Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman dan Cara Top Up Gopay di Alfamart dengan Mudah

Cara Top Up Gopay di Alfamart

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat saya top up saldo Gopay di Alfamart. Jadi jalan ceritanya begini, awalnya saya mau setor tunai ke bank Mandiri, berhubung jarak dari rumah lumayan jauh, dan kalau setor ke bank tentu saja harus antri, yang mana antriannya sangat panjang. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, penerapan social distancing pasti diberlakukan. Ah daripada harus repot-repot, saya pilih Alfamart untuk transfer ke rekening Mandiri.

Berangkatlah sore itu, saya, si bungsu dan istri ke Alfamart di dekat rumah. Sementara awan sudah mulai gelap, pertanda sebentar lagi hujan. Meski banyak yang bilang mendung tidak berarti hujan, tapi faktanya tetap saja hujan. Apalagi saya tinggal di dekat Bogor, Kota Hujan.

Setelah memarkirkan motor di pelataran Alfamart, saya langsung pulang menuju kasir. Menurut info dari sang kasir, untuk bisa setor atau transfer ke rekening bank, harus menyiapkan fotocopy KTP, mengisi form dan membayar biaya sebesar IDR 15.000. Sayangnya saya tidak membawa fotocopy KTP. Mau fotocopy dulu, jauh. Sementara hari sudah semakin sore dan mendung.

Alternatif lainnya, saya pun memilih untuk top up ke Gopay saja. Toh nantinya dari Gopay bisa transfer ke rekening bank. Biaya top up Gopay di Alfamart sebesar IDR 2.000 per transaksi. Maksimal sekali top up saldo Gopay sebesar IDR 500.000.

Berhubung saya mau top up IDR 1.500.000, si Mba kasir yang pakai jilbab itu melakukan 3 kali top up dengan biaya 3 x IDR 2.000 = IDR 6.000. Kalau dihitung, biayanya jauh lebih murah daripada biaya transfer ke rekening bank. Prosesnya juga tidak ribet. Tidak perlu isi form dan tidak perlu nunjukkin fotocopy KTP segala.

Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, sang kasir akan menanyakan apakah tipe akun Gopay kita untuk customer atau untuk driver (Gojek). Karena mereka punya mekanisme yang berbeda untuk top up saldo Gopay.

FYI, Gopay Customer merupakan akun dompet digital yang digunakan untuk sendiri. Sementara Gopay Driver adalah akun dompet digital yang digunakan khusus untuk para driver Gojek (Go-car maupun Go-ride).

Setelah proses top up selesai, saya pun langsung menyerahkan uang IDR 1.500.000 ke kasir. Saya juga dikasih struk sebagai tanda bukti. Setelah transaksi selesai, seperti biasa, giliran si kecil yang minta jajan di Alfamart.

Berapa Lama Saldo Gopay Akan Terisi?
Proses top up saldo Gopay ternyata butuh waktu yang tidak bisa kita prediksi. Tergantung dari sistem Gopay itu sendiri. Pengalaman saya saat top up saldo Gopay di Alfamart sekitar 30 menit, saldo baru masuk ke akun Gopay saya. Jadi Anda harus sabar menunggu ya. Nunggu si dia saja Anda bisa, masa nungguin saldo Gopay tidak bisa!?

Ketika Anda sudah top up saldo Gopay, namun saldonya masih belum masuk juga, tidak perlu risau, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk memastikannya :

1. Pastikan Anda terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil
2. Pastikan nomor ponsel yang Anda masukkan sudah benar dan telah terdaftar di akun Gojek Anda
3. Nomor ponsel yang terdaftar masih aktif digunakan
4. Pastikan transaksi Anda telah "terekam" di History
5. Tutup dan buka kembali aplikasi Gojek di ponsel Anda
6. Tunggu maksimal hingga 2 hari kerja setelah Anda top up saldo Gopay

Kalau Anda sudah memastikan ke-6 point di atas tersebut, namun saldo Gopay masih belum masuk juga, maka Anda bisa klik tombol email di aplikasi Gojek untuk membuat laporannya. 

Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Top Up Saldo Gopay di Alfamart
Sebelum Anda memutuskan untuk mengisi saldo Gopay ke Alfamart, maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini agar proses pengisian saldo berjalan dengan baik.

1. Pastikan ke kasir status akun Gojek Anda, apakah untuk customer (non driver) atau untuk driver Gojek
2. Pastikan akun Gojek Anda sudah upgrade ke premium agar bisa melakukan transfer ke bank (khusus bagi yang mau transfer ke bank lewat Gopay)
3. Membayar biaya top up saldo Gopay sebesar IDR 2.000 per transaksi

Nah demikian pengalaman saya saat mengisi saldo Gopay ke Alfamart. Ternyata Alfamart itu memang banyak bisanya. Dan langkah ini merupakan alternatif yang bisa Anda pilih jika Anda malas datang ke ATM atau saldo m-banking Anda telah kosong.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengalaman dan Cara Top Up Gopay di Alfamart dengan Mudah"

Berlangganan via Email