Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Data Management Platform untuk Mengelola Data Audiens

Pengertian Data Management Platform

Sebagai seorang pelaku usaha, tentu saja Anda harus menerapkan strategi promosi bisnis yang tepat, agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya pahami karakteristik audiens terlebih dulu. Nah di sinilah pentingnya mengetahui pengertian Data Management Platform agar promosi bisnis bisa berjalan lebih efektif.

Maka dari itu, Anda membutuhkan dukungan berupa Data Management Platform atau DMP untuk melihat data audiens atau pelanggan, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menganalisa serta merumuskan strategi promosi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Bisa dibilang DMP merupakan solusi yang tepat untuk bisnis yang Anda jalani. Apalagi persaingan bisnis semakin ketat. Hal ini membuat Anda harus meningkatkan strategi pemasaran dengan cara yang tepat.

Pengertian Data Management Platform

Bagaimana caranya memahami karakteristik pelanggan? Di sinilah peran penting dari Data Management Platform. Melalui DMP, Anda bisa mengelola, mengenali dan memahami semua data audiens yang dihasilkan dari aktivitas pelanggan di sebuah website maupun aplikasi .

Dari data yang dikumpulkan tersebut, Anda bisa menerapkan strategi promosi yang jauh lebih efektif dan efisien. Data ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengatur strategi pemasaran saja, tetapi juga bisa meningkatkan konversi serta meningkatkan pendapatan Anda.

Data Management Platform adalah sebuah teknologi berbasis aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan dan mengelola berbagai data audiens dari berbagai sumber, mulai dari profil pelanggan, menyimpan data ringkasan prospek pelanggan hingga membagikannya ke team pemasaran.

Manfaat Data Management Platform

Salah satu strategi yang memiliki peluang besar untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan pendekatan secara personal terhadap pelanggan. Di sinilah pentingnya Anda menyimpan data pelanggan agar bisa mengetahui karakteristik masing-masing audiens.

Selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat lainnya dari DMP, sebagai berikut :

  • Mengumpulkan semua informasi data pelanggan ke dalam satu platform
  • Membantu mengidentifikasi pelanggan baru. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menerapkan strategi promosi yang tepat serta kesempatan untuk membuat segmentasi pasar baru
  • Memberikan hasil yang lebih akurat melalui laporan yang dibuat secara berkesinambungan

Pentingnya Penerapan Data Management Platform dalam Menyusun Strategi dan Promosi Bisnis

Berdasarkan sebuah survey yang dilakukan oleh Indogroup, menyebutkan sebanyak 62 persen pelaku usaha telah berinvestasi DMP sebagai solusi pemasaran. Sementara 26 persen di antaranya baru akan berinvestasi di tahun berikutnya.

DMP tidak hanya digunakan sebagai alat promosi bisnis saja, melainkan bisa juga digunakan untuk saling berinteraksi dengan pelanggan secara real-time. Dengan cara ini, para pelaku usaha akan memberikan pengalaman yang berkesan terhadap setiap pelanggan.

Dengan mengandalkan DMP, para pelaku usaha bisa dengan mudah mengumpulkan informasi minat pelanggan, kunjungan website dengan alamat email serta data-data penting lainnya. Sehingga  Anda akan mendapatkan data pelanggan secara menyeluruh untuk menyusun strategi promosi bisnis yang tepat sasaran.

Libatkan Data Management Platform dalam Iklan Digital untuk Bisnis Anda

Berkat teknologi pada DMP, kini para pelaku usaha bisa lebih mudah untuk menyusun dan membuat pemasaran digital (digital marketing) yang lebih tepat sasaran. Kampanye digital marketing pun bisa lebih efektif berkat pengelolaan data pelanggan.

Data Management Platform

Dengan memanfaatkan DMP, Anda bisa lebih mudah untuk :

  1. Mengumpulkan data dari berbagai sumber, baik lewat online maupun offline
  2. Pengintegrasian data bisa dilakukan menggunakan algoritma Machine Learning, sehingga pelaku usaha akan mendapatkan data pelanggan secara menyeluruh, baik data dari pihak pertama, kedua atau ketiga
  3. Mengklasifikasikan data pelanggan berdasarkan merek, profil hingga kebiasaan pasar tertentu
  4. Mengelola data dan menjalankan kampanye iklan berbagai platform, seperti iklan digital, video, media sosial hingga mesin penelusuran
  5. Menganalisis serta melaporkan data agar pemasaran online bisa lebih optimal, sehingga customer engagement juga akan ikut meningkat

Manfaatkan Jasa Digital Advertising dengan Telkomsel DigiAds

Anda sebagai pelaku usaha, perlu sekali mengetahui bahwa Anda bisa memanfaatkan jasa pemasaran digital (digital advertising) besutan Telkomsel, yakni Telkomsel DigiAds. 

Data Management Platform dari Telkomsel DigiAds

Telkomsel DigiAds merupakan penyedia layanan pemasaran digital yang komprehensif, terintegrasi serta didukung tenaga yang inovatif. Dengan mengandalkan Telkomsel DigiAds, Anda bisa menggabungkan merek dan perusahaan dengan jaringan pelanggan Telkomsel yang jumlahnya lebih dari 160 juta pelanggan.

Layanan apa saja yang diberikan oleh Telkomsel DigiAds? Berikut poin-poinnya :

  1. Messaging : Pengiriman pesan promosi yang tepat sasaran dalam format teks (SMS), gambar (MMS) maupun suara (IVR)
  2. Display : Solusi untuk memikat konsumen lewat gambar maupun video yang memukau dengan pelanggan yang menggunakan jaringan dan layanan Telkomsel
  3. Reward : Solusi untuk saling berinteraksi serta menarik pelanggan baru dengan menggunakan hadiah, seperti paket data Telkomsel
  4. Programmatic : Solusi programmatic advertising yang bisa menghubungkan antara pengiklan dan penerbit dengan inventaris afiliasi Telkomsel menggunakan direct sales, private marketplace dan Real-Time Bidding.

Nah jika Anda tertarik untuk memasarkan bisnis Anda, jangan lewatkan kesempatan untuk menghubungi team Telkomsel DigiAds melalui : digitalads@telkomsel.co.id

Anda juga bisa mengikuti beberapa akun media sosial Telkomsel DigiAds untuk mendapatkan informasi dan produk-produk paling update berikut ini :

  • Instagram : https://www.instagram.com/telkomsel.digiads/
  • Facebook : https://www.facebook.com/TelkomselDigiad
  • LinkedIn : https://www.linkedin.com/company/telkomseldigiads/
  • YouTube : Digiads Telkomsel

Demikian informasi mengenai Data Management Platform yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menjadi referensi bagi Anda yang saat ini sedang mencari jasa pemasaran digital dengan memanfaatkan basis data pelanggan.

2 komentar untuk "Pengertian Data Management Platform untuk Mengelola Data Audiens"

  1. Ngomongin manajemen kita memang harus pandai-pandai mengatur segalanya. Terlebih blogger harus pandai manajemen platform dan audiens, mantep ini. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya semua orang perlu belajar ilmu manajemen Mba, apapun itu. Karena pada dasarnya, manajemen itu penting banget.

      Hapus