Jualan di Blibli Bisa Gratis Packaging dan Ongkos Kirim Produk

Jualan di Blibli Gratis Packaging dan Ongkos Kirim Produk

Anda punya bisnis jualan online tapi masih dipusingkan dengan besarnya biaya packaging dan ongkos kirim produk? Sepi orderan ditambah harus menanggung biaya packaging dan ongkos kirim produk? Mau kasih harga promo, tapi modal tidak mencukupi? Hmmm, sudah saatnya Anda move on dari dilema tersebut. Meski di satu sisi bisnis Anda cukup laris, tapi di sisi lain Anda selalu dipusingkan dengan besarnya biaya yang harus dibayar untuk mengurus packaging dan juga ongkos kirim produk.


Dilema di atas mungkin kerap ditemui bagi para pebisnis online. Meski dianggap sebagai tantangan dalam berbisnis, tapi jika Anda terus menerus berada di dalam situasi seperti itu, bukan tidak mungkin bisnis Anda tidak akan berkembang dengan baik.

Berjualan online memang tidak bisa lepas dari yang namanya biaya packaging dan ongkos kirim produk. Mahalnya biaya packaging dan ongkos kirim produk, akan berpengaruh terhadap biaya produksi yang harus dikeluarkan penjual. Maka tidak jarang banyak penjual yang menyiasatinya dengan membebankan konsumen dengan ongkos kirim yang cukup besar, yang justru secara tidak langsung akan mempengaruhi minat belanja konsumen.

Sebagai contohnya adalah pengalaman saya pribadi. Soalnya saya pernah mau beli celemek untuk istri, karena kalau pas lagi masak, minyaknya sering nyiprat ke baju. Karena malas pergi ke pasar yang jaraknya cukup jauh, saya memutuskan untuk beli online saja. Harga celemeknya murah sih, cuma Rp. 25.000, tapi ongkos kirimnya itu loh yang mahal, Rp. 15.000. Wah kalau ditotal sampai Rp. 40.000. Akhirnya saya beralih nyari toko lainnya yang ngasih ongkos kirim jauh lebih murah, kalau perlu yang tanpa biaya ongkos kirim.

Saya yakin, sebelum belanja, Anda juga pasti akan melakukan hal yang sama bukan? Karena ongkos kirim yang mahal, banyak konsumen yang beralih ke toko lainnya. Jika hal ini terjadi terus menerus, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan sepi pembeli. Lantas bagaimana solusinya?

Jualan di Blibli, Penjual dan Pembeli Sama-sama Untung
Langkah yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari tempat jualan yang banyak memberikan keuntungan untuk bisnis Anda. Anda bisa bergabung menjadi penjual di Blibli.com. Menurut salah satu penjual di Blibli mengungkapkan jika jualan di Blibli tidak hanya menguntungkan penjual saja, tapi juga pembeli, mulai dari ongkos kirim, pilihan pembayaran, promo, cicilan hingga gratis packaging.

Jualan di Blibli Gratis Packaging dan Ongkos Kirim Produk

Salah satu point penting yang menjadi perhatian Blibli adalah memberikan gratis packaging dan ongkos kirim produk kepada penjual. Langkah ini disambut baik oleh para penjual di Blibli, karena dinilai akan meningkatkan penjualan serta mampu menjaring pembeli lebih banyak lagi.

Penjual dan Pembeli Sama-sama Untung di Blibli

Keuntungan yang didapatkan penjual
Ketika di Blibli memberikan gratis packaging dan ongkos kirim produk, ini merupakan peluang yang sangat baik bagi Anda sebagai penjual untuk memasarkan produk di Blibli. Dan berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan :

1. Menghemat biaya produksi
Sebagai penjual, Anda juga perlu menetapkan biaya produksi, salah satunya adalah biaya packaging dan ongkos kirim produk. Tapi kabar baiknya Blibli menggratiskan kedua biaya tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya produksi dan mengalokasikan biaya produksi tersebut untuk keperluan lainnya.

2. Produk laris di pasaran
Fitur gratis packaging dan ongkos kirim produk dari Blibli, mampu mendongkrak penjualan produk Anda di pasaran, karena biaya produksi lebih sedikit, sehingga Anda tidak perlu membebankan biaya ongkos kirim kepada konsumen. Tentu saja konsumen lebih memilih produk Anda, karena gratis ongkos kirim.

3. Bisa meningkatkan profit bisnis
Konsumen cenderung akan kembali lagi untuk belanja di toko Anda. Atau paling tidak konsumen akan merekomendasikan toko Anda kepada orang lain. Hal ini tentu dapat menjaring konsumen lebih banyak lagi sekaligus dapat membantu meningkatkan profit bisnis Anda.

Keuntungan yang didapatkan pembeli
Ternyata gratis packaging dan ongkos kirim produk tidak hanya menguntungkan penjual saja, tapi juga menguntungkan pembeli. Karena pembeli tidak perlu lagi memikirkan biaya ongkos kirim ketika ingin belanja online. Nah berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh pembeli :

1. Menghemat budget belanja
Berdasarkan pengalaman saya belanja online, gratis ongkos kirim cukup membantu saya dalam menekan budget untuk belanja. Awalnya saya punya budget Rp. 50.000 + Rp. 10.000 (budget untuk biaya ongkos kirim). Berhubung saya tidak perlu membayar ongkos kirim, jadi saya hanya membayar sebesar Rp. 50.000 saja. Saya bisa menghemat Rp. 10.000.

Dan biasanya kebanyakan pembeli juga akan memilih toko yang menggratiskan biaya ongkos kirim. Kalau ada yang gratis, kenapa harus pilih yang bayar.

2. Bisa belanja produk lebih banyak
Konsumen bisa belanja online lebih banyak lagi. Misalnya saja saya punya budget untuk belanja senilai Rp. 50.000 + Rp. 10.000 (budget untuk biaya ongkos kirim). Berhubung gratis ongkos kirim, sisa uang yang Rp. 10.000 bisa digunakan untuk belanja keperluan lainnya.

3. Belanja di toko yang sama
Pembeli tidak perlu repot memilih dan mencari toko lagi, karena pembeli bisa belanja di toko yang sama jika ingin belanja lagi di lain waktu. Ini tentu akan menghemat waktu lebih efisien lagi.

Sukses Bersama Blibli
Di Blibli, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk bisa berkembang dan meraih kesuksesan, karena Blibli konsisten memberikan kesempatan luas kepada penjual yang ingin memasarkan produknya. Bisa dikatakan, Blibli merupakan salah satu online shop yang peduli dan sangat memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan penjual (seller) maupun kebutuhan pembeli (konsumen).

Komunitas Blibli Seller

Penjual akan mendapatkan hak istimewa untuk bisa bergabung bersama Blibli University dan Komunitas Blibli Seller. Di sini Penjual bisa banyak belajar ilmu tentang bagaimana langkah tepat untuk mengembangkan bisnis online serta trik dan tips berjualan online. Ini sangat cocok terutama bagi Anda penjual pemula yang baru terjun ke bisnis jualan online.


Selain itu juga ada keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan jika menjadi merchant di Blibli.

8 Keunggulan Berjualan di Blibli

1. Keluasan pilihan kategori
Pilihan kategori produk yang ingin Anda pasarkan cukup banyak. Saat ini ada sekitar 16 kategori produk di Blibli yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis produk yang Anda pasarkan. Bahkan tersedia kategori "Galeri Indonesia" yang sangat cocok bagi UMKM yang ingin berjualan online.

Pilihan kategori produk yang banyak, akan memudahkan Anda untuk mengelola bisnis online. Misalnya jika penjualan produk Elektronik tengah lesu, Anda bisa mencoba berjualan produk yang lainnya, misalnya fashion.

2. Gratis photo produk
Keunggulan berikutnya yang Anda dapatkan adalah Anda bisa melakukan photo produk secara cuma-cuma. Meski gratis, Anda tetap akan mendapatkan hasil photo produk secara profesional yang diolah di Blibli Photo Studio.

Foto produk yang jelas, bening tentu akan sedap dipandang dan memiliki nilai lebih di mata konsumen. Selain itu juga mampu meningkatkan minat beli konsumen. Coba Anda bayangkan jika Anda berjualan sebuah produk dengan hasil foto yang biasa saja, tentu memiliki daya tarik yang rendah.

3. Kemasan gratis
Anda akan disediakan box atau kemasan gratis untuk produk yang akan Anda kirimkan ke konsumen. Meski free packaging, produk dikemas secara rapih dan profesional sampai ke tangan konsumen. Fitur kemasan gratis sangat membantu menekan biaya produksi untuk bisnis Anda.

4. Gratis biaya kirim
Anda juga tidak akan dipusingkan lagi dengan biaya ongkos kirim produk, karena di Blibli gratis biaya kirim. Apalagi jika Anda jualan produk dengan volume besar dan berat, tentu ini sangat membantu meringankan biaya produksi bisnis Anda.

5. Kemudahan proses pengiriman
Blibli sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 perusahaan logistik untuk memudahkan Anda dalam mengirimkan produk ke seluruh Indonesia. Makanya tidak heran jika produk akan sampai di tangan konsumen sesuai dengan estimasi, bahkan bisa lebih cepat.

6. Asuransi pengiriman produk
Di Blibli, setiap produk yang Anda kirimkan dijamin keamanan dan proteksi oleh asuransi. Anda hanya tinggal duduk manis sambil menjalani bisnis. Lain halnya jika Anda berjualan online sendiri tanpa dilindungi asuransi apapun, Anda akan menanggung sendiri jika terjadi risiko produk hilang, rusak atau tertukar. 

7. Layanan merchant care
Bagi Anda yang baru berjualan di Blibli dan menemui kesulitan dalam memasarkan produk, Anda tidak perlu khawatir, di Blibli sudah tersedia layanan merchant care, call-center khusus untuk penjual yang akan membantu mengatasi kesulitan Anda.

Blibli akan membantu mengatasi masalah dan mencari jalan keluarnya, jika Anda menemui kesulitan dalam berjualan. 

8. Terdepan dalam inovasi in store
Melalui fitur Blibli In Store Click & Collect, Blibli telah menyediakan layanan khusus bagi merchant agar dapat menjual produk offline dengan menikmati fasilitas pembayaran online. Dengan fitur ini, konsumen bisa merasakan pengalaman belanja online dan offline sekaligus dengan cara mengambil pesanan sendiri.

Cara Mendaftar Menjadi Penjual di Blibli
Jika Anda sudah mengetahui begitu banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan di Blibli, tunggu apa lagi! Langkah selanjutnya adalah mendaftar menjadi penjual di Blibli. Sehingga Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda di Blibli dan menjaring lebih banyak lagi pembeli.

Cara Berjualan di Blibli

7 Hal yang Sebaiknya Diperhatikan Dalam Mengemas Paket (Packaging)
Setelah Anda mendaftar sebagai penjual di Blibli dan memanfaatkan fitur gratis packaging dan ongkos kirim produk, strategi selanjutnya adalah bagaimana Anda fokus memberikan pelayanan yang maksimal kepada pembeli untuk packaging produk yang akan dikirimkan kepada pembeli. 

Kemasan paket yang dibungkus dengan rapih dan solid akan mencerminkan profesionalitas bisnis Anda di mata konsumen, sehingga akan meningkatkan pengalaman belanja konsumen sekaligus meningkatkan penjualan.


Nah berikut adalah trik sederhana bagaimana caranya agar packaging produk yang dikirim ke konsumen mampu menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen.

1. Jangan bikin konsumen sedih karena packaging tidak rapih
Saya sering melihat testimoni kurang menyenangkan dari beberapa konsumen mengenai paket yang mereka terima, ada yang penyok, sobek atau bahkan ada paket yang dibungkus asal-asalan. Sementara produk yang mereka pesan rentan terhadap benturan. Akibatnya mereka memberikan rating bintang satu, sebagai indikator bahwa toko online tempat mereka belanja memberikan pengalaman belanja yang kurang menyenangkan dalam hal packaging.

Jangan menyepelekan rating yang diberikan konsumen, berapapun nilainya. Seharusnya penjual bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Seperti kita ketahui bersama, kebanyakan konsumen biasanya akan melihat testimoni atau rating terlebih dulu sebelum mereka memutuskan berbelanja. Walau sebenarnya ini tidak bisa dijadikan acuan dasar bagus atau tidaknya produk yang dijual, tapi faktanya memang seperti itu.

Jika penjual mengabaikan rating dari konsumen (apalagi rating yang paling rendah), bukan tidak mungkin konsumen enggan untuk belanja lagi. Karena menurut saya pribadi, paket yang dibungkus dengan rapih, merupakan salah satu bentuk profesionalitas penjual dan dianggap sangat menghargai konsumen.

2. Ciptakan 'wow moment' untuk konsumen
Penjual bisa melakukan engagement atau memberikan perhatian lebih kepada konsumen. Caranya bagaimana? Think out of the box! Ciptakan momen yang akan selalu diingat konsumen. Misalnya saja ketika konsumen berulang tahun pada saat membeli produk, penjual bisa membungkus paket bukan dengan kertas biasa, melainkan dengan kertas kado. Walaupun pada akhirnya paket akan dibuka, tapi setidaknya memiliki kesan yang mendalam bagi konsumen.

Lalu selipkan kartu ucapan di dalam paketnya. Atau sederhananya, penjual bisa selipkan kartu ucapan terima kasih di dalam paket (thank you card) ke konsumen dan memberikan hadiah kecil di dalamnya.


Pendekatan dengan cara ini, akan membawa pengaruh positif dalam bisnis, serta mampu membuat konsumen menjadi loyal. Tidak hanya itu saja, kemungkinan besar konsumen akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Kalau seandainya saya sebagai pembeli mendapatkan engagement seperti itu, tentu saja saya merasa sangat senang, merasa sangat dihargai, merasa puas sudah belanja di sini dan pastinya saya akan belanja lagi serta merekomendasikan kepada teman-teman maupun keluarga saya.

3. Gunakan Kemasan yang Tidak Membosankan
Sentuhan kreativitas terkadang dibutuhkan ketika membungkus paket, agar paket terlihat lebih menarik di mata konsumen. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah memodifikasi kemasan paket yang dikirim ke konsumen. 

Kemasan paket yang terlihat lebih premium, mampu meningkatkan pengalaman belanja konsumen. Sehingga akan memberikan kesan positif terhadap toko Anda, dan tentunya akan mempengaruhi branding toko Anda ke arah yang lebih baik.

Kemasan paket yang mencolok dan berbeda dari yang lainnya, tentu akan mudah diingat oleh konsumen dan membuat konsumen tidak bosan dengan kemasan yang itu-itu saja. So, be creative to touch their heart!

4. Sematkan logo dan nama toko
Agar bisnis Anda mudah diingat oleh konsumen, Anda bisa meletakkan logo, nama toko ataupun QR Code informasi toko Anda di paket yang dikirim ke konsumen. Anda bisa mencetak brand toko Anda di selotip (lakban), kardus maupun plastik kemasan. 

Langkah ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan branding bisnis Anda. Daripada menggunakan kemasan polos, lebih baik menggunakan kemasan yang tercantum logo toko milik Anda, sehingga kelihatan lebih ekslusif.

Dari beberapa pengalaman saya belanja online, sebagian besar penjual sudah mulai menerapkan strategi ini. Saya pun jadi lebih mudah mengingat nama toko tempat saya belanja, karena branding-nya cukup kuat, tercantum logo dan nama toko di kemasan paket yang saya terima. Saya pun jadi lebih mudah untuk merekomendasikan toko tersebut kepada orang lain.

5. Konsisten dalam melayani konsumen

Persaingan dalam bisnis jualan online semakin ketat. Masing-masing toko berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada konsumen. Konsisten dalam memberikan pelayanan kepada konsumen sangat diperlukan loh, agar kepuasan belanja konsumen tetap terjaga dengan baik.

Misalnya selama ini penjual mengemas paket dengan rapih dan menggunakan kemasan berkualitas bagus, jangan sekali-kali mengemasnya asal-asalan, apalagi produk tersebut mudah rusak. Hal ini bisa menurunkan kepuasan konsumen sekaligus mempengaruhi bisni Anda.

6. Ciptakan komunikasi antara penjual dan pembeli
Selain konsisten, penjual juga perlu menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dan mengetahui bagaimana cara terbaik untuk melayani konsumen. Misalnya penjual bisa menghubungi konsumen lewat SMS atau WhatsApp dan menanyakan apakah paketnya sudah diterima atau belum. Jadi, penjual memastikan benar-benar kalau paketnya sudah diterima oleh si pembeli.

Setelah paket sudah diterima pembeli, maka penjual bisa mengucapkan terima kasih sudah berbelanja dan menawarkan apakah ingin membeli produk lainnya lagi.

Kelihatannya sangat sederhana, tapi cara ini dinilai mampu menjaga kepercayaan serta meningkatkan kepuasan pembeli. Selain itu juga pembeli juga merasa sangat dihargai.

7. Jaga koordinasi antara penjual dengan team ekspedisi
Jika penjual bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi untuk pengiriman produk, penjual perlu berkoordinasi serta menjaga komunikasi yang baik dengan team ekspedisi, untuk meminimalisir kesalahan yang timbul dalam proses pengiriman paket. Yang ujung-ujungnya malah merugikan konsumen.

Seperti yang pernah saya alami sewaktu beli voucher belanja. Di aplikasi ponsel saya, di situ tertulis kalau pesanan sudah saya terima, tapi faktanya, saya belum terima pesanan apapun. Meski masalah bisa diselesaikan dengan baik, tapi saya agak kecewa, karena voucher tidak kunjung datang malah diganti dengan saldo. Padahal voucher-nya mau saya pakai dalam waktu dekat.

Seharusnya hal sepele seperti ini tidak perlu terjadi jika terjalin koordinasi yang baik antara penjual dan team ekspedisi. Penjual juga perlu memantau proses pengiriman paket. Jangan sampai konsumen yang jadi korbannya.

💙💙💙💙💙

Ayo Segera Bergabung dengan Blibli
Ternyata ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berjualan di Blibli. Kalau tau begini, saya juga ada keinginan untuk berjualan online di Blibli. Apalagi kalau gratis packaging dan ongkos kirim produk, pasti bisa menghemat biaya produksi. Belum lagi keuntungan-keuntungan lainnya. Jualan sudah pasti untung.



Makanya tidak heran, banyak penjual yang sudah sukses yang bisa kita temui semenjak bergabung berjualan di Blibli. 


Mendapat lebih dari 1000 orderan di awal bergabung di Blibli.com, menjadikan Bagusmart semakin semangat untuk melayani para konsumen yang lebih banyak lagi, bahkan hingga ke seluruh Indonesia.

Growth yang fantastis dirasakan semenjak bergabung bersama Blibli.com. Merasa kesulitan juga untuk membangun dan mengembangkan website sendiri. Kemudian sejak bergabung untuk berjualan bersama Blibli.com, traffic meningkat hingga 3000%!

Nah tunggu apa lagi, jangan ragu kalau Anda punya produk untuk dijual online, yuk segera bergabung menjadi merchant di Blibli, supaya bisa jualan untung gak tanggung-tanggung!

You May Like This :

2 comments

Wah menarik sekali kalau jualan dapet gratis packing. Tentu lebih untung untuk penjual. Dan gratis ongkir dapat menarik caln pembeli untuk berbelanja. Suka deh pokonya

@Amir Mahmud : Klop ya, gratis packaging bisa menguntungkan penjual sekaligus pembeli. Ayo Mas Amir jualan wayang online di Blibli


EmoticonEmoticon