Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghadapi Musim Hujan

Terdapat berbagai kisah yang mungkin saja kita alami saat hujan turun, mulai dari kisah sedih, senang, bahkan hingga kenangan yang tidak terlupakan. (baca kisah saya : ada rezeki dibalik hujan). Bahkan ada juga yang nembak cewek di saat hujan-hujanan. Hmmm, adegan ini sepertinya hanya ada di sinetron ya guys.

Mumpung saat artikel ini ditulis sedang musim hujan, melalui artikel ini, Blogmashendra ingin membahas mengenai tips menghadapi musim hujan. Langkah persiapan apa saja yang sebaiknya perlu kita lakukan, agar selalu siap ketika hujan turun.

Tips Menghadapi Musim Hujan


Tips Menghadapi Musim Hujan

Banyak hal yang harus kita lakukan untuk menghadapi musim hujan ini. Tidak lain tujuannya adalah agar kita mampu mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk dan menghindari diri kita maupun keluarga tercinta dari hal-hal yang tidak kita inginkan selama musim hujan maupun setelah musim hujan berlalu.

Yuk baca terus artikel saya mengenai tips menghadapi musim hujan berikut ini :

1. Periksa kondisi atap dan genteng


- Biasakan untuk rutin memeriksa kondisi atap rumah. Bukan tidak mungkin, ada beberapa kerusakan yang mungkin saja tidak kita ketahui. Entah itu karena kondisi yang semakin lama semakin aus, genteng yang bolong karena kejatuhan benda keras (semisal batu atau buah kelapa), posisi genteng bergeser dan hal yang lainnya. Sebaiknya cek kondisi atap secara berkala.

- Jangan lupa juga untuk memberikan sirkulasi udara yang baik dibawah atap rumah. Tujuannya agar langit-langit rumah tidak mudah menjadi lembab. Terutama saat musim hujan tiba.

- Segera atasi masalah-masalah sedini mungkin. Caranya, ya cek sekeliling langit-langit rumah kita secara rutin, terutama saat musim hujan telah tiba. 

Segera perbaiki bila terdapat :

  • Pertumbuhan jamur
  • Terdapat bekas rembesan basah
  • Terdapat rumah rayap yang terbuat dari tanah
  • Adanya keretakkan dan kerusakan pada langit-langit rumah
  • Penutup atap yang lepas ataupun hilang

2. Periksa kondisi talang air

Hampir tidak jauh berbeda dengan atap rumah, pengecekan rutin pada talang rumah, dapat membuat aliran air hujan yang turun deras, akan mengalir dengan lancar. Bersihkan benda-benda yang menjadi penyebab tersumbatnya talang, seperti dedaunan, buah yang jatuh dan lainnya.

Ukuran talang juga sangat menentukan loh. Buatlah talang yang agak besar sehingga memudahkan air untuk mengalir dengan damai.

Bila terdapat kebocoran parah pada talang, segera menggantinya merupakan solusi yang terbaik. Tapi kalau bocornya sedikit, ditambal saja dengan menggunakan gabus. Hah... Gabus??? Iya betul.
  • Masukkan potongan gabus kedalam wadah dan rendam dengan minyak tanah.
  • Diamkan sejenak sampai meleleh dan mencair kayak bubur.
  • Lalu tempelkan pada area talang yang bocor. Kemudian lihat hasilnya sendiri.
FYI, gabus memang bisa menjadi lem yang super kuat jika dilarutkan bersama minyak tanah atau bensin. Namun tetap masih belum bisa menambal hati yang terluka. Aiihhh...

3. Periksa kondisi saluran air

Nah ini juga menjadi salah satu faktor penyebab banjir. Saluran air (selanjutnya disingkat got) yang penuh dengan sampah, akan menghambat aliran air, terutama saat musim hujan tiba.
  • Bersihkan got secara rutin dari sampah-sampah yang tidak penting.
  • Biasakan kerja bakti sebulan sekali dan bersihkan area-area di sekitar tempat tinggal kita.
Jika got sudah mampet, pasti akan menimbulkan genangan air, kalau sudah musim hujan genangan airnya tambah parah yang sudah pasti dapat menyebabkan banjir, kalau sudah banjir, tidak bisa kemana-mana. Bisanya cuma nyalahin orang lain (baca : pemerintah).

4. Periksa kondisi pohon sekitar rumah


Bagi yang memiliki pohon tinggi besar nan gagah disamping rumah, sebaiknya periksa kondisi pohon tersebut secara rutin ya. Tebang dahan-dahan pohon yang sudah rapuh. Jangan biarkan pohon tumbang menimpa rumah kita akibat angin kencang saat hujan turun.

5. Periksa kondisi kabel-kabel


Rutinlah memeriksa kabel-kabel di rumah. Terutama kabel lampu, baik lampu di dalam rumah maupun di luar rumah. Cek apakah ada kerusakan akibat digigit tikus atau kabel terkelupas. Segera perbaiki kabel-kabel tersebut. Dikhawatirkan terdapat korban kesetrum kabel cuma gara-gara tidak tahu jika di rumah ada kabel yang mengelupas.

6. Sedia payung


Sedia payung sebelum hujan. Pepatah yang sangat pas di saat musim hujan tiba. Selalu sediakan payung di rumah. Siapa tahu saja ada keperluan penting di luar rumah yang mengharuskan kita untuk memakai payung saat turun hujan.

7. Konsumsi vitamin


Pergantian musim menyebabkan perubahan iklim yang justru hal ini dapat membuat kita lebih mudah terkena beberapa penyakit, seperti flu dan demam. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin sebagai asupan tambahan bagi tubuh kita. 

Biasakan untuk selalu hidup sehat dengan rajin mencuci tangan (baca artikel : manfaat mencuci tangan bagi kesehatan), makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan tentu saja mengkonsumsi vitamin.

8. Sediakan lilin


Hal ini mungkin terlihat sepele. Namun jangan salah, saat musim hujan datang, tidak jarang juga aliran listrik terkadang mati, terutama saat hujan besar dan petir. Biasanya hal ini sering saya alami di wilayah pedesaan. Baca artikel saya : tips mengatasi jenuh saat listrik padam di rumah.

Kalau listrik padam di malam hari, lilin menjadi pilihan alternatif untuk menerangi rumah. Kecuali Anda memiliki genset ataupun emergency lamp (lampu darurat yang bisa di charge).

Matikan lilin kalau sudah mulai bergoyang, kemungkinan besar dia lagi dalam bahaya. *eh...

9. Siapkan stock makanan di rumah


Hal ini cukup penting mengingat saat musim hujan, tubuh kita perlu tambahan asupan makanan biar badan selalu fit dan tidak mudah terkena penyakit semisal flu dan demam. Terutama bagi yang berada di daerah rawan banjir, apabila stock makanan di rumah cukup, maka tidak perlu bersusah payah keluar rumah menerjang banjir hanya untuk membeli makanan.

Sediakan juga minuman hangat seperti jahe, karena rasa hangat dari jahe sangat baik untuk daya tahan tubuh, apalagi diminum ketika hujan turun sambil selimutan. Hmmmm... Tambah anget.

10. Waspada


Kewaspadaan saat musim hujan perlu ditingkatkan, terutama di daerah yang rawan longsor dan banjir. Sebaiknya bertindak cepat dengan membaca gejala alam yang mulai kurang bersahabat, seperti hujan yang turun terus menerus selama beberapa hari.

Pada daerah yang rawan longsor, hal ini dapat mengakibatkan kontur tanah yang mudah mencair sehingga akan terbawa air hujan ke tempat yang lebih rendah, yang dapat menyebabkan tanah longsor maupun banjir bandang. Tahu apa penyebabnya? Penggundulan hutan akibat penebangan liar di hutan demi kepentingan kantong pribadi.

Pada daerah rawan banjir, sebaiknya siapkan meja-meja tinggi yang telah dimodifikasi guna menyimpan barang-barang rumah tangga yang penting semisal, kulkas, TV, kompor, lemari, ISTRI, magiccom, radio dan lain sebagainya. 

Tujuannya agar genangan air tidak langsung mengenai barang-barang berharga tersebut. Lalu ekstra waspada juga dengan kabel-kabel di rumah saat terjadi banjir. Lihat point nomor lima diatas.

Semoga bermanfaat.

8 komentar untuk "Tips Menghadapi Musim Hujan"

  1. Sedia payung sebelum hujan memang istilah yang tepat untuk mencegah sesuatu yang belum terjadi. Apalagi sekarang musim hujan harus ekstra berjaga-jaga, gak hanya rumah dan kebutuhan yang akan kita abaikan saat hujan. Tetapi, kondisi tubuh juga penting banget di saat seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget sediain payung saat musim hujan, supaya bisa keluar rumah saat darurat ketika hujan turun... Misalnya ke warung beli indomie,

      Hapus
  2. Nah stok makanan itu penting kalo musim ujan. Bawaan lapeeeeer Mulu 😄. Apalagi anak2, yg dicari cemilan trus kalo udah ujan.

    Aku baru tahu gabus direndam dengan minyak tanah bisa jadi lem super kuat mas. 😲

    Akupunnkdg suka deg deg an kalo udh hujanm kuatir banjir lah, kuatir bocor dll. Alhamdulillah hujan THN ini bocornya udh ga ada, bagus juga tukang yg trakhir perbaiki 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah udah nggak bocor lagi ya Mba. Berarti tukangnya cerdas tuh, bisa nemuin solusinya. Cemas banget kalo bocor terus saat musim hujan.

      Hapus
  3. Rumah saya bocor mas.. tapi pas naik genteng nggak ketahuan mana bocornya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngecek genteng bocor pas lagi hujan Mas, biar langsung keliatan mana yang bermasalah....

      Hapus
  4. satu lagi mas, sediakan jas hujan ketika sedang berkendaraan ketika lagi diluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini salah satu langkah antisipatif dari Mas Fajar...

      Hapus