Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Beberapa Tips Ganti Ban Mobil Agar Tidak Salah

Tips Ganti Ban Mobil

Mengganti ban mobil dengan ban yang baru tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak sampai mengganggu keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. 
Untuk Anda yang belum pernah mengganti ban mobil sendiri, berikut ini tips ganti ban mobil yang perlu Anda perhatikan.

Pastikan Anda sudah siap dengan peralatan dan perlengkapan yang akan Anda perlukan selama proses penggantian ban. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa membawanya ke bengkel kendaraan agar bisa ditangani oleh ahlinya.

Perhatikan Tips Ganti Ban Mobil

Ban merupakan komponen yang penting pada mobil yang harus diganti secara berkala. Hal ini dikarenakan ban akan mengalami deformasi atau keausan jika digunakan dalam jangka waktu dan jarak tertentu. 

Namun saat ingin mengganti ban baru, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

Saat berkendara, besar kemungkinan akan mengalami aus dan ban habis secara tidak bersamaan. Bukan hanya itu saja, beberapa mitos sering dipahami dan ditangkap keliru oleh para pemilik kendaraan. Maka dari itu, berikut ini panduan yang perlu Anda perhatikan sebagai tips ganti ban mobil.

Batas kadaluarsa ban

Terdapat banyak mitos yang mengatakan bahwa ban memiliki batas kadaluarsa. Hal ini sering dipahami dengan keliru oleh masyarakat yang memiliki mobil. Ada yang beranggapan batas kadaluarsa ban sekitar tiga hingga lima tahun. Namun dari berbagai informasi, ban tidak memiliki batas kadaluarsa tertentu.

Penggantian minimal ban

Saat ingin mengganti ban, tidak disarankan untuk mengganti hanya pada satu titik lokasi saja. Hal ini dikarenakan akan berdampak pada kemampuan daya cengkram ban serta handling pada mobil. Kondisi yang tidak seimbang ini akan membuat mobil menjadi kehilangan kendali, terlebih lagi pada permukaan jalan yang cenderung licin.

Desain tapak ban

Selama tidak ditemui kerusakan pada struktur mata ban yang sudah berusia di atas 5 tahun, maka dianggap aman. Banyak kasus ban dengan usia lebih dari 5 tahun masih bisa digunakan dan tetap aman serta awet.

Namun Anda harus memilih ban secara hati-hati. Perhatikan kondisi fisik, walaupun baru, tetapi kondisi fisik sudah retak benjol, sebaiknya dihindari. Jadi intinya, tidak ada patokan baku mengenai batas kadaluarsa selama masih dalam kondisi baik, maka aman untuk digunakan.

Ketebalan ban tidak sesuai

Tips ganti ban mobil selanjutnya adalah, setiap ban mobil telah dilengkapi dengan tread wear indicator masing-masing. Hal ini menjadi indikasi atau tanda batas keausan ban yang boleh digunakan.

Cara mengetahuinya dengan memperhatikan kembang ban, apakah sudah menyentuh segitiga TWI atau belum. Jika sudah menyentuh, maka Anda harus segera mengganti ban mobil dengan ban yang baru. 

Terdapat dua posisi indikator, yaitu bagian tengah telapak ban dan tepi ban.

Pada bagian tepi, Anda akan melihat segitiga kecil pada area bawah kembang ban. Sementara pada tengah telapak ban terdapat benjolan yang tidak sampai tinggi.

Permukaan ban gundul

Kondisi ban gundul benjol atau retak, sebaiknya harus segera diganti dengan yang baru. Untuk cara mengetahuinya, Anda bisa mencari bengkel terdekat, baik bengkel umum maupun bengkel resmi.

Hal terpenting yang sebaiknya diperhatikan adalah penggantian ban dilakukan secara berkala dengan memperhatikan ciri umum kapan ban harus diganti.

Jarak tempuh mencapai 40.000 KM

Alangkah baiknya mengganti ban setelah mencapai 3 tahun pemakaian. Hal ini memang ada benarnya, karena ban yang sudah tua, tidak aman untuk digunakan. Namun jika jarak tempuh telah mencapai 40.000 KM, sebaiknya Anda mengganti ban yang baru, walaupun belum 3 tahun.

Jika jarak tempuh telah melewati batas, maka ban akan mengalami keausan walaupun kelenturannya masih cukup bagus. Maka dari itu, penggantian ban yang baru merupakan sebuah keharusan.

Tips Memilih Ban Mobil

Untuk mengetahui tips ganti ban mobil, Anda juga harus mengetahui tentang cara memilih ban mobil yang bagus. Apa saja pertimbangannya dalam memilih ban mobil tersebut? Berikut ulasannya.

Tips Memilih Ban Mobil

Sesuaikan ban dengan kebutuhan

Apapun produk yang Anda beli, pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan. Pengguna mobil seharusnya lebih tahu apa yang mereka butuhkan saat mengganti sebuah komponen pada kendaraan, khususnya mobil. Jika Anda sering bepergian menggunakan mobil, maka mud terrain merupakan tipe ban yang cocok.

Jenis ban ini terkenal kuat dan kokoh, jadi bisa menempuh medan yang sulit sekalipun. Namun jenis ban ini dianggap kurang cocok untuk mobil yang hanya menempuh perjalanan kota, karena memiliki daya cengkram yang lemah.

Pastikan ukuran ban sudah sesuai

Ukuran yang tepat merupakan syarat penting saat memilih ban mobil. Namun Anda harus mengetahui arti kode yang terukir pada permukaan di samping ban. Anda tidak perlu khawatir, karena bisa menerjemahkannya dengan mudah.

Memilih ban terbaik dari desain alur

Tips ganti ban mobil saat memilih ban, perhatikan desain alur atau motif yang sesuai. Hal ini sangat penting, karena bisa memperbesar gesekan ban dengan jalanan. Jika gesekan yang terjadi kecil, maka risiko tergelincir di jalanan semakin besar.

Pola desain V merupakan bahan yang sangat direkomendasikan untuk mereka yang menggunakan medan jalan terjal atau basah. Pola ini memiliki daya gesek yang tinggi, maka dari itu sangat cocok untuk jalan berair dan licin.

Pertimbangkan ketebalan

Jika Anda bertanya apakah harus mempertimbangkan ketebalan, maka jawabannya perlu. Ban yang tebal bisa meningkatkan performa dan keseimbangan untuk kendaraan.

Namun jika Anda tidak mempertimbangkan ketebalan yang tepat, maka performa kendaraan akan menurun. Ban yang memiliki ketebalan yang cukup tinggi biasanya lebih mahal daripada yang tidak tebal.

Memilih merek terbaik

Saat ini banyak brand ban mobil, sehingga akan menyulitkan Anda untuk memilih. Untuk memastikan Anda tidak salah memilih, sebaiknya pilih brand dan cari informasi rekomendasi ban mobil terbaik.

Pastikan Anda selalu memperhatikan ban mobil. Anda bisa mengikuti tips ganti ban mobil tersebut sebagai acuan. Lantas jika Anda bertanya, di mana saya bisa mengganti ban mobil berkualitas baik? Maka jawabannya adalah di bengkel mobil terdekat dari lokasi saya berada.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perhatikan Beberapa Tips Ganti Ban Mobil Agar Tidak Salah"