Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan dan Pilihan Produknya Bagi Nasabah

Mengenal Asuransi Kesehatan

Hidup di zaman serba modern seperti sekarang ini, seseorang penting untuk memiliki yang namanya produk asuransi kesehatan. Sebab, tingginya biaya pengobatan di berbagai fasilitas kesehatan seringkali membuat banyak orang mengeluh.

Dengan adanya produk asuransi kesehatan seperti halnya berbagai pilihan polis AIA Insurance, maka seluruh biaya pengobatan dan perawatan bisa terlindungi oleh pihak perusahaan asuransi.

Bagi Anda yang ingin mengenal apa saja pilihan produk asuransi kesehatan, sebaiknya simak ulasan pentingnya di artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud Asuransi Kesehatan?

Secara umum, asuransi kesehatan merupakan produk dengan manfaat proteksi atau perlindungan finansial dengan memberikan dana santunan uang tunai atau uang pertanggungan atas biaya pengobatan dan biaya perawatan akibat sakit.

Cara kerja dari asuransi, yakni setiap pemegang polis asuransi / nasabah cukup membayarkan premi asuransi secara rutin per bulan kepada perusahaan asuransi, baru kemudian pihak asuransi akan meng-cover segala risiko finansial yang dialami nasabah akibat sakit yang diderita.

Hadirnya produk asuransi kesehatan ini juga turut memberikan manfaat proteksi kesehatan yang berbeda-beda dari setiap perusahaan asuransi yang dipilih setiap nasabah.

Biasanya, manfaat proteksi yang diberikan akan sangat bergantung pada polis asuransi yang dipilih.

Meski demikian, dari produk asuransi kesehatan ini secara umum, yakni sebagai berikut : 

  • Memperoleh uang pertanggungan rawat inap, mulai dari biaya kamar, obat-obatan dan berbagai manfaat lainnya
  • Mendapatkan uang pertanggungan rawat inap di ICU
  • Adanya perpanjangan polis sampai dengan nasabah lanjut usia
  • Memperoleh uang pertanggungan rawat jalan
  • Mendapatkan santunan tunai baiya pendamping
  • Memperoleh manfaat pengembalian premi asuransi

Macam-macam Asuransi Kesehatan

Pada dasarnya, jenis asuransi kesehatan dikelompokkan dalam dua macam, yakni asuransi konvensional dan asuransi syariah.

Meskipun memiliki perbedaan nama, akan tetapi kedua jenis asuransi kesehatan ini menawarkan manfaat yang sama, yakni sama-sama memberikan manfaat proteksi kesehatan bagi pemegang polis atau nasabah.

Kendati demikian, kedua jenis asuransi kesehatan ini memiliki perbedaan cukup signifikan dari segi izin dan pengelolaan dana perusahaan asuransi yang ada di dalamnya.

Pada asuransi kesehatan konvensional, biasanya memerlukan izin usaha dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perlu menggunakan prinsip dari transfer of risk.

Sementara untuk asuransi kesehatan syariah memerlukan izin usaha dari OJK dan pengawasan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia dan menggunakan prinsip usaha tolong menolong sesuai syariat Islam.

Cara Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Tepat

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli produk kesehatan, sebaiknya harus tahu dulu mengenai apa kebutuhan yang diperlukan dan pastikan pemilihan produk sesuai dengan anggaran yang Anda miliki saat ini.

Adapun ketika akan membeli produk asuransi kesehatan di pasaran, sebaiknya perhatikan hal-hal penting berikut ini :

  • Pilih produk asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat jalan
  • Pastikan limit asuransi telah sesuai dengan premi yang dibayarkan
  • Pastikan pemilihan premi asuransi telah sesuai dengan kemampuan finansial Anda
  • Cek perusahaan asuransi dan pastikan telah memiliki laporan keuangan yang baik
  • Pastikan membeli produk asuransi di broker asuransi terbaik dan terpercaya

Pilihan Produk Asuransi Kesehatan dari Perusahaan Asuransi Terpercaya

Banyaknya pilihan polis asuransi yang ada di Indonesia, sering kali membuat seseorang bingung dalam menentukan pilihan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Namun tenang, di sini ada beberapa pilihan produk asuransi kesehatan untuk jadi bahan pertimbangan bagi Anda.

Asuransi Kesehatan AIA

Perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan dengan berbagai pilihan polis terbaik. Salah satu polis asuransi terbaik yang ditawarkan di asuransi AIA, yakni AIA Premier Hospital & Surgical lantaran polisnya bisa diperpanjang sesuai dengan usia lansia mencapai 88 tahun.

Asuransi Kesehatan Allianz

Sama seperti perusahaan asuransi lain, Allianz juga menawarkan produk asuransi unggul dengan polis yang terbaik, yakni SmartHealth maxi Violet dengan limit tahunan yang tinggi dan manfaat pengembalian premi bagi nasabah.

Asuransi Kesehatan FWD

Berikutnya, ada yang ingin menemukan pilihan produk asuransi kesehatan dari perusahaan yang lain dengan pilihan polis beragam, bisa mengunjungi situs duitpintar.com/asuransi/kesehatan/ yang membahas seputar asuransi kesehatan secara lengkap.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan dan Pilihan Produknya Bagi Nasabah"