Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anti Ribet! Berikut 5 Manfaat Mesin Kasir untuk Usaha

Manfaat Mesin Kasir

Semakin berkembang sebuah toko atau usaha, maka semakin ramai pembeli dan jumlah barang yang dijual pun semakin beragam. Dari sisi bisnis, situasi seperti ini tentu sangat menguntungkan, karena ini artinya bisnis mengalami perkembangan. Namun di sisi lain, aktivitas di toko semakin meningkat dan membuat penjual menjadi kewalahan.

Untuk mengantisipasi lonjakan transaksi yang terjadi di sebuah toko atau usaha, maka sebaiknya pihak toko memutuskan untuk menggunakan sebuah mesin kasir yang bisa membantu meringankan pekerjaan. Karena rasanya tidak mungkin lagi melayani pembeli secara manual.

5 Manfaat Mesin Kasir yang Menguntungkan

Di pasaran sendiri ada berbagai macam aplikasi maupun software kasir yang dapat kita program sesuai dengan kebutuhan toko atau minimarket. Dengan menggunakan software kasir ini, Anda akan memperoleh banyak manfaat. Berikut adalah 5 manfaat mesin kasir untuk usaha :

1. Pencatatan Data Barang Lebih Akurat

Jika skala toko atau tempat usaha Anda masih kecil, mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk mencatat barang-barang yang telah terjual setiap harinya. Lalu bagaimana jika barang yang terjual jumlahnya mencapai ratusan setiap harinya. Nah dengan bantuan mesin kasir ini, Anda akan lebih mudah untuk mencatat setiap barang yang masuk dan keluar dengan lebih akurat, sehingga membantu meminimalisir kesalahan dalam mencatat laporan penjualan.

2. Lebih Mudah Membuat Laporan Harian

Untuk mengetahui berapa besar jumlah pemasukan dan pengeluaran, biasanya Anda akan membuat laporan harian untuk toko atau usaha yang Anda jalani. Untuk lebih memudahkan Anda dalam membuat laporan harian, maka menggunakan mesin kasir adalah hal yang wajib Anda coba. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah menghitung laporan harian serta laporan jumlah barang yang keluar beserta pendapatan yang Anda peroleh setiap harinya.

3. Lebih Mudah Mengecek Persediaan Barang 

Manfaat mesin kasir berikutnya adalah membantu mengecek persediaan barang. Melakukan pengecekan barang dagangan secara manual, tentu saja akan menyita banyak waktu dan tenaga Anda. Apalagi usaha toko Anda cukup besar, tentu akan sangat merepotkan. Dengan bantuan mesin kasir, Anda akan mengetahui persediaan tiap barang yang dijual hanya dengan memasukkan kode barang untuk mengecek persediaan barang, tanpa perlu menghitung satu persatu.

4. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan mesin kasir, akan menghemat waktu dan juga tenaga. Transaksi menjadi lebih mudah, karena semua barang yang dijual berada di dalam software. Sehingga kita tidak perlu menghapal satu persatu barang dagangan, karena semuanya sudah tersedia di mesin kasir.

5. Analisa Bisnis

Anda juga bisa melakukan analisa bisnis yang Anda jalani. Dengan mesin kasir, Anda jadi mengetahui barang mana saja yang cepat terjual dan jarang dibeli. Dengan Anda mengetahui jenis produk yang slow moving lebih awal, maka Anda dapat mengambil keputusan dengan cepat untuk mengambil tindakan, agar produk tersebut bisa berubah menjadi fast moving (laku terjual).

Manfaat Mesin Kasir


Yuk Gunakan Aplikasi Kasir untuk Bisnis yang Lebih Mudah

Nah tunggu apa lagi, kini sudah saatnya Anda memutuskan menggunakan mesin kasir di setiap bisnis yang Anda jalani. Tidak peduli bisnis berskala kecil atau besar, keberadaan mesin kasir akan sangat membantu. Salah satu aplikasi mesin kasir yang direkomendasikan adalah POST.

POST adalah aplikasi kasir online atau point of sale (POS) berbasis cloud system yang didesain khusus dan dibekali fitur kekinian untuk membantu meningkatkan perkembangan usaha yang Anda jalani. Sehingga operasional toko akan berjalan lancar, mulai dari pembuatan laporan harian, penjualan produk hingga laporan keuangan.

Langkah Mudah Menggunakan Aplikasi Kasir POST 

1. Download aplikasi POST - Aplikasi Kasir di Google Play Store

2. Buat akun gratis dan login

3. Siapkan toko atau bisnis dengan melakukan :

- Tambah produk yang akan dijual

- Mulai berjualan dengan membuat transaksi

- Melihat transaksi yang sudah dilakukan pada riwayat transaksi

Aplikasi Kasir POST

Customer Care

Email : cs@post.app

Telepon : 021-50112000

Chat : https://post.app/

Instagram : https://www.instagram.com/postapp.id/

Demikian pembahasan yang bisa Blogmashendra.com sampaikan mengenai 5 manfaat mesin kasir yang perlu Anda ketahui, terutama bagi para pebisnis.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Anti Ribet! Berikut 5 Manfaat Mesin Kasir untuk Usaha"

  1. Efisiensi waktu dan tenaga terutama, sangat dibutuhkan di masa sekarang ini. Keberadaan mesin kasir yang seperti ini, pasti banyak yang membutuhkan ya kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kang, biar gak ribet untuk rekap transaksi atau laporan, ya sebaiknya pakai mesin kasir aja, biar lebih praktis...

      Hapus