Pengalaman Menginap di Kamar Keluarga Fatmawati Deluxe


Mencari penginapan murah di Jakarta saat ini jauh lebih mudah kalau dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Saya masih ingat betul, gimana sulitnya mencari penginapan murah di Jakarta kala itu. Mau staycation saja rasanya perlu kerja keras banget buat mencari tempat untuk menginap. Beruntung banget, di era serba digital seperti sekarang ini, kalian yang hobi staycation tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah tersedia banyak penginapan murah yang tersebar di mana-mana dan dapat dengan mudah diakses melalui ponsel, salah satunya yang bisa kalian pilih adalah Kamar Keluarga.

Mengenal Kamar Keluarga
Sebelum lanjut membaca pengalaman saya, yuk kita cari tahu dulu latar belakang tentang Kamar Keluarga, biar kalian bisa mengenal lebih jauh. Jadi Kamar Keluarga ini adalah startup properti co-living yang memiliki ekosistem terpadu dengan jaringan dan pelayanan lengkap di Indonesia. Sekaligus sebagai solusi bagi para milenial untuk memiliki properti sendiri dengan konsep minimalis, murah dan terjangkau.

Saat ini, Kamar Keluarga telah memiliki lebih dari 2.000 kamar yang tersebar di 75 lokasi sekitar Jabodetabek dan Bandung serta telah melayani lebih dari 150.000 tamu. Menariknya, konsumen tidak hanya bisa menyewa kamar harian saja, melainkan juga bisa menyewa kamar atau kost bulanan melalui Kamar Keluarga.

Kamar Keluarga menjaga kualitas pelayanan dengan maksimal serta properti yang tersedia merupakan milik Kamar Keluarga sendiri dan dilayani oleh karyawan sendiri juga, sehingga perusahaan memiliki kontrol 100% terhadap propertinya. Hal ini berbeda dengan sejumlah perusahaan lain di mana kualitas propertinya kurang konsisten, karena bergantung pada pemilik dan operator properti pihak ketiga.

Kalian bisa memesan kamar di Kamar Keluarga melalui aplikasi di ponsel (hingga tulisan ini dibuat, baru tersedia untuk Android saja, iOS akan segera menyusul). Melalui aplikasi yang sama, konsumen juga bisa dengan mudah memesan "room service" mencakup makanan, laundry dan rental mobil plus supir. Jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah atau menelepon resepsionis, karena semuanya tersedia di aplikasi.

Pengalaman Menginap di Kamar Keluarga Fatmawati Deluxe
Belum lama ini, saya mencoba pengalaman menginap di salah satu properti Kamar Keluarga di daerah Fatmawati. Kebetulan lagi dapat libur kerja dua hari, saya manfaatin buat mengajak anak-anak dan istri untuk menginap. Jarak dari Depok ke Fatmawati lumayan cukup jauh, apalagi saya menggunakan motor. 

Daripada saya capek bolak balik, mendingan saya cari penginapan murah di Jakarta saja. Saya pun memutuskan untuk menginap di Kamar Keluarga Fatmawati Deluxe. Harganya juga terjangkau banget guys, cuma Rp. 155.000 per malam. Cocok banget bagi kalian yang lagi nyari penginapan murah dengan harga hanya 100 ribuan saja.

Saya sengaja memilih menginap di Kamar Keluarga, karena harganya yang murah serta sudah didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap. Bayangkan hanya 100 ribuan saja, kalian sudah bisa menikmati fasilitas komplit, mulai dari akses wifi gratis, free laundry, kamar AC, TV dan lainnya. Kalau ada yang lebih murah tapi fasilitasnya sama lengkapnya, ngapain pilih yang lebih mahal.

Nah melalui tulisan ini, saya ingin sharing pengalaman menginap di Kamar Keluarga Fatmawati Deluxe.

Lokasi Penginapan
Awalnya saya cukup kesulitan ketika mencari lokasi penginapan ini di Google Map. Sebelum mendatangi lokasi, biasanya saya selalu mencari lokasinya terlebih dulu di Google Map, biar eksekusinya lebih mudah. Setelah ngubek-ngubek di internet, sampailah saya pada postingan salah satu blogger yang juga pernah menginap di properti yang sama. Ternyata lokasi penginapannya berada persis di belakang restoran Bola Seafood. Jadi kalau kalian nyari di Google Map, patokannya adalah restoran Bola Seafood.


Jadi dari restoran Bola Seafood ini, kalian bisa langsung masuk melalui pintu samping restoran untuk menuju receptionist Kamar Keluarga. Selanjutnya receptionist yang akan membantu proses check in kalian.

Akses
Lokasi penginapannya sebenarnya sangat strategis berada di pinggir Jalan Raya Fatmawati, hanya saja agak kesulitan karena plangnya sangat kecil dan terletak di dalam. Lokasi penginapannya juga tidak jauh dari ITC Fatmawati atau Pondok Indah Mall. Cocok banget bagi kalian yang mau jalan-jalan sekedar cuci mata atau kulineran di sekitar penginapan.

Untuk menuju lokasi, kalian bisa naik MRT dan turun di Stasiun Cipete Raya, lalu jalan kaki atau bisa juga naik ojek online kalau tidak mau capek. Kalian juga bisa naik bus TransJakarta untuk bisa sampai ke sini.

Koneksi Wifi
Tidak lengkap rasanya kalau menginap tanpa koneksi wifi yang memadai. Apalagi saya selalu menyempatkan untuk ngeblog saat menginap. Selain itu juga anak-anak dan istri juga perlu hiburan untuk bisa mengakses YouTube dengan mengandalkan koneksi wifi.

Lalu bagaimana kualitas wifi di Kamar Keluarga? Ternyata koneksinya cepat dan stabil. Aktivitas ngeblog dan browsing maupun nonton video di YouTube tidak pernah yang namanya loading lama. Kami merasakan jaringan internet yang sangat baik. Tidak heran sih, soalnya di sekitar kamar, saya melihat ada beberapa titik hotspot untuk koneksi internet yang stabil. Pantas saja koneksinya cepat.

Tempat Tidur
Penginapan yang nyaman tentu saja harus ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Salah satunya adalah tempat tidur. Hal pertama yang menjadi concern saya ketika masuk ke kamar di Kamar Keluarga adalah tempat tidurnya. Beruntung, Kamar Keluarga memperhatikan dengan baik kebutuhan pelanggan dengan menyediakan tempat tidur yang nyaman. Tidak saja nyaman, tapi juga cukup lebar meski kami tidur berempat. Untung badan-badannya pada mungil, jadi bisa muat satu kasur, hehehe....


Tempat tidur yang bersih, wangi dan tidak sempit, akan menghasilkan kualitas tidur yang jauh lebih baik. Apalagi ditambah AC yang dingin, bisa menambah tidur semakin nyenyak saja.

AC
Penginapan di daerah perkotaan, seperti Jakarta biasanya sudah dilengkapi dengan ruang pendingin atau AC. Apalagi kalau lagi musim kemarau, panasnya tidak bisa diajak kompromi. Begitu juga di Kamar Keluarga. Meski harga penginapannya cuma 100 ribuan, tapi setiap kamarnya sudah dilengkapi dengan AC yang dinginnya maknyoos sampai ke tulang. Posisi AC ada di atas pintu kamar. Jadi tidak langsung mengenai badan sewaktu kita tidur.


Begitu kali pertama saya masuk ke kamar, AC dalam keadaan menyala, jadi langsung terasa dingin. Apalagi kami dari luar yang cuacanya panas. Jadi cocok banget untuk ngadem seharian di kamar. Bikin mager keluar ruangan.

Kamar Mandi
Fasilitas lainnya adalah kamar mandi yang cukup bersih dan terawat. Hanya saja sayang tidak tersedia washbasin untuk sikat gigi atau ngaca-ngaca di kamar mandi. But, its okay, sangat worth it lah dengan harga segitu. Oh iya guys, di sini juga ada air panasnya loh. Asyik banget kalau pas lagi kedinginan, bisa mandi dengan air hangat yang berfungsi dengan baik.


Layanan (Service)
Yang tidak kalah penting adalah service yang ramah dan welcome. Kami disambut oleh seorang receptionist wanita yang usianya masih cukup muda. Dengan senyumnya yang ramah menyapa dan melakukan proses check in yang kami lakukan sekitar jam 14.20. Meski dari luar cukup kepanasan, kami langsung merasa adem karena disambut dengan service yang humble. Setelah mendapatkan kunci kamar, kami diarahkan menuju kamar tempat kami menginap.

Amenities
Kamar Keluarga sudah menyediakan amenities atau keperluan untuk mandi selama menginap, yang terdiri dari sabun, shampoo dan satu buah handuk berukuran sedang. Sayangnya tidak disediakan sikat gigi dan pasta gigi. Jadi kita harus sedia dulu sebelum menginap.


Complimentary Snack
Fasilitas yang juga kami dapatkan seperti di hotel berbintang adalah welcome snack alias complimentary snack yang sudah disediakan ketika kami menginap di Kamar Keluarga. Beberapa snack yang terdiri dari dua buah botol air minum berukuran kecil, wafer Tango, wafer Fullo dan Oops. Anak-anak senang banget dengan camilan ini, mampu mengurangi rasa lapar setelah melakukan perjalanan jauh.


Ukuran Kamar
Ukuran kamar di Kamar Keluarga Fatmawati Deluxe ini ternyata lumayan luas. Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Padahal harga sewanya hanya 100 ribuan per malam loh. Saya pikir kamarnya bakalan sempit, karena harganya murah, ternyata dugaan saya keliru.


Ukuran kamar yang luas jadi bikin ruang gerak tidak sempit. Dan kami jadi bisa melakukan banyak hal, seperti sholat berjamaah atau anak-anak bisa bermain-main.

Interior
Di dalam kamarnya sudah ada sebuah meja rias kecil lengkap dengan bangku. Lalu ada sebuah lemari untuk menyimpan tas, baju atau sepatu/sandal. Sewaktu saya menginap, sayangnya di lemari belum tersedia gantungan baju. TV flat posisinya menggantung di dinding persis di atas meja rias. Jadi kita bisa nonton TV sambil tiduran.



Catatan untuk Kamar Keluarga
Secara keseluruhan kami cukup puas menginap di salah satu properti Kamar Keluarga. Apalagi ditunjang dengan pelayanan dan fasilitas yang oke punya. Tapi saya ada catatan kecil untuk Kamar Keluarga Fatmawati Deluxe, biar ke depannya bisa semakin oke lagi nih. 

1. Tidak dilengkapi CCTV
Sayangnya properti di mana kami menginap tidak dilengkapi dengan CCTV, padahal keberadaannya cukup penting loh. Setiap aktivitas di sekitar properti jadi bisa terpantau, terutama ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Tanda Plang Sangat Kecil
Saya cukup kesulitan mencari lokasinya, karena plang nama Kamar Keluarga sangat kecil dan diletakkan di dalam. Yang ada hanya plang besar tulisan Bola Seafood. Mungkin bisa dipertimbangkan untuk dipasang di luar dengan warna yang mencolok, biar bisa terlihat lebih jelas.


3. Tempat Parkir Sangat Sempit
Parkirannya bisa diperluas, soalnya hanya muat untuk beberapa unit motor saja. Tempat parkirnya menjadi satu dengan restoran Bola Seafood. Artinya tamu Kamar Keluarga harus berbagi lahan parkir dengan pengunjung restoran. Bagaimana kalau suasana restoran lagi ramai, tentu saja parkiran motor menjadi penuh sesak. Motor tamu Kamar Keluarga baru akan dimasukkan ke dalam ketika restoran tutup sekitar jam 12.00 malam.


Nah itu tadi pengalaman saya bersama anak dan istri menginap di Kamar Keluarga Fatmawati Deluxe. Semoga bisa bermanfaat terutama bagi kalian yang penasaran ingin mencoba menginap di sini atau para backpaker yang ingin liburan ke Jakarta dan menginap dengan harga yang murah. 

You May Like This :

6 comments

Pertanyaan saya, luasan mana kamar sama tempat parkirnya mas? Haha..

Wah, ternyata kamarnya luas banget ya, kak. Enak nih kayaknya menginap di sini. Kapan-kapan aku mau coba juga

Mantap nih mas hendra, 155 bisa dapet fasilitas lengkap dan kamarnya juga lumayan besar. Baru tau juga kalau ada kamar keluarga, mau kepoin duluu deh hehehe makasih sharinyaa ~

@Rizky : Hahaha, pertanyaannya cuma bisa dijawab dengan mencoba menginap langsung di lokasi. Pokoke uenak kamarnya.

@Monica Anggen : Bolehlah nyobain honey moon lagi sama Mas Pewe, hehehe

@Lucky Caesar : Boleh dicoba Mba, kalo lagi liburan bisa dimanfaatin buat nginep di Kamar Keluarga.


EmoticonEmoticon