Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sayur Lodeh yang Bisa Anda Coba

Resep Sayur Lodeh

Ada banyak aneka ragam menu sayuran yang ada di Indonesia, salah satunya adalah sayur lodeh. Selain enak dan gurih, sayur lodeh ini banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Nah, bagi Anda yang ingin membuat sayur lodeh sendiri di rumah, berikut resep sayur lodeh yang bisa Anda coba :

1. Sayur Lodeh Khas Jawa Barat

Bahan-bahan Bumbu Halus :

- Ebi kering 2 sendok teh, dan rendam dalam air panas sampai terasa empuk

- Kemiri 4 butir

- Terasi 1 sendok teh

- Bawang putih 4 siung

- Bawang merah 6 siung (bisa dicampur dengan bawang biasa)

- Garam 4 sendok teh

- Ketumbar bubuk 1 sendok teh

- Kencur bubuk 1 sendok teh

Bahan-bahan Bumbu Tambahan :

- Cabai hijau 3, diiris tipis-tipis

- Daun bawang 3 batang, dipotong ukuran 2 cm

- Gula Jawa 3 sendok teh atau 1 sendok makan, untuk menumis

- Air 8 gelas

- Santan kental ½ kaleng

- Cabai merah 3, iris tipis-tipis

- Daun salam 4 lembar

- Lengkuas 4, diiris tipis-tipis

Bahan-bahan Sayuran :

- Tempe 1 potong

- Labu siam 2 buah

- Kacang panjang 1 ikat

- Terong ungu 1 buah

Cara Memasak :

- Haluskan bahan dari bumbu halus terlebih dulu dengan menggunakan blender atau food processor atau menggunakan alat yang lainnya

- Tumis bahan 2 sendok minyak sayur (canola) dan bumbu halus

- Campurkan bumbu tambahan, dan tumis sampai wangi

- Setelah itu campurkan sayuran yang sudah dipotong tersebut

- Kemudian pindahkan ke dalam panci yang berukuran cukup besar, dan tambahkan air serta santan kental

- Lalu masak hingga sayuran menjadi empuk dan matang

- Selesai


2. Sayur Lodeh Nangka

Bahan-bahan :

- 300 gram labu siam, potong

- 2000 cc santan dari 2 butir kelapa

- 3 cm lengkuas

- 3 siung bawang putih (halus)

- 1 buah terong, potong

- 200 gram nangka muda, potong

- 100 gram daun melinjo muda

- 2 lembar daun salam

- 2 sendok teh gula merah sisir/gula pasir

- 2 cm kencur (halus)

- 8 kacang panjang, potong-potong

- 3 buah cabai hijau, iris

- ½ sendok teh ketumbar

- 2 sendok makan garam

- 3 butir kemiri sangrai (halus)

- 8 butir bawang merah (halus)

½ sendok teh terasi goreng

Cara Memasak :

- Pertama rebus santan, bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum

- Masukkan nangka muda, garam dan gula merah, kemudian rebus sampai matang

- Masukkan labu siam, terong, kacang panjang, cabai hijau dan daun melinjo. Lalu masak hingga matang

- Selesai

sayur lodeh enak


3. Sayur Lodeh Khas Jawa Timur

Bahan-bahan :

- 10 buah pete, potong belah dua

- 3 butir kemiri (halus)

- 1.200 ml air

- 4 cm lengkuas, memarkan

- 300 gram kerecek basah, potong serasi

- 2 lembar daun salam

- 250 ml santan

- 2 sendok teh garam

- 2 sendok teh gula pasir

- 4 buah cabai hijau diiris menyerong

- 200 gram nangka muda, dipotong

½ sdt terasi

- 100 gram kacang panjang, potong sebesar jari telunjuk

- 100 gram tempe potong dadu

- 8 lembar daun melinjo

- 2 cm jahe, memarkan

- Minyak goreng secukupnya

- 1 buah cabai merah besar (halus)

- 4 butir bawang merah (halus)

- 4 siung bawang putih (halus)

- 1 ruas jari kunyit

- 1 sendok makan ketumbar

Cara Memasak :

- Panaskan air, lalu rebus kerecek, lengkuas, daun salam, jahe, garam dan gula hingga empuk

- Lalu panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan pete. Setelah pete layu, kemudian masukkan tumisan plus pete ke dalam rebusan

- Masukkan nangka muda, kemudian masak sampai empuk

- Tuangkan santan dan masak hingga mendidih

- Selesai

Semoga bermanfaat

6 comments for "Resep Sayur Lodeh yang Bisa Anda Coba"

  1. Saya sukanya sayur lodeh nangka bang, apalagi kalo cabe hijaunya agak banyak, rasanya pedas tapi enak sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tambah mantap tuh mas, tapi kalo sayur lodeh mah memang enak kok, apalagi kalo ditambah sambal dan telur goreng

      Delete
  2. aku doyan nih sayur lodeh, apalagi kalau masih panas gitu, trus ikannya ikan asin, sambel, enakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm, penikmat sayur lodeh juga toh. Kalo saya bakalan ditambah telor dadar plus sambal dan kerupuk putih

      Delete
  3. Aku terbiasa Ama lodeh khas Jawa timur mas. Krn dulu pas aku msh kecil, babysitterku orang Pacitan. Jadi dia srg bikinin makanan yg kebanyakan khas Jawa timuran, dengan sedikit pedes :D. Makanya lidahku LBH cocok yg begitu :).

    Sayur lodeh ini biasa aku minta asistenku bikin kalo udh bingung mau masak apa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip deh, sayur lodeh memang salah satu sayur yang banyak digemari, karena cocok dengan ragam menu lainnya, apalagi kalau ditambah dengan sambal, pasti mantap rasanya.

      Delete

Berlangganan via Email