaan bagi perusahaan untuk membandingkan satu kandidat dengan kandidat lainnya.

Media seleksi kandidat yang efisien

Bisa dibayangkan jika jumlah pelamar pekerjaan mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang, tentu waktu yang dibutuhkan untuk menyeleksinya sangat lama. 

Namun, dengan surat lamaran kerja yang dilampiri dokumen pendukung lainnya, bisa menghemat waktu proses seleksi. Nantinya pihak perusahaan akan menghubungi pelamar yang memenuhi kualifikasi saja, sehingga layak menuju ke tahap selanjutnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bandung, 6 April 2022


Perihal : lamaran pekerjaan posisi pemasaran

Yth. Pimpinan PT Sinar Gemilang Group

Jl. Suka Senang No. 11, Bandung

di tempat


Dengan hormat,


Sehubungan dengan adanya informasi iklan lowongan pekerjaan pada harian Berita Terpercaya tanggal 4 April 2022 sebagai Staf Marketing di PT Sinar Gemilang Group, saya bermaksud melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Berikut ini data pribadi saya :


Nama Lengkap : Rizwan Hamid, SE

Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 17 Desember 1992

Alamat Tempat Tinggal : Jl. Damai Sejahtera No. 5, Bandung

Domisili : Bandung

Pendidikan terakhir : S1 Manajemen Universitas Padjadjaran

Status : Menikah

Nomor HP : 081234567891

Email : rizwankece92@gmail.com


Saya lulusan dari Universitas Padjadjaran tahun 2014 dengan IPK 3,90/4,00. Saya berpengalaman sebagai Marketing di perusahaan Cahaya Terang selama 4 tahun sekaligus menjabat sebagai ketua divisi. Saya berkepribadian supel dan pandai bergaul, serta menyukai pekerjaan di lapangan.

Kemampuan berkomunikasi yang saya miliki akan menjadi pondasi kuat sebagai akuntant di cabang-cabang perusahaan Sinar Gemilang Group miliki Bapak/Ibu. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan daftar riwayat hidup dan dokumen-dokumen pendukung :

  1. Scan Tanda Pengenal (KTP)
  2. Scan Ijazah
  3. Scan Transkip Nilai
  4. Scan Surat Keterangan Bekerja
  5. Scan SKCK

Demikian surat lamaran pekerjaan sebagai Staf Marketing ini saya ajukan. Besar harapan saya mendapatkan kesempatan di perusahaan Sinar Gemilang Group yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,


(Rizwan Hamid, SE)

Demikian informasi mengenai pengertian, fungsi, tujuan dan contoh surat lamaran yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Fungsi dan Tujuan, Serta Contohnya"