Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Rumah Second Agar Kamu Tidak Salah Beli

Tips Membeli Rumah Second

Membeli rumah dijual dengan status second atau bekas menjadi hal yang menantang. Pasalnya kamu perlu melakukan banyak riset sebelum akhirnya menentukan pilihan. Seperti yang sudah kita tahu bahwa rumah seken adalah hunian yang sudah pernah ditempati orang lain sebelumnya.

Ada alasan mereka (penghuni sebelumnya) untuk pindah dari rumah tersebut ke hunian lain. Alasan tersebut perlu kamu ketahui sebagai tambahan informasi. Namun, hal yang paling utama harus kamu ketahui adalah izin berdirinya bangunan dan juga kualitas bangunan itu sendiri.

Lalu, bagaimana ya cara untuk mengetahui rumah second yang masih layak untuk dibeli? Apakah ada tips yang bisa digunakan untuk memastikan hunian tersebut aman dan pantas untuk ditinggali? 

Mari kita simak beberapa pembahasan sebagai berikut :

Tips Membeli Rumah Second

Di bawah ini ada beberapa tips untuk membeli rumah second. Yuk kita simak bersama :

Dapatkan referensi dari sumber yang jelas

Untuk mendapatkan hunian seken yang aman dan berkualitas, pastikan kamu mencari dan mendapatkan referensi hunian dari sumber terpercaya. Sumber tersebut bisa melalui aplikasi pencarian properti, website e-commerce properti rekanan bank atau bahkan dari bank langsung.

Apabila kamu mempunyai keluarga dan rekan yang bekerja sebagai agen properti, tidak ada salahnya meminta rekomendasi mereka ya.

Minta rekomendasi bank

Meminta rekomendasi dari bank bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya bank pasti mempunyai rekanan developer yang memiliki stok unit properti. Biasanya bank akan memberikan informasi stok properti seken yang tersedia melalui website.

Kamu hanya perlu mengunjungi bagian stok properti seken. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa langsung datang ke cabang bank terkait dan berkonsultasi dengan bagian KPR/KPA.

Buat pembanding

Membuat perbandingan dengan properti seken lain tidak ada salahnya lho. Justru dengan membandingkan properti, kamu bisa mendapatkan referensi yang bagus. Kamu akan mendapatkan banyak inspirasi properti yang ingin kamu beli. Pastikan rumah pembanding adalah huniahn yang baik dan berasal dari sumber terpercaya ya.

Bandingkan harga

Setelah membandingkan kualitas properti, kamu bisa membandingkan harga properti. Tujuan dari membandingkan harga adalah agar kamu bisa menyesuaikan harga jual rumah dengan bujet di kantongmu.

Ini penting lho, sebab kamu juga harus memikirkan kebutuhan kamu setelah membeli rumah. Kamu tetap harus menyiapkan dana untuk membeli perabot rumah, renovasi atau memasang instalasi listrik yang diperlukan dan sebagainya.

Cek kelengkapan dokumen penting

Dokumen penting menjadi salah satu hal penting yang harus dilengkapi. Kamu harus memastikan rumah seken tersebut legal secara bangunan dan kepemilikan. Ini penting ya, tujuannya agar kamu tidak terlibat dalam sengketa dan masalah kepemilikan rumah di masa depan.

Observasi langsung ke unit

Observasi langsung ke unit bisa dilakukan sebagai upaya melihat dan menilai properti serta lingkungan sekitar. Pastikan kamu mengajak sahabat atau keluarga ketika melakukan kunjungan. Biasanya agen properti dan developer/pemilik rumah akan hadir juga untuk mengajak kamu berkeliling. 

Agar kamu lebih mudah mengevaluasi kondisi rumah, tidak ada salahnya meminta bantuan keluarga atau teman untuk turut hadir menemani kamu melakukan kunjungan.

Rumah seken bukanlah opsi terakhir, tetapi ini bisa menjadi opsi utama juga apabila kamu lebih menyukai hunian seken. Jangan ragu untuk menelusuri area sekitar kamu, seperti rumah di Bekasi, rumah di Depok atau daerah lain. Hal yang perlu dipastikan adalah cek status legal rumah tersebut ya.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Tips Membeli Rumah Second Agar Kamu Tidak Salah Beli"

  1. Solusi buat yang mau beli rumah baru tapi uang di kantong ga menjangkau, bisa mencari rumah bekas yang bagus. Gak ada salahnya kalau yang bekas pun ga beda jauh sama yang baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, asalkan tau triknya, insha Allah bisa dapetin rumah bekas yang masih layak.

      Hapus