Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akademi ESport LEAD by IndiHome. Asah Skill Jadi Pro Player!

IndiHome Resmi Luncurkan Akademi ESport

Jum'at, 10 September 2021 lalu, secara resmi IndiHome meluncurkan akademi eSport pertama mereka yang bernama LEAD atau Limitless ESport Academy. Dalam keterangan resminya yang dilakukan secara virtual, nantinya LEAD ini akan menjadi wadah bagi generasi muda yang ingin menjadi atlet eSport profesional.

Akademi LEAD by IndiHome ini mengusung konsep athlete enablement, yang akan memberdayakan sekaligus melatih seorang gamer (player) agar bisa menjadi seorang professional player (pro player). 

Dengan demikian bermain game saat ini tidak hanya sebatas hobi saja, melainkan bisa menjadi sebuah profesi yang bisa dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

Pres Rilis Program Akademi LEAD ESport
Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana

Seperti diungkapkan oleh Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana, "LEAD by IndiHome adalah tempat belajar bagi para player untuk menjadi atlet eSport yang unggul. Ia juga mengatakan, sebagai #InternetnyaIndonesia, IndiHome berkomitmen menghadirkan semangat dan cara pandang baru tentang gamer."

Melalui Akademi LEAD ini, IndiHome ingin mencari, mengumpulkan dan membentuk pemain yang memiliki daya saing hingga di level internasional sebanyak mungkin. Bersama para coach di Akademi LEAD, mereka bisa belajar menjadi atlet eSport yang hebat dan berkualitas.

Tidak hanya sekedar meningkatkan kemampuan bermain game saja, program di LEAD by IndiHome juga meningkatkan faktor mental layaknya pemain pro. Sehingga setiap pemain mampu mencapai yang teratas.

"Masalah terbesar yang terjadi saat ini adalah, tidak sedikit pemain yang mengenal game sebagai hobi saja, sehingga masih banyak yang belum memahami bagaimana perilaku dan bertindak layaknya seorang atlet profesional," seperti diungkapkan oleh Henov Iqbal Assidiq selaku head coach LEAD.

Game Pertama di Akademi LEAD

Dalam press rilisnya, IndiHome memilih game League of Legends: Wild Rift sebagai game pertama yang akan hadir di akademi LEAD ini. Game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games ini merupakan sebuah video game arena pertarungan daring multiplayer.

Game Pertama yang Digunakan di LEAD by IndiHome

Game ini sengaja dipilih karena Wild Rift termasuk game baru di Indonesia, akan tetapi telah memiliki ekosistem kompetitif yang matang, sehingga cocok dijadikan sebagai bahan percobaan di akademi LEAD.

Pendaftaran dan Skema Pembinaan LEAD by IndiHome

Untuk bisa bergabung dengan program LEAD ini, kamu bisa membuka laman : https://indihome.co.id/leadacademy/. Pendaftaran dimulai dari 10 September - 1 Oktober 2021 dan terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Seluruh peserta nantinya akan dibina langsung oleh para coach profesional dari LEAD by IndiHome.

Selanjutnya, mekanisme proses seleksi atlet e-Sport terdiri dari tiga fase, yakni Fase Kualifikasi (Qualification), Fase Pengembangan (Development) dan terakhir Fase Kelulusan (Graduation).

Fase kualifikasi (Qualification)

Seluruh peserta akan diseleksi melalui turnamen antar dua wilayah Barat dan Timur (target minimal peserta 284 tim) yang akan menghasilkan delapan tim (masing-masing empat perwakilan dari setiap wilayah dengan total ada 40 pemain) terbaik di Indonesia.

Fase pengembangan (Development)

Selanjutnya, delapan tim tersebut akan mengikuti fase pembinaan pertama. Materi-materi yang diberikan masih bersifat dasar. Pembinaan awal ini berlangsung selama dua setengah minggu.

Agar bisa lolos ke fase kedua, para peserta wajib mengikuti ujian seleksi untuk lolos ke pembinaan berikutnya. Pembinaan akan berlangsung selama dua bulan yang akan diikuti oleh 14 orang (awardee). Materi yang diberikan tingkat advance, termasuk pengetahuan tentang atlet.

Fase kelulusan (Graduation)

Di fase kelulusan, sebanyak 14 player terbaik yang telah menyelesaikan pendidikan dan lulus dari akademi akan dibagi ke dalam dua tim untuk mengikuti turnamen invitational pada 18 Desember 2021. Turnamen invitational tersebut berisi 4 tim undangan dan 2 tim akademi.

Benefit Bagi Player di Akademi LEAD by IndiHome

Agar bisa menjadi seorang pro player, setiap peserta wajib berlatih tanpa batas agar bisa memenangkan turnamen penentuan kelulusan di akademi e-Sport ini. Berikut benefit yang akan didapatkan jika player mengikuti program LEAD :

1. Player akan mendapatkan program pelatihan untuk menjadi seorang player eSport yang benar-benar bermental atlet.

Tidak semua pro player disebut atlet eSport, akan tetapi atlet eSport sudah pasti seorang pro player. Perbedaan paling fundamental terletak pada aspek mentalitasnya. Mereka para atlet eSport merupakan orang-orang pilihan yang siap ditempa sportmanship-nya.

2. LEAD by IndiHome memberikan kesempatan besar bagi para atlet eSport binannya untuk menjadi bagian dari tim/club eSport lintas negara dengan mengirim profil lulusan ke tim-tim dalam dan luar negeri.

Alasan IndiHome Meluncurkan Program LEAD by IndiHome

IndiHome merupakan layanan fixed broadband terkemuka milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. IndiHome menyediakan tiga layanan utama, yakni internet, telepon dan siaran tayangan tv. Sejauh ini, serat optik milik IndiHome telah membentang lebih dari 166 ribu kilometer, dari pusat kota hingga desa-desa terpencil di seluruh Indonesia.

IndiHome Luncurkan Program LEAD by IndiHome

Berikut alasan utama mengapa IndiHome membuka Akademi LEAD :

IndiHome ingin memberikan kesempatan bagi generasi muda di manapun berada untuk menyalurkan hobi bermain game, hingga menjadi sebuah profesi yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah level dunia.

LEAD by IndiHome yang mana sesuai dengan visi BUMN berperan sebagai agen pemerataan pembangunan nasional, sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini, IndiHome ikut mendukung perkembangan ekosistem olahraga elektronik (eSport), terutama melalui kaderisasi atlet eSport secara daring.

Bagi kamu yang mengaku sebagai seorang gamer,  buktikan kemampuan dengan cara gabung akademi wujudkan mimpi menjadi seorang gamer profesional. Asah bakatmu dan harumkan nama Indonesia di kancah internasional dalam ajang eSport.

Semoga bermanfaat.

16 komentar untuk "Akademi ESport LEAD by IndiHome. Asah Skill Jadi Pro Player!"

  1. Udah zamannya orang tua gak ngomel-ngomel lihat anaknya nge-game mulu, ya. Siapa tahu jadi profesi nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk sesuatu yang positif, sudah seharusnya didukung dong. Siapa tau suatu hari nanti jadi gamer pro, ye kan????

      Hapus
  2. Terimakasih banyak nih Informasi nya. Masih ada waktu ya sampai Oktober nanti untuk pendaftaran. Soalnya saya banyak teman dan sodara yg suka main game, siapa tahu mau ikutan daftar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya Mba Okti. Buruan daftar lho, sebelum kehabisan slot.

      Hapus
  3. Wah keren deh program Akademi ESport LEAD ini. Bisa ikut turnamen yah. Mana player akan mendapatkan program pelatihan pulak. Sekarang gamer ngga akan dipandang sebelah mati lagi, apalagi kalo udah jadi gamer profesional yang bisa mewakili bangsa di kancah internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya dilarang bermain game, tapi ketika sudah jadi gamer sukses, jadi didukung deh, hehehe.

      Hapus
  4. Saya kira eaport itu cuma berlatih sendiri2 ternyata sudah ada akademinya. saya cuma tahu ada beberapa sekolah yang memfasilitasi esport bagi muridnya tapi tetap jadi kontroversial sih soalnya seolah2 memperbolehkan para siswa bermain game..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semenjak hadirnya e-Sport, sudah banyak pelatihan atau akademi. Nah sekarang IndiHome juga ngadain akademi untuk mengakomodasi para gamer di seluruh Indonesia.

      Hapus
  5. Ikut gabung akademi seperti ini, nggak hanya dapat ilmu dan pengalamannya aja ya, tapi juga pelatihan seberapa besar sih mentalnya kuat.

    Kalau bisa melewatinya, pasti membanggakan banget, dan siap untuk tampil mantap di kancah internasional.

    Apalagi pas nanti berkompetisi dengan para eSport dunia. Cakep programnya 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget ada akademi gini, jadi membuka kesempatan bagi para player untuk meningkatkan skill bermain game.

      Hapus
  6. Jaringan Indihome luas ya, sampai ke desa-desa gitu. Menarik juga Indihome bikin akademi esport gini. Kalau dibimbing dan diarahkan dengan benar, mudah-mudahan nggak ada lagi cerita negatif tentang gamer (malas belajar, melawan ortu, antisosial, malas mandi, mencuri, abai pada kesehatan, bahkan meninggal saat nge-game).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah seharusnya jaringan sekelas IndiHome meng-cover seluruh Indonesia. Termasuk daerah 3T.

      Hapus
  7. Wah seru ini kalau e-sport sudah ada pelatihan/akademi. Mengasah atlet e-sport yang lebih serius pastinya yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, biar semakin banyak pro player dari Indonesia yang berbakat.

      Hapus
  8. Wahhh kabar gembira ini mah untuk para gamers di Indonesia. Jadi e-sport bukan sekedar hobi belaka yaa, tapi skill nya bisa juga dikompetisikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba. Silakan ikutan kalo hobi maen games.

      Hapus