Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menata Rumah Minimalis Ala Blog Mas Hendra

Tips Menata Rumah Minimalis

Memiliki rumah yang dilengkapi dengan dapur, kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu yang nyaman sesuai dengan fungsinya, tentu akan membuat siapapun yang tinggal di dalamnya merasa betah. Namun terkadang kita khilaf membeli furniture, tanpa memperhatikan ukuran ruang di rumah, sehingga rumah penuh sesak dengan furniture dan rumah terlihat lebih sempit.

Biasanya hal ini sering kita jumpai pada sepasang pengantin baru atau keluarga kecil yang baru pindah ke rumah baru. Tanpa memperhatikan nilai estetika suatu ruang, kita belanja furniture yang ukurannya kurang sesuai dengan luas ruang.

Hal ini disebabkan karena kebanyakan dari kita lebih mengutamakan model furniture yang menarik dibanding ukuran furniture tersebut. Jika ukuran rumahnya besar, tidak terlalu jadi masalah, karena bisa memuat banyak furniture.

Lantas, bagaimana jika rumahnya berukuran minimalis, pasti rumah akan terasa sesak dan sempit. Nah, agar kejadian ini tidak menimpa kamu, ada baiknya perhatikan tips berikut bagaimana cara menata furniture di rumah minimalis berikut ini.

Menata Ruang Tamu

Jika ukuran ruang tamu tidak terlalu besar, usahakan mengisi ruang tamu dengan furniture berukuran kecil dan tidak terlalu memakan tempat. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari ruang tamu terlihat menjadi sempit. 

Kamu bisa memilih model sofa yang terpisah, sehingga kamu bisa bebas meletakkan sofa sesuai kebutuhan. Kamu juga jadi lebih mudah menata ruang tamu sesuai selera, karena sofa bisa dipindahkan ke tengah atau sudut. Dengan begini, ruang tamu juga tidak terlihat monoton dan membosankan.

Selain itu, untuk menambah keindahan di ruang tamu, kamu bisa memajang beberapa hiasan agar terlihat tidak membosankan dan tampak lebih berwarna. Hiasan rumah sudah banyak dijual di toko online.

Menata Kamar Tidur

Ukuran kamar tidur pada umumnya tidak lebih besar dari ruang tamu. Sebaiknya kamu memilih tempat tidur yang ukurannya tidak terlalu besar. Kamu bisa memilih tempat tidur tingkat, sehingga masih ada sedikit space yang bisa digunakan untuk menyimpan furniture lainnya.

Biasanya kamar tidur tingkat juga lebih disukai oleh anak-anak. Selain itu tempat tidur tingkat dengan beragam karakter dan bentuk yang unik sudah banyak ditemui di pasaran. Pastikan memilih tempat tidur yang aman, nyaman dan kuat.

Menata Dapur Terlihat Lebih Indah

Biasanya dapur terletak di bagian belakang rumah. Dapur menjadi tempat paling pas untuk menyimpan kulkas, rak piring, dispenser hingga mesin cuci. Jika rumah kamu minimalis, maka dapurmu akan penuh sesak, sehingga aktivitas memasak menjadi kurang nyaman, karena ruang gerak yang terbatas.

Memasang Rak Piring Gantung di Dapur Minimalis

Kamu bisa menyiasatinya dengan menempatkan rak piring yang digantung di dinding dapur. Jangan terlalu banyak meletakkan semau peralatan makan di rak piring gantung, karena terlalu berat bebannya.

Menambahkan Keramik di Tembok Dekat Kompor

Sebaiknya letakkan perlengkapan memasak dan makan yang rutin kamu pakai setiap hari di rak piring gantung tersebut. Sisa perlengkapan makannya, bisa kamu letakkan di bawah kompor. Kamu bisa membuat laci atau lemari baru di bawah kompor / washtafel, sehingga lebih menghemat tempat.

Menata Tembok Dapur Dekat Kompor

Selain itu, agar tembok di dekat kompor tidak kotor terkena cipratan minyak, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan keramik dinding dengan gambar dan karakter favorit pilihan kamu. Biayanya cukup terjangkau. Dengan begini, dapur kamu terlihat menjadi lebih sedap dipandang dan memasak pun menjadi lebih betah.

Perhatikan Ventilasi di Dapur

Perhatikan ventilasi dapur, usahakan untuk memberikan udara segar masuk ke rumah agar sirkulasi udara di dapur menjadi lebih baik dan tidak engap. Pemilihan rumah HOOK (tepi jalan) tentu jauh lebih baik, karena kamu bisa menambahkan pintu samping di dekat dapur.

Selain itu, kamu perlu memasang genteng berwarna bening tepat di atas dapur, agar cahaya bisa tembus masuk ke dalam dapur, sehingga dapur tidak terkesan gelap dan engap.

Demikian tips menata rumah minimalis yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga bisa menambah wawasan sekaligus bisa memberikan ide bagi kamu yang memang ingin merenovasi umah atau menata rumah minimalis.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Menata Rumah Minimalis Ala Blog Mas Hendra"