Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Junk Food Bisa Membuat Asam Lambung Naik, 'Kok Bisa?

Junk Food

Siapa yang tidak suka dengan junk food? Makanan cepat saji ini sangat digemari berbagai kalangan, terutama anak milenial. Kini sudah bertebaran kafe dan restoran yang menjual makanan junk food. Meskipun enak, sayangnya banyak dampak buruk yang timbul akibat mengonsumsi junk food berlebihan. Misalnya, seperti obesitas yang disebabkan oleh banyaknya kandungan gula serta lemak jenuh pada junk food.

Kandungan zat gula yang tidak dapat terurai dalam tubuh dapat meningkatkan risiko diabetes melitus pada seseorang. Oleh karena itu, semakin sering mengonsumsi junk food, maka risiko diabetes pun semakin dekat menghantui.

Selain itu, junk food juga bisa membuat seseorang mengalami kenaikan asam lambung. Kondisi ini disebut juga dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Asam lambung pada dasarnya disebabkan oleh terbukanya katup dari sfingter esofagus bawah yang seharusnya tertutup. Kondisi ini dapat menyebabkan isi perut naik (terutama asam lambung) menuju kerongkongan bahkan membuat muntah.

Mengapa junk food bisa membuat asam lambung naik?

Biasanya, junk food mengandung kolesterol, lemak jenuh, serta kalori yang sering dikaitkan dengan terjadinya refluks pada lambung. Refluks ini dapat menyebabkan terjadinya kenaikan asam lambung. para ahli mengatakan bahwa lemak dari makanan yang dikonsumsi dapat memicu gerakan dorongan pada otot halus kerongkongan dan terjadilah asam lambung naik.

Terlebih, selain makanannya yang bisa memicu dampak buruk bagi tubuh, junk food juga sering dikonsumsi bersamaan dengan minuman yang mengandung tinggi kalori, seperti soda.

Cara mengatasi asam lambung naik

Mengonsumsi junk food sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan tidak terlalu berlebihan guna mencegah berbagai penyakit jangka panjang yang tidak diinginkan, termasuk naiknya asam lambung. Lalu, bagaimana mengatasi asam lambung naik, karena kebiasaan mengonsumsi makanan jenis ini?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, termasuk mencoba berbagai pengobatan alami untuk mengatasi asam lambung naik, berikut caranya :

1. Kunyit

Kuniyit mengandung kurkumin yang bersifat anti peradangan. Sifat kurkumin tersebut dapat mencegah peradangan yang mungkin terjadi di kerongkongan. Cobalah mengonsumsi wedang kunyit ketika asam lambung naik.

2. Adas

Sama seperti kunyit, adas juga memiliki sifat peradangan. Oleh karena itu, adas dapat dijadikan obat alami dalam meredakan rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh kenaikan asam lambung.

3. Madu dan royal jelly

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa madu memiliki segudang manfaat, termasuk meredakan asam lambung naik. Madu serta royal jelly dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada ulu hati serta mencegah muntah yang diakibatkan oleh kenaikan asam lambung.

4. Nanas

Kandungan enzim bromelin yang terdapat pada buah nanas bermanfaat dalam memecah protein. Kondisi ini membuat gas pada lambung menjadi tidak berlebih karena protein dengan cepat bisa dipecah.

5. Daun mint

Banyak jenis daun mint, seperti misalnya peppermint dapat membantu mengosongkan lambung dengan cepat. Daun yang memiliki sensasi dingin tersebut juga dapat membuat kram yang timbul akibat kenaikan asam lambung menjadi teratasi. Meskipun demikian, daun mint tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien GERD.

6. Akar manis

Akar manis atau dalam istilah lain disebut dengan licorice telah terbukti dalam mengatasi asam lambung. Jika dikonsumsi ketika asam lambung naik, akar manis dapat mempercepat penyembuhan luka pada kerongkongan akibat kenaikan asam lambung.

7. Jahe merah

Beberapa manfaat jahe merah untuk mengatasi masalah lambung :

- Menghilangkan kembung

- Mengatasi mual dan muntah

- Mempercepat pengosongan lambung

Selain menggunakan bahan alami untuk mengatasi kenaikan asam lambung, Anda juga bisa mengatasinya dengan minum obat antasida yang bersifat penetral asam lambung, contohnya seperti promag.

Promag Atasi Asam Lambung Naik

Semoga bermanfaat.

4 comments for "Junk Food Bisa Membuat Asam Lambung Naik, 'Kok Bisa?"

  1. Replies
    1. Sama-sama Bang Day. Terima kasih juga sudah mampir ke blog ini

      Delete
  2. Semua yang berlebihan emang gak baik. Kalau saya yang punya asam lambung, belum berani makan makanan kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hindari dulu jenis makanan seperti ini Mas, biar lambungnya benar-benar siap, baru deh bisa coba mulai perlahan makan junk food ini

      Delete

Berlangganan via Email