Pentingnya Layanan Data Center Bagi Sebuah Perusahaan

Pusat Data Center NEX

Data center atau pusat data adalah fasilitas yang berupa jaringan komputer dan penyimpanan dengan fungsi utama untuk menyimpan, memproses, mengatur, serta menyebarluaskan data dalam jumlah besar. Penting bagi sebuah perusahaan untuk menggunakan layanan pusat data, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki jumlah data yang banyak, seperti toko online atau e-commerce

Bagi perusahaan-perusahaan tersebut, data merupakan hal yang penting. Akan banyak kerugian yang dialami jika terjadi masalah pada data yang disimpan. Menggunakan pusat data menjadi solusi terbaik untuk meminimalisir berbagai masalah yang mungkin terjadi.

5 Keuntungan dari Layanan Data Center
Dibandingkan membuatnya sendiri, menggunakan layanan data center atau pusat data akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi perusahaan Anda. Terutama bagi perusahaan yang masih berkembang, menyewa pusat data akan jauh lebih efisien. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya simak dulu beberapa keuntungan dari layanan pusat data berikut ini :

1. Keamanan Data Terjamin
Data yang ada di sebuah perusahaan merupakan aset yang sangat penting , sehingga perlu dijaga agar tidak diretas pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika data sampai diretas, maka banyak kerugian yang akan Anda alami. Apalagi jika data penting Anda berhasil diketahui oleh saingan bisnis, maka hal tersebut akan lebih merugikan. 

Dengan menggunakan layanan pusat data, maka berbagai data penting perusahaan Anda dapat terlindungi. Pusat data juga bisa digunakan menyimpan aplikasi untuk mempermudah proses pengoperasiannya.

2. Skalabilitas Lebih Tinggi
Keuntungan selanjutnya jika Anda menggunakan layanan data center adalah memiliki skalabilitas yang lebih tinggi. Skalabilitas sangat penting terutama untuk perusahaan yang masih berkembang. Kemungkinan meningkatnya kapasitas pusat data menjadi alasan mengapa sebuah perusahaan lebih baik menggunakan layanan dibandingkan membuatnya sendiri. Dengan layanan pusat data, Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas kapanpun diinginkan.

3. Efisiensi Waktu dan Tenaga
Pusat data membutuhkan maintenance, sehingga Anda harus meluangkan waktu dan tenaga sendiri untuk merawatnya. Berbeda jika Anda menggunakan layanan pusat data, maka maintenance sudah termasuk ke dalam biaya penyewaan. Dengan begitu Anda dapat menghemat waktu sekaligus tenaga, sehingga bisa digunakan untuk aktivitas lainnya demi berkembangnya perusahaan.

4. Konektivitas Tinggi
Berbeda dengan pusat buatan sendiri, layanan pusat data biasanya menyediakan konektivitas ke semua jaringan. Konektivitas yang tinggi juga dapat meminimalisir risiko downtime yang sangat merugikan perusahaan. 

Anda juga akan mendapatkan bandwith lebih tinggi dengan harga yang lebih rendah. Ruang server dengan konektivitas tinggi membutuhkan biaya yang sangat mahal jika Anda membuatnya sendiri. Untuk perusahaan yang masih dalam tahap berkembang hal tersebut akan terasa berat untuk dilakukan.

5. Hemat Anggaran
Banyak yang berpikir bahwa membuat data center sendiri lebih minim biaya dibandingkan dengan menyewanya. Hal tersebut tidaklah benar, karena pembuatan pusat data membutuhkan biaya yang besar. Biaya tidak hanya dikeluarkan untuk membeli infrastruktur pembuatan pusat data saja. Proteksi keamanan data yang tinggi serta maintenance berkala yang dilakukan juga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. 

Belum lagi jika terjadi kerusakan pada pusat data yang Anda buat maka akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Untuk itu menyewa sebuah pusat data merupakan solusi terbaik dalam menghemat anggaran perusahaan.



Dari keuntungan layanan data center di atas, sekarang Anda jadi tahu betapa pentingnya menggunakan layanan pusat data bagi sebuah perusahaan. Jika Anda berminat untuk memanfaatkan layanan ini, segera hubungi NEX. Layanan pusat data yang dihadirkan oleh NEX sudah terbukti menjadi salah satu yang terbaik.

 Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon