Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asuransi Syariah Solusi Perlindungan Finansial yang Halal

Mengenal Asuransi Syariah

Produk asuransi tidak hanya asuransi umum atau konvensional saja, tetapi juga ada asuransi syariah yang tidak melanggar kaidah agama. Sehingga, umat Muslim bisa tetap memiliki perlindungan dari asuransi dengan cara yang halal, karena tidak ada unsur riba di dalamnya.

Anda dapat mengetahui beragam pilihan produk asuransi di Lifepal.co.id, termasuk asuransi syariah. Salah satu produk tersebut adalah asuransi syariah Takaful Keluarga yang bisa memberikan perlindungan finansial dengan cara yang halal.

Dalam produk syariah, terdapat pula asuransi syariah untuk mobil terbaik yang Anda pilih sebagai pemilik kendaraan roda empat.

Mengenal Asuransi Syariah 

Asuransi syariah bisa didefinisikan sebagai produk perlindungan finansial yang dikelola dengan dasar syariat Islam. Produk asuransi syariah ini berada di bawah pengawasan langsung Dewan Pengawas Syariah Indonesia.

Ada banyak ragam produk asuransi syariah yang bisa ditemui di Indonesia pada saat ini, mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan. Sedangkan kebutuhan asuransi mobil dalam format syariah juga bisa dipilih dari banyak pilihan, seperti di Lifepal.co.id.

Asuransi syariah sebagai sebuah produk asuransi juga memiliki beberapa definisi lain yang diungkapkan oleh para ahli, salah satunya adalah Wahbah Az-Zuhaili yang dikutip dari buku "Bank dan Asuransi Islam di Indonesia".

Az-Zuhaili menyebutkan, bahwa asuransi merupakan kesepakatan antara beberapa orang yang membayar sejumlah uang yang menjadi ganti rugi ketika salah satu di antara orang-orang tersebut mengalami kesusahan atau kemudharatan

Berdasar pendapat tersebut, maka akad pada asuransi syariah mewajibkan nasabah untuk membayar sejumlah uang kepada pihak asuransi dengan perjanjian ketika ada peserta asuransi yang mendapatkan musibah, maka akan diganti rugi dari uang yang dikumpulkan tersebut. Uang yang dikumpulkan ini memiliki peran yang sama dengan premi.

Kini ada cukup banyak produk asuransi syariah yang bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan perlindungan dari beragam risiko tanpa takut harus melanggar syariat, sehingga perlindungan finansial dalam wujud asuransi tetap bisa dimiliki tanpa harus ragu melakukan praktik ekonomi yang termasuk praktik haram.

Asuransi Mobil Syariah

Sama seperti asuransi konvensional pada umumnya, asuransi mobil syariah juga menawarkan manfaat atau jaminan yang sama dengan besaran premi yang sama juga. Bahkan, asuransi syariah juga memiliki bengkel rekanan yang bekerja sama dengan asuransi konvensional.

Asuransi Mobil Syariah
Ilustrasi (gambar : pixabay.com/vainodesositis)

Yang membedakan kedua jenis asuransi ini hanya pada prinsip kerjanya saja. Asuransi konvensional menggunakan prinsip jual beli di mana perusahaan asuransi maupun nasabah sama-sama mengharapkan keuntungan.

Cara kerja asuransi mobil syariah adalah tolong menolong (ta'awun). Tolong menolong yang dimaksud adalah antara sesama peserta asuransi yang dilakukan melalui perantara perusahaan asuransi.

Nasabah memberikan kuasa kepada perusahaan asuransi untuk mengelola dana tabarru' (premi) melalui akad wakalah bil ujrah. Sebagai ganti dari jasana mengelola dana tersebut, perusahaan asuransi mendapatkan upah jasa atau ujrah.

Nantinya dana tabarru' yang dibayarkan nasabah secara berkala akan dialokasikan untuk biaya ganti rugi atas nasabah lain yang mengalami risiko kerugian.

Nah demikian pembahasan mengenai asuransi syariah yang salah satunya asuransi mobil syariah. 

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Asuransi Syariah Solusi Perlindungan Finansial yang Halal"

  1. Nah kadang tuh dalam bisnis sedikit ragu kalau tidak sesuai syariat Islam, jadi lebih aman memang memilih yang syariah begitu pula asuransi bisa jadi andalan ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus