Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Playlist YouTube atau Daftar Putar dengan Mudah

Cara Membuat Playlist YouTube

Mendengarkan musik saat beraktivitas tentu sangat menyenangkan. Selain bisa mengusir rasa jenuh, juga bisa menambah semangat. Mendengarkan musik dinilai jauh lebih baik daripada mendengarkan suara jeritan mantan. Hiiii...😔!! Hal inilah yang biasa saya lakukan sebelum memulai menulis. Saya menyiapkan beberapa video musik favorit untuk dimasukkan ke dalam playlist YouTube atau daftar putar. Aktivitas ngeblog pun jadi tambah semangat.

Seiring berkembangnya teknologi, urusan mendengarkan musik atau menonton video menjadi semakin mudah. Selain kita bisa mendengarkan musik melalui kepingan VCD/DVD, atau perangkat digital lainnya, kita juga bisa mendengarkan musik langsung dari YouTube. Apalagi di YouTube, kita bisa memilih banyak video yang kita inginkan. 

Agar tidak ada kendala saat streaming melalui YouTube, pastikan jaringan internet yang kita gunakan harus stabil dan juga cepat.

Setelah berlangganan Indihome, saya lebih memilih mendengarkan musik secara langsung dari YouTube. Kebetulan memang DVD satu-satunya milik saya sudah saya jual, jadi saya hanya mengandalkan speaker aktif Polytron PAS 79 untuk mendengarkan musik.

Nah kabar baiknya, kita bisa memilih video favorit di YouTube untuk kita masukkan ke dalam sebuah folder (playlist) dan bisa kita putar secara kontinyu. Artinya kita bisa memutar daftar video favorit tanpa terselingi oleh video lainnya. 

Lantas, bagaimana cara membuat playlist YouTube atau daftar putar di YouTube? Penasaran mau tahu cara bikinnya? Simak yuk tutorial-nya di sini. Gambarnya pun tersedia, dan penjelasannya ada di bawahnya.

Cara Membuat Playlist YouTube

1. Masuk ke Akun YouTube

Langkah pertama, tentu kita harus terhubung ke akun YouTube. Kalau belum punya, ya bikin dulu. Cukup dengan sign up ke akun Google, maka secara otomatis kita sudah punya akun YouTube. Kita bisa login ke akun YouTube dari ponsel maupun laptop/komputer. Pada praktik kali ini saya memilih untuk terhubung ke akun YouTube melalui ponsel, biar lebih efisien.

Tujuannya apa? Agar nantinya daftar video favorit yang kita atur akan tersimpan. Jadi ketika kita masuk ke akun YouTube kita, maka secara otomatis playlist tersebut akan terlihat. Cara ini juga dinilai lebih efisien, karena kita tidak perlu login berulang kali ke akun YouTube. 

2. Pilih Video yang Diinginkan

Setelah login ke akun YouTube, selanjutnya kita pilih video yang ingin kita simpan ke playlist. Caranya cukup mudah, cukup ketikkan judul video di kolom pencarian (search), lalu klik gambar kaca pembesar, maka nanti akan muncul.

Kalau sudah ketemu, kita klik menu simpan untuk menyimpan video ke dalam playlist. Tapi sebelumnya, kita buat dulu folder (create playlist). Misalnya dalam hal ini saya menyimpan video musik 'Ode To My Family - The Cranberries' ke dalam folder 'Memories Band'. Karena lagu jadul ini adalah salah satu musik favorit saya, hehehe...

Daftar putar yang sudah kita buat, bisa kita atur sebagai berikut :

- Public : semua orang bisa melihat dan memutar playlist yang kita simpan

- Unlisted : hanya orang yang terhubung dengan link saja yang bisa melihat playlist yang kita simpan

- Private : playlist tidak bisa diakses oleh orang lain, apalagi mantan. Hanya kita sndiri yang bisa mengaksesnya

3. Putar Playlist

Nah kalau daftar video favorit sudah disimpan, playlist di YouTube bisa mulai kita putar. Tapi kadang kala ada saja iklan yang muncul di antara video tersebut. Tapi jangan khawatir, iklannya bisa kita skip loh. Agar memudahkan pencarian folder playlist, buat playlist sesuai dengan kategori videonya. 

Misalnya kalau nama playlist-nya 'Memories Band', ya jangan dimasukkin musik koplo juga dong. Kan tidak nyambung. Atau sebaliknya, plalist-nya 'Koplo', tapi isi videonya Bon Jovi.. Nanti yang ada malah lagu Bon Jovi jadinya begini "Yeah, I will love you, baby... Always... Hae... Hae... Tumpak Dungdung Jess".

Kurang lebih caranya seperti itu, agar kita bisa memutar playlist favorit di YouTube. Mudah bukan? 

Dengan adanya playlist seperti ini, dijamin bisa bikin aktivitas kita menjadi lebih bersemangat, karena kita bisa memutar hanya lagu-lagu favorit saja, tanpa tercampur dengan lagu lainnya. Semoga cara membuat playlist atau daftar putar di YouTube ini bisa memberikan pencerahan kepada Anda.

Selamat mencoba!

2 comments for "Cara Membuat Playlist YouTube atau Daftar Putar dengan Mudah"

  1. Caranya sangat mudah ya
    Apalagi bagi yang sudah punya channel youtube
    Pastinya tidak asing lagi dengan istilah playlist.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau Anda sih tinggal merem aja udah bisa langsung praktik suhu...

      Delete

Berlangganan via Email