Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Ganti Oli di Planet Ban Cireundeu, Tangerang Selatan

Planet Ban Cireundeu, Tangerang Selatan

Dulu, lebih tepatnya tahun 2015, saya punya pengalaman buruk soal oli motor. Sebenarnya bukan ke merek oli atau kualitas olinya sih, hanya saja saya telat ganti oli, sehingga menyebabkan motor saya harus turun mesin. Hal sepele ini juga banyak dialami oleh orang-orang yang lalai urusan oli.

Gara-gara motor kehabisan oli, bisa membuat komponen mesin motor jadi rusak parah. Motor saya tiba-tiba mogok di tengah jalan. Mesinnya terasa sangat panas dan agak ngebul. Sempat panik juga sih, tapi saya berusaha tetap tenang.

Alhasil saya harus dorong motor cukup jauh dan cari bengkel motor terdekat untuk mengeceknya. Urusan sepele malah jadi bikin ribet. 

Setelah dicek oleh abang bengkel, ternyata olinya habis. Duuuh, parah banget nggak sih. Mau nggak mau, saya harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk biaya turun mesin. Karena masalah ini harus segera ditangani agar tidak merembet ke komponen motor lainnya.

Semenjak dari kejadian itu, saya jadi lebih aware lagi untuk urusan oli dan nggak mau kecolongan lagi. Bahkan saya punya catatan tersendiri mengenai kapan jadwal ganti oli motor biar nggak lupa lagi.

Semakin motor sering digunakan jarak jauh, berarti penggantian olinya harus lebih intens lagi. Biasanya saya mengganti oli setiap bulan, biar aman, damai dan sejahtera, hahaha...

Pengertian dan Fungsi Oli Pada Kendaraan

Oh iya guys, oli itu diibaratkan kayak darah di dalam tubuh manusia. Jadi kalau manusia kekurangan darah, apa yang akan terjadi? Pasti kolaps dong. Ya sama halnya dengan kendaraan juga seperti itu. Jadi penting banget untuk memperhatikan jadwal ganti oli yang rutin.

Harga Oli Motor X-Ten

Sebelum saya membahas pengalaman mengganti oli di Planet Ban, yuk cari tahu terlebih dulu apa sih oli dan fungsinya? Oli itu disebut juga minyak pelumas atau pelumas untuk mesin agar mesin bisa bekerja secara sempurna dan tanpa ada gangguan. 

Oli juga berfungsi untuk meredam dan mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen antar mesin, serta mencegah goresan dan keausan komponen. Agar langkah kerja mesin jadi lebih maksimal.

Berikut adalah lima fungsi oli pada kendaraan :

1. Lubricating (Melumasi)

Sistem kerja mesin pada kendaraan akan saling bergesekan. Agar kinerja komponen mesin berjalan mulus, maka diperlukan oli untuk melumasinya, sehingga mesin bisa bekerja lebih halus dan maksimal.

2. Protecting (Melindungi)

Fungsi oli nggak hanya melindungi mesin dari gesekan-gesekan yang terjadi ketika mesin bekerja, tetapi juga melindungi komponen dari karat dan juga korosi. Dengan demikian akan mengurangi tingkat keausan yang berlebih ketika komponen saling bergesekan satu sama lain.

3. Cleaning (Membersihkan)

FYI, keausan komponen mesin pada kendaraan nggak bisa kita hindari, karena memang komponen tersebut bekerja secara terus menerus. Yang bisa kita lakukan adalah menguranginya saja. 

Nah saat tingkat keausan semakin tinggi, ada kotoran yang wajib kita bersihkan, dan pelumas inilah yang bisa berfungsi sebagai pembersih dari kotoran pada besi.

4. Cooling (Mendinginkan)

Komponen mesin yang saling bergesekan biasanya akan menimbulkan suhu yang panas. Namun dengan adanya pelumas yang mengalir ke komponen tersebut, mampu menyerap panas pada komponen, sehingga suhu akan kembali normal dan terhindar dari masalah overheat.

5. Sebagai anti karat

Komponen mesin pada kendaraan sebagian besar terbuat dari bahan logam. Sistem kerjanya selalu saling bergesekan satu sama lain, sehingga komponen lebih rentan berkarat. Agar karat nggak semakin meluas, maka bisa menggunakan pelumas untuk mencegah karat.

Pengalaman Ganti Oli di Planet Ban Cireundeu, Tangerang Selatan

Ganti Oli Motor X-Ten di Planet Ban

Planet Ban pertama kali berdiri pada tahun 2011 di Harapan Indah, Bekasi sebagai outlet pertamanya. Hingga tulisan ini dibuat, Planet Ban sudah punya lebih dari 900 outlet di seluruh Indonesia. 

Makanya nggak heran, hampir di setiap kota terdapat outlet Planet Ban biar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat hingga ke pelosok. Terutama bagi pengendara motor yang jumlahnya jauh lebih banyak dibanding pengguna mobil.

Pengalaman Ganti Oli Motor di Planet Ban

Melalui artikel ini saya mau berbagi pengalaman saya saat ganti oli motor di Planet Ban outlet Cireundeu, Tangerang Selatan. Kebetulan jaraknya nggak terlalu jauh dari rumah, jadi bisa lebih menghemat waktu.

Ini sekaligus jadi pengalaman pertama saya mengganti oli motor Honda Scoopy di Planet Ban. Penasaran aja sih, apalagi setelah baca berbagai ulasan positif di internet dan juga sering lihat bengkelnya selalu ramai. Jadi pengen nyobain gitu.

Nggak hanya jualan ban motor saja

Awalnya, saya mengira kalau Planet Ban itu hanya jualan ban motor saja. Ternyata dugaan saya keliru, Planet Ban juga menyediakan jenis pelayanan lainnya, mulai dari servis motor, ganti oli mesin X-Ten yang tahan lebih lama, spare part yang disesuaikan dengan standar pabrikan motor dan pastinya ban motor.

Saya berkunjung ke bengkel sekitar pukul 08.30 pagi. Karena Planet Ban mulai buka dari pukul 08.00 sampai pukul 21.00. Lumayan waktu operasionalnya cukup panjang, jadi teman-teman bisa sesuaikan waktunya sendiri.

Beli Ban Motor di Planet Ban Saja

Sewaktu saya ke sana, saya dijelaskan oleh salah satu mekaniknya, ternyata di Planet Ban juga bisa servis rutin motor sekaligus ganti spare part. Saat kita tune up motor, mekanik juga akan sekalian ngecek, kira-kira komponen mana saja yang sudah mulai aus dan disarankan untuk diganti.

Bengkel Motor Planet Ban

Dengan demikian kita jadi tahu komponen motor mana saja yang kinerjanya sudah mulai kurang maksimal. Sehingga kita bisa menyiapkan bujet untuk mengganti spare part tersebut. Oh iya guys, Planet Ban juga menjual spare part motor yang teman-teman butuhkan lho!

Staff ramah dan bekerja secara profesional

Pertama kali saya datang ke bengkel, saya langsung disambut oleh salah satu mekanik. Setelah mengutarakan maksud saya untuk ganti oli, mereka segera mengeksekusi motor saya. Mereka bekerja secara profesional, sehingga hasilnya kelihatan lebih maksimal dan cepat.

Pengalaman Ganti Oli Motor di Planet Ban

Ada yang menarik dari Planet Ban, mereka menggunakan alat yang disebut oli extractor untuk menyedot oli dari motor. Sehingga oli nggak jatuh berceceran dan tetap bersih. Baru pertama ini saya melihat alat canggih tersebut, biasanya paling oli dikeluarkan dari bawah motor dan ditampung ke sebuah wadah.

Menerima banyak jenis pembayaran

Saya sempat bertanya ke sang mekanik mengenai jenis pembayaran. Ia menjelaskan jika Planet Ban menerima beberapa jenis pembayaran selain cash, misalnya bayar pakai dompet digital, bayar pakai QRIS, kartu debit, kartu kredit, bayar via transfer atau mengajukan cicilan ke pihak ketiga.

Wah kalau kayak gini, tenang deh. Kita nggak perlu khawatir lagi saat kelupaan bawa dompet, karena kita bisa transaksi digital lewat ponsel di Planet Ban. Pembayaran yang fleksibel ini penting banget lho, agar konsumen lebih mudah bertransaksi.

Keunggulan Oli Mesin X-Ten

Planet Ban sendiri banyak sekali menjual oli merek X-Ten untuk motor dan juga mobil. Lantas, apa saja keunggulannya? Berikut poin-poin pentingnya :

Keunggulan Oli X-Ten

1. Tahan lebih lama

Jujur aja ya, saya sendiri baru pertama kali ganti oli dengan merek X-Ten ini. Ternyata oli X-Ten ini punya beberapa keunggulan dibanding oli biasa, yaitu kandungan bahan ester yang nggak dimiliki oleh oli lainnya.

Oli X-Ten ini mampu bertahan lebih lama, bahkan bisa dipakai hingga mencapai 15.000 KM untuk oli mobil dan 5.000 KM untuk oli motor. Meski masa pakainya lebih panjang dibanding oli biasa, tetapi proses penguapan X-Ten cukup rendah.

2. Tarikan mesin terasa lebih kencang

Setelah selesai mengganti oli, saya coba ngegas motor untuk mencoba performa tarikan mesinnya. Agak lumayan lebih enteng dibanding sebelumnya. Namun saya belum coba terus menerus. 

Oli X-Ten juga punya ketahanan yang lebih tinggi terhadap suhu panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik saat kondisi temperatur mesin tinggi.

3. Menjaga kualitas mesin dan tahan lebih lama

Berbeda dengan oli biasa, oli X-Ten menggunakan bahan ester khusus yang diklaim mampu menjaga tingkat keausan mesin hanya 5 hingga 10 persen dari mesin kendaraan yang menggunakan oli full synthetic. 

Bahan Ester Oli X-Ten

Bahan ester khusus ini membentuk semacam lapisan yang akan melindungi permukaan mesin dari gesekan. Hal ini jugalah yang menyebabkan pemakaian BBM jadi lebih hemat.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Pengalaman Ganti Oli di Planet Ban Cireundeu, Tangerang Selatan"