Biaya Turun Mesin Honda Supra X 125

Kondisi Motor Saat Mesin Dibelah - Blog Mas Hendra
 
Buat teman-teman yang memiliki kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil, jangan menganggap sepele yang namanya servis rutin, cek ringan maupun cek berat. Karena kejadian nggak mengenakkan pernah saya alami sewaktu mengendarai sepeda motor saat berangkat kerja.


Sewaktu berangkat kerja siang hari, si Supra, sebut saja begitu, tiba-tiba mogok di tengah jalan dan "ngambek" nggak mau jalan lagi. Untung saja kondisi lalu lintas nggak terlalu ramai, jadi saya nggak ketabrak dari belakang, padahal situasi di depan Hotel Sultan (dulu namanya Hotel Hilton) biasanya ramlan (ramai lancar).
 
Alhasil saya pun harus mencari bengkel sekitar yang jaraknya lumayan jauh. Saya ketemu mantan bengkel di daerah Benhil, Jakarta Pusat.
 
Sesampai di bengkel, ternyata banyak motor, ya iyalah, kalo banyak tahu namanya tukang tahu. Saya ceritain semua masalahnya dari A-Z, terus dari Z-A lagi. *disambit pake obeng...

Suasana Bengkel Motor di Benhil - Blog Mas Hendra
Suasana salah satu bengkel motor di daerah Benhil, Jakarta Pusat

Ketika dicek sama mas-mas bengkel, dia bilang baut tutup olinya lepas. Jadi semua olinya tumpah di jalan. Saya cuma melongo sambil ngeliatin tukang gorengan di samping bengkel. Hmmm... Pantas saja mesin motor berasap seperti mau terbakar, lah wong nggak ada olinya. Berhubung nggak ada waktu banyak, mas-masnya cuma ngakalin pakai baut lainnya biar nggak lepas lagi, walau cuma sementara. Dan otomatis saya pun membeli oli baru lagi.
 
----
 
Pada saat libur kerja, saya pun menyempatkan untuk mengecek kondisi motor saya ke bengkel motor biasa (non resmi). Karena kasus kerusakan pada baut tutup oli harus dilakukan pembelahan pada bagian mesin motor, orang bengkel nyebutnya belah mesin atau turun mesin.

Penyebab dari lepasnya baut tutup oli adalah kerusakan pada lobang  baut yang dol/longgar, akibat dari kasarnya perlakuan sewaktu buka tutup baut ketika melakukan penggantian oli rutin. Jadi sewaktu ganti oli, harap pelan-pelan sewaktu membuka bautnya, karena kalo nggak, lama kelamaan bisa longgar lobang bautnya. Dan solusinya harus belah mesin untuk dilakukan pengelasan pada bagian lobang bautnya di bengkel bubut. Hmmm.. Bendanya kecil, tapi ribetnya luar biasa kalo sudah rusak.

Total seluruh biaya turun mesin Honda Supra X 125 di bengkel sebesar Rp. 800 ribuan. Dengan penggantian pada part piston, paking full set, ring seher, biaya pengelasan di bengkel bubut, biaya servis dan lain sebagainya. Mungkin bisa lebih atau bisa juga kurang, tergantung dari tingkat kerusakan. Dan biasanya kalo sudah ada satu part yang rusak, akan merembet ke part yang lainnya.

Baca juga artikel : Tips Menghindari Antrian di Bengkel Resmi.

Saya rasa harga di setiap bengkel nggak akan jauh berbeda, baik itu bengkel resmi maupun bengkel non resmi. Lama si Supra menginap di bengkel selama 3 hari, nggak termasuk breakfast dan dinner, dengan garansi 1 bulan bila ada kerusakan.
 
Setelah kejadian tersebut, saya lebih ekstra waspada lagi terhadap kondisi motor saya. Sebelumnya saya tune up dan ganti oli setiap 3 bulan sekali, tapi sejak kejadian itu, saya pun rutin untuk tune up dan ganti oli ke bengkel setiap bulannya, agar terkontrol dengan baik. Jadi jangan anggap sepele ya guys...

Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

- Sakit Demam Berdarah
- Makna Gambar di BBM

You May Like This :


EmoticonEmoticon