Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran BukuWarung Pada UKM Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

BukuWarung Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Keputusan Presiden RI No. 99 Tahun 1998, pengertian usaha kecil adalah "Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencebah dari persaingan usaha yang tidak sehat."

Perekonomian suatu negara sangat bergantung dengan usaha yang dilakukan oleh warganya. Beberapa pengusaha mulai dengan modal kecil atau menengah. Dengan bantuan Pemerintah, usaha UKM dapat berkembang pesat.

Usaha mandiri yang bisa diupayakan pengusaha UKM adalah memilih jenis usaha yang populer dan strategi pengembangan yang jitu.

UKM adalah jenis bisnis yang dijalankan dengan skala kecil dan menengah serta bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan manapun. Jadi secara tidak langsung, pengertian UKM adalah usaha kecil memiliki pemasukan di bawah 300 juta dengan jumlah pekerja di bawah 20 orang.

Peran BukuWarung Bagi UMKM Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Sedangkan usaha menengah dengan pemasukan di bawah 500 juta dengan jumlah karyawan di bawah 30 orang.

UKM memiliki peran yang sangat penting di Indonesia, bahkan bisa dikatakan sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Untuk itu, Pemerintah memberikan pembinaan kepada seluruh UKM melalui Dinas Koperasi dan UKM di masing-masing Kabupaten/Kota.

Sama halnya dengan UKM, Pemerintah juga memberikan kriteria untuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), yaitu :

Usaha Mikro

  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta dan tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha
  • Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 300 juta

Usaha Kecil

  • Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta dan tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha
  • Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar

Usaha Menengah

  • Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar dan tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha
  • Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar

Peran BukuWarung Bagi UMKM di Indonesia

Oleh karena itu, ukm adalah salah satu aspek penting dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa, karena dengan adanya buku warung dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Peran BukuWarung Pada UKM Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi"

  1. Baru pahamm tentang ini apalagi sekarang ekonomi Indonesia menurun karena pandemi, eh engga dengar-dengar kabarnya Indonesia termasuk ke 20 negara dengan perekonomian tertinggi di dunia, lho. Tapi, itu juga dimulai dari hal-hal kecil seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau tumbuh besar, ya harus memperhatikan hal-hal kecil seperti ini. Ekonomi rakyat dibenahi dulu, salah satunya adalah peningkatan UMKM. Gimana caranya? Ya bisa dengan menghadirkan aplikasi untuk mengatur finansial, seperti Buku Warung.

      Hapus