Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Cat Genteng yang Berkualitas dan Menarik

Tips Memilih Cat Genteng Berkualitas

Ada beberapa pertimbangan yang menjadi concern bagi sebagian orang ketika ingin membangun rumah. Selain mempercantik tampilan interior, sebaiknya perhatikan juga tampilan eksteriornya agar lebih menarik dan sedap dipandang. Salah satu bagian eksterior yang dimaksud adalah genteng.

Perlu Anda ketahui, genteng merupakan salah satu elemen penting dari sebuah rumah yang berfungsi sebagai pelindung dari berbagai cuaca panas maupun hujan, polusi asap, hewan dan berbagai benda lainnya, sehingga membuat penghuninya tetap merasa nyaman sepanjang hari.

Selain itu, genteng juga mampu memberikan nilai estetika dari sebuah rumah. Apalagi jika warna cat genteng serasi dengan warna cat bangunan, tentu akan semakin indah dilihat.

Namun sayangnya, kondisi genteng mudah sekali kusam, karena terus menerus terkena air hujan dan sinar matahari. Jika kondisi ini dibiarkan saja, genteng akan terlihat semakin kusam, dan lebih parahnya lagi genteng jadi mudah rapuh, sehingga bisa saja menyebabkan kebocoran.

Agar penampilan atap rumah tetap terlihat indah, Anda disarankan melakukan pengecatan ulang genteng saat kondisinya sudah mulai terlihat memudar. Dengan demikian, akan mengembalikan keindahan estetika eksterior rumah.

Maka dari itu, cukup penting memperhatikan bagaimana tips memilih cat genteng yang tepat. Tujuannya agar genteng jadi lebih awet, tidak cepat kusam dan pastinya sedap dipandang.

Memilih Cat Genteng Rumah yang Tepat Agar Lebih Awet dan Terlihat Menarik

Memilih cat genteng tentu tidak boleh asal-asalan. Selain memilih warna yang selaras dengan warna bangunan, Anda juga perlu memperhatikan dari segi kualitas catnya. Pemilihan cat genteng wajib menggunakan cat berkualitas tinggi, agar tidak mudah memudar dan bisa bertahan lebih lama.

Selain itu, Anda bisa memilih warna cat genteng yang sedang ngetren agar tampilan rumah selalu terlihat fresh dan selaras dengan model rumah kekinian.

Berikut adalah tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli cat genteng :

1. Sesuaikan dengan warna dan desain rumah

Tampilan eksterior rumah akan terlihat semakin menarik jika selaras dengan warna genteng. Perhatikan seluruh elemen desain eksterior rumah, mulai dari warna pintu, jendela, dinding, landskap, kusen pintu, kusen jendela, kisi-kisi balkon dan lain sebagainya.

Mengganti cat genteng bukanlah perkara mudah dan pastinya membutuhkan waktu, biaya dan tenaga untuk mengerjakannya. Maka dari itu, Anda wajib memilih warna cat genteng yang benar-benar Anda sukai. Pastikan juga memilih warna genteng yang bisa membuat nuansa rumah menjadi sejuk saat matahari sedang terik.

2. Pertimbangkan warna cat genteng dengan tampilan rumah

Sebagai pemilik rumah, Anda tentu bebas memilih warna cat genteng. Namun alangkah lebih baiknya jika memilih warna cat genteng yang sesuai dengan tampilan rumah Anda. Misalnya saja jika Anda menginginkan kesan rumah yang terlihat kokoh, maka bisa memilih cat genteng dengan warna gelap.

Warna gelap juga dinilai cocok diterapkan untuk desain rumah modern minimalis. Sementara itu, untuk memberikan kesan rumah yang tinggi, maka pilihlah cat genteng yang berwarna lebih cerah dari warna cat dinding rumah. Jika rumah ingin terlihat lebih dinamis, maka bisa memilih cat genteng yang berwarna cerah dan ngejreng.

3. Perhatikan harga cat genteng

Anda wajib memperhatikan anggaran untuk membeli cat genteng ketika ingin membangun rumah. Catat juga anggaran untuk tukang yang akan mengerjakan pengecatan genteng. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mempersiapkannya secara matang, sehingga tidak kecolongan dengan jumlah anggaran yang meleset dari perkiraan.

Pertimbangkan juga untuk membeli cat di toko bangunan yang lebih besar dan lengkap, karena biasanya toko tersebut menjual cat genteng dengan harga grosir. Dibanding Anda membeli cat genteng di toko bangunan yang lebih kecil.

4. Pilih warna cat yang hemat energi

Warna genteng secara tidak langsung memiliki pengaruh terhadap penggunaan energi listrik di rumah. Warna genteng yang lebih cerah dan terang, cenderung memantulkan panas dengan lebih baik, sehingga tidak perlu menyalakan pendingin ruang terlalu intens.

Berbeda dengan warna genteng gelap yang akan menyerap panas lebih cepat, sehingga akan mengubah interior rumah cenderung menjadi panas. Hal ini tentu akan membuat Anda untuk menyalakan pendingin ruang lebih intens.

5. Pilih cat genteng berkualitas

Tips memilih cat genteng berikutnya adalah memilih cat genteng berkualitas bagus. Memang penting membeli cat genteng yang selaras dengan warna bangunan. Namun Perhatikan juga kualitas cat agar genteng bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Anda bisa konsultasi terlebih dulu dengan para ahli untuk mendapatkan cat genteng yang tepat dan berkualitas. Sebagai pertimbangan, Anda bisa memilih cat berbahan akrilik yang mampu melindungi sinar ultraviolet.

Cat berbahan akrilik dinilai mampu melindungi atap dari penuaan dini, korosi, pengelupasan, karat dan resapan air.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih cat genteng dari Avian. Avian Brands akan memberikan perlindungan maksimal untuk berbagai atap rumah yang Anda gunakan.

Mengenal Avian Brands Sebagai Produsen Cat Terbaik

Avian berada di bawah PT Avia Avian yang didirikan oleh Soetikno Tanoko pada 1 November 1978. Awalnya hanya memproduksi cat kayu dan besi saja dan saat itu lokasinya hanya berada di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada tahun 1981, Avian mulai memproduksi merk "Avitex" untuk produk cat tembok. Anak termuda dari Soetikno Tanoko, yakni Hermanto Tanoko mulai bergabung di tahun 1982 dan disusul oleh anak pertamanya, Hermanto Tanoko di tahun 1983.

Harga Cat Genteng

Ekspansi produk terus dilakukan oleh Avian, hingga di tahun 1985 memproduksi cat otomotif, termasuk top coats, primers dan cat spray. Lalu pada tahun 1986, Avian mulai memproduksi resin dengan membeli 3 reactor dari Korea.

Satu tahun berikutnya, yaitu pada tahun 1987, Avian membeli lahan seluas 60.000 meter persegi untuk ekspansi fasilitas pabrik dan fasilitas gudang. 

Pada tahun 2001, PT Avia Avian membentuk anak perusahaan, yaitu PT Tirtakencana Tatawarna untuk pengembangan pusat distribusi di berbagai lokasi di Indonesia.

PT Avia Avian Tbk. secara resmi menjadi perusahaan yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia dengan kode saham AVIA. Sementara itu, PT Tirtakencana Tatawarna juga berhasil menyabet Sertifikasi ISO 9001:2015 dari LRQA, standar internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu.

Keunggulan Avian Brands Dibanding Cat Merek lainnya

Avian Brands sendiri telah berjalan lebih dari 4 dekade dan telah memproduksi beragam kebutuhan cat untuk keluarga Indonesia, mulai dari Avian Cat Kayu dan Besi, Avitex Cat Tembok Kebanggaan Orang Hebat dan No Drop Cat Pelapis Anti bocor.

Cat Genteng Avian

Produk cat yang dihadirkan oleh Avian merupakan kualitas premium yang terbuat dari bahan akrilik dan pigmen khusus, serta diformulasikan untuk perubahan cuaca yang ekstrim.

Berikut Blogmashendra.com sajikan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh cat Avian Brands :

1. Cat Avian hadir dengan berbagai pilihan cat atap untuk genteng dan seng

  • Absolute Roof Coating : anti jamur & lumut, daya rekat terbaik dan hasil lebih mengkilap
  • Avitex Cat Genteng & Seng : daya tutup terbaik, tahan cuaca dan mudah diaplikasikan
  • Yoko Cat Genteng & Seng

 2. Mengantongi banyak sertifikasi standar internasional

  • Sertifikasi ISO 9001:2000 untuk layanan pelanggan dan standar manajemen mutu (tahun 2006)
  • Sertifikasi OHSAS 18001 untuk pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja (tahun 2009)
  • Sertifikasi ISO 14001 untuk manajemen lingkungan sesuai dengan standar internasional (tahun 2012)
  • Sertifikasi ISO 34001:2018 sebagai bentuk komitmen perusahaan atas pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja sesuai dengan standar internasional (tahun 2020)

3. Memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca

4. Daya tutup yang baik dan mudah diaplikasikan

5. Melindungi dan mempercantik genteng beton, asbes, seng dan plesteran semen

6. Tanpa menggunakan campuran bahan merkuri dan timbel

7. Memberikan hasil akhir yang lebih mengkilap

Demikian informasi mengenai tips memilih cat genteng yang tepat, sehingga menghasilkan tampilan atap rumah yang tahan lebih lama, menarik dan sedap dipandang. 

Avian Brands merupakan cat pilihan yang tepat untuk Anda, agar kualitas genteng tetap terjaga dengan baik.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Tips Memilih Cat Genteng yang Berkualitas dan Menarik"

  1. Soal memilih cat memang agak sulit apalagi banyak banget warna intinya sih aku lebih milih yang kalem kalau soal cat, hehe. Hemm avitex memang andalan soal cat apalagi buat genteng yang terpapar cuaca secara langsung. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus