Konsep Dalam Manajemen Strategi yang Harus Anda Tahu Sebagai Manajer

Konsep dalam Manajemen Strategi

Manajer merupakan salah satu top management, tugasnya adalah mengelola orang, mengendalikan pekerjaan dan mencapai target. Mahasiswa yang kuliah jurusan Manajemen memiliki potensi besar untuk menjadi seorang manajer. Hal ini tidak lepas dari bidang keahlian yang ditekuninya. Bukan hanya pengetahuan luas saja yang harus dimiliki seorang manajer, ia juga harus memiliki keterampilan yang lengkap.


Aneh jika seorang marketing manager tidak paham terkait product, knowledge atau pricing/boosting program yang akan dijualnya kepada rekanan, kolega atau pelanggan. Tuntutan dunia kerja mengharuskan manajer memiliki berbagai keterampilan, dengan kata lain seorang manajer adalah Master dalam bidangnya. Berikut ini ada beberapa konsep dasar dalam manajemen strategi, terkait tugas utama seorang manajer :

1. Peran staf
Staffing roles atau peran staf sangat penting dalam sebuah manajemen. Untuk membuat organisasi yang kuat, sangat penting untuk menempatkan posisi yang tepat kepada orang-orang yang tepat, seperti kata pepatah, 'right man on the right place'.

Peran penting lainnya seorang manajer adalah mampu menempatkan bahwa hanya pada posisi yang tepat, disesuaikan dengan kompetensi yang dimilikinya. Tugas satu ini yang merupakan tugas krusial seorang manajer, dilakukan agar kegiatan bisnis berjalan dengan lancar. Merupakan kesalahan yang fatal jika menempatkan seorang admin file pada posisi call center, karena tugas serta keahlian dari keduanya berbeda.

2. Organisasi tugas
Organizing task merupakan konsep lain dari manajemen strategi, seorang manajer tentu harus mampu mengatur untuk melihat rencana yang dilaksanakan apakah membuahkan hasil. Dengan begitu, ia bisa menetapkan tugas terhadap individu serta mengatur mereka dalam sebuah kerangka kerja, hal ini dilakukan untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat. Mahasiswa yang kuliah karyawan di jurusan Management tentu paham betul mengenai konsep ini.

3. Memimpin tim
Seorang manajer tentu harus bisa menjadi seorang leading teams. Seorang manajer tidak hanya memberikan arahan serta petunjuk kerja yang jelas dan meminta hasil akhir yang optimal, namun ia juga bertugas menjadi seorang pemimpin yang baik dalam tim. Menjadi pemimpin yang baik dalam artian sesuai dan prosedur yang tetap, sehingga tujuan yang ingin dicapai pada akhirnya akan didapatkan dengan semaksimal mungkin secara bersama-sama.

Menjadi seorang pemimpin tim harus bisa melaksanakan berbagai proses sesuai perencanaan awal, selain itu ia juga bertugas membangun efektivitas dari masing-masing individu yang ada dalam tim.

4. Manajemen pengetahuan
Knowledge management merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seorang manajer, merupakan salah satu konsep dari manajemen strategi untuk manajer. Sebuah organisasi akan menggunakan pengetahuan guna melakukan identifikasi penentuan, pengembangan penerapan strategi atau proses kerja dan distribusi.

Seorang manajer yang kuliah jurusan Manajemen harus bisa membuat anggotanya paham berbagai hal penting dalam pekerjaan yang dikerjakan, job description, tujuan kerja, alat bantu teknologi, sampai pada pengembangan diri anggota tim yang dipimpinnya.

5. Kontrol aktivitas
Control activity atau kontrol aktivitas dilakukan oleh manajer terhadap anak buahnya, tujuannya adalah agar organisasi bisnis yang dipimpinnya bergerak sesuai dengan perencanaan dan agar bawahannya melakukan tiap-tiap bagian proses kerja secara baik dan benar. Dalam sebuah perusahaan biasanya ada aturan SOP, peraturan tersebut harus dijalankan secara konsisten.

Kegiatan kontrol ini memiliki tujuan untuk membuat kinerja sebuah perusahaan tidak melewati target yang telah dicanangkan, menghadapi berbagai risiko yang bisa ditoleransi, serta menghasilkan kualitas yang baik.

6. Perencanaan dan keputusan
Mahasiswa yang mengikuti kuliah karyawan jurusan Manajemen harus paham betul mengenai konsep ini. Perencanaan / planning dan Keputusan / decision merupakan pondasi dasar dalam manajemen strategi, tanpa ada perencanaan yang matang tentunya fungsi lain dari manajemen tidak akan berjalan efektif. Perencanaan merupakan cara untuk melihat ekspektasi dari sebuah proyek kerja, sebuah cara untuk mengantisipasi potensi masalah dan sebagai paduan guna mengambil keputusan.

7. Manajemen kepuasan pelanggan
Customer experience management merupakan bagian penting dari konsep manajemen strategi, merupakan tujuan akhir sebuah produk diluncurkan. Setiap produk atau jasa yang dipasarkan oleh sebuah perusahaan, pada akhirnya akan dinikmati oleh pelanggan.

Pelanggan tentunya akan melakukan penilaian terakhir terhadap prestasi kerja dalam tim, seorang manajer yang baik berfokus pada operasional serta proses bisnis yang mengutamakan kepentingan konsumen. Tujuan akhir dari proses yang dilaksanakan adalah membuat konsumen menjadi pelanggan, tentunya seorang pelanggan yang loyal.

Melihat perkembangan bisnis saat ini, konsep dasar manajemen strategi untuk manajer tentu akan berkembang lebih jauh dan lebih dalam lagi. Hal ini harus disadari betul terutama bagi mereka yang kuliah jurusan manajemen dan bercita-cita menjadi seorang manajer. pada akhirnya, manajer yang baik akan menghasilkan tim yang andal.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

6 comments

Sayangnya saya malah ketemu banyak pimpinan yang kerjanya cuma bisa jadi bos, belum bisa jadi pemimpin. Sebab ternyata, memang jauh lebih mudah menjadi bos ketimbang jadi pemimpin.

Jika sebuah perusahaan dipimpin oleh Manager yang bagus maka perusahaan akan semakin tumbuh berkembang

tim yang bagus dan produktif emang salah satunya adalah kemampuan manajemen dari bos.

@Bang Doel : Memang masih cukup langka Bang kalo ada atasan yang punya jiwa pemimpin, mayoritas jiwa boss semua...

@Dwi Sugiarto : Gak hanya managernya aja sih, bawahannya juga harus kredibel, biar sama-sama meraih kesuksesan

@Bang Day : Team yang solid, biasanya dari managernya juga. Bagaimana cara yang tepat mengelola team


EmoticonEmoticon