Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Bacaan Doa Tahlil Singkat Beserta Terjemahannya

Bacaan Doa Tahlil dan Terjemahannya

Doa tahlil merupakan salah satu bacaan dari dzikir, dengan berbagai manfaat yang didapatkan saat membaca kalimat tahlil. Sebagai salah satu bacaan favorit Rasulullah Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam. Sehingga untuk para umat Muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan kalimat tahlil.

Ada berbagai manfaat dan keutamaan dalam membaca kalimat tahlil, manfaat yang luar biasa sekali yang bisa menjadi bekal di akhirat nanti. Bahkan saking luar biasanya keutamaan dari kalimat tahlil ini yaitu bisa mengantar seorang hamba menuju surganya Allah.

Bacaan doa tahlil merupakan salah satu ritual yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Pada umumnya masyarakat akan membaca doa dengan maksud mendoakan jenazah yang baru meninggal atau saat ada acara tertentu sebagai bentuk rasa syukur.

Seperti dilansir dari NU Online, kegiatan tahlilan merupakan bentuk dari rasa syukur karena mendapatkan nikmat dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Juga bisa memperkuat keimanan kepada Allah dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar umat Muslim.

Pembacaan doa tahlil juga dilakukan di berbagai acara lainnya, seperti Ramadhan atau acara keluarga. Berikut ini beberapa bacaan doa tahlil.

Doa Tahlil Pertama

"Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirobbil'aalamiin. Hamdasy syaakiriin, Hamdan naa'imiin, hamday yuwaafii ni'amahuu wa yukaafi'u mazzidah, yaa robbanaa lakalhamdu kamaa yan baghii liljalaali waj-hika wa 'azhiimi sulthoonik. Allahumma shalli wa sallim 'alaa sayyidinaa muhamaad, wa'alaa aali sayyidina muhammad."

Doa Tahlil Kedua

"Allahumma taqobbal wa aushil tsawaba maa qoro'naahu minal qur'aanil 'azhiimi wamaa hallalnaa wa maa sabbahnaa wa mastaghfarnaa wa maa shollainaa 'alaa sayyidinaa muhammadin shollalahu 'alaihi wa sallama hadiyyatan washilatan wa rohmatan naazilatan wa barokatan syaamilatan ilaa hadhrotin habiibinaa wa syafii'inaa wa qurroti 'ayuninaa sayyidinaa wa maulaanaa muhammadin shollalahu 'alaihi wa sallam, wa ilaa jamii'i ikhwaanihii minal anbiyaa'i walmursaliina wal auliyaa'i wasy-syuhadaa'i wash-shoolihiina wash shohaabati wattaabi'iina wal 'ulamaa'il 'aalimiina wal mushoonnifiinal mukhlishiina wa jamii'il mujaahidiina fii sabiilillaahi robbil'aalamiin, wa malaa'ikatil muqorrobiin."

Doa Tahlil Ketiga

"Tsumma ilaa jamii'i ahlil qubuuri minal muslimiina walmulimaati walmu'miniina walmu'minaati mim masyaariqil ardhi ilaa maghooribihaa barrihaa wabahrihaa khushushon ilaa aabaainaa wa-ummahaatinaa wa-ajdaadinaa wajaddaatinaa wanakhush-shu khushuuson manijtama'naa haahunaa bisababihii wali-ajlihii."

Doa Tahlil keempat

"Allaahumma anzilir rohmata walmaghfirota 'alaa ahlilqubuuri min ahli laa ilaaha illallaahu muhammadur rasuulullaah. Allahumma arinal haqqo haqqo warzuqnat tibaa'ahu, wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabahu."

Doa Tahlil Kelima

"Robbannaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wafil aakhiroti hasanah waqinaa 'adzaaban naar. Subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuun, wasalaamun 'alal mursaliina walhamdulillahi robbil 'aalamiin."

Itulah beberapa bacaan doa tahlil dan terjemahannya, mulai dari doa tahlil yang pertama sampai doa tahlil yang terakhir. Selain itu kalimat tahlil juga sangat memberikan manfaat yang baik untuk umat Muslim.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Berikut Bacaan Doa Tahlil Singkat Beserta Terjemahannya"