Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Aplikasi blu Lewat Acara bluMusical - Mulai Langkahmu

Seru Banget Bisa Nonton Acara bluMusical

Sebagai seorang blogger, saya berusaha untuk mengoptimasi beberapa blog yang saya kelola agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sehingga uangnya bisa saya gunakan untuk membayar perpanjangan domain, membeli paket internet bulanan dan berbagai keperluan lainnya. Sebenarnya ada satu lagi impian yang belum terwujud, yaitu pengen ganti laptop keluaran terbaru! 😄

Laptop Acer yang saya pakai saat ini memang sudah ketinggalan banget, mulai dari spek, sistem operasinya bahkan desainnya juga tebal banget, mirip buku Yellow Pages, hahahaha. Apalagi sekarang kinerjanya semakin lemot. Namun di satu sisi saya salut banget, karena laptopnya terhitung awet, sudah menemani saya lebih dari 14 tahun.

Biar bisa punya laptop yang baru, saya harus lebih rajin lagi menabung dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan dari ngeblog. Masalahnya, saya masih mengandalkan satu m-banking saja untuk melakukan berbagai transaksi, seperti membeli paket internet, membayar tagihan listrik hingga menabung penghasilan dari ngeblog.

Kalau uang hasil dari ngeblog disimpan dalam satu m-banking yang sama, saya khawatir lama kelamaan uangnya akan habis terpakai. Pengennya sih mau buka rekening baru lagi, tapi malah bingung sendiri mau nabung di mana. Apalagi saat ini banyak sekali produk tabungan digital yang ditawarkan oleh bank. Namun satu pun belum ada yang cocok, baik dari sisi fitur maupun keamanan.

Mengenal Aplikasi blu Lewat Acara bluMusical

Awal perkenalan saya dengan Aplikasi blu by BCA Digital ini setelah nonton bluMusical. Acara bluMusical ini ditayangkan secara live di YouTube maupun Instagram blubybcadigital pada tanggal 17 Agustus 2021 dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus mengenalkan produk blu dari BCA Digital.

Nonton bluMusical Seru Banget Deh

Saya dan beberapa rekan blogger berkesempatan untuk nonton bluMusical secara live di YouTube hingga acara selesai. Acara yang sarat dengan nuansa warna biru ini disajikan dengan sangat keren dan menghibur.

bluMusical #MulaiLangkahmu dirilis oleh Yura Yunita dan hasil kolaborasi dengan blu by BCA Digital. Acara yang memadukan gerak dan aransemen ini bertujuan untuk ngasih semangat anak muda Indonesia agar tidak ragu untuk memulai sesuatu yang baik. #YangPentingLakuin saja dulu. Kurang lebih isi pesan yang mau disampaikan seperti itu.

Di acara musikal ini, Coach Yura akan memandu para generasi millennials Indonesia yang kadang masih ragu untuk meraih impiannya. Melalui lagu yang dipadukan dengan gerak dan aransemen yang oke banget, sehingga penonton akan merasakan pengalaman baru untuk memahami isi lagu tersebut.

Selain Yura Yunita, acara bluMusical juga dibintangi oleh Eva Alicia, Jehian P. Sijabat dan Raymond Chin. Di sini Yura Yunita sebagai penyanyi lagu #MulaiLangkahmu. Eva Alicia seorang pelukis sekaligus entrepreneur muda yang akan membagikan pengalaman dalam menjalani passion-nya. 

Lalu Jehian P. Sijabat seorang YouTuber sekaligus entrepreneur yang akan berbagi pengalaman membangun bisnis F&B Menantea hingga talent manager untuk beberapa influencer internasional. Dan yang terakhir ada Raymond Chin, CEO & Co Founder Ternak Uang yang juga seorang YouTuber dan konten kreator yang akan memotivasi dalam menjalani bisnis.

Pengisi acara bluMusical ini dibintangi oleh talent-talent berbakat yang keren dari Jakarta Movin dan disutradarai langsung oleh Nurul Susantono atau yang biasa disapa Nuya yang sudah punya latar belakang di bidang musikal. Makanya tidak heran jika acara ini punya daya tarik tersendiri deh.

Inti pesan dari acara musikal ini adalah untuk mengajak kaum muda atau generasi millennials Indonesia yang masih ragu untuk melangkah dalam mewujudkan impiannya, karena derasnya persaingan dan tantangan yang berat. Sikap seperti ini seharusnya dijauhi dan harus lebih berani lagi menghadapi tantangan yang ada.

bluMusical ingin memberikan semangat sekaligus mengajak untuk meraih apa yang telah kamu cita-citakan, mulai dari punya bisnis sendiri, kuliah lagi, punya biaya untuk nikah atau punya rumah sendiri dari hasil tabungan atau apapun. Nah di sinilah hadirnya blu untuk menemani setiap langkahmu untuk mengatur keuanganmu.

Pengalaman Nonton Acara Musikal Ala BCA Digital

Nonton bluMusical ini seru banget lho. Awalnya saya pikir bakalan membosankan, tapi dugaan saya salah. Acaranya asyik banget. BCA Digital mengenalkan aplikasi blu dengan cara yang asyik dan tidak bikin bosan. Selain berkenalan dengan aplikasi blu, penonton juga jadi lebih mudah untuk mengetahui masing-masing fungsi dan fitur yang ada di blu.

bluMusical juga ngasih banyak inspirasi dan motivasi untuk kita semua, khususnya generasi muda agar rajin menabung, sehingga impian memiliki finansial yang mapan bisa terwujud.

Motivasi yang disampaikan lewat lagu, tentu lebih mudah diingat sampai kapanpun. Apalagi lagunya seru dan unik dengan gerakan lincah dari Coach Yura. Membuat setiap penonton terkesima dan lebih mudah memahami isi pesan dan ajakannya.

Saya juga merasa tertampar setelah nonton bluMusical, apalagi kalau sudah ngomongin soal rencana keuangan. Deuuuh rasanya kok baru sekarang ya saya ingin memperbaiki finansial bersama aplikasi blu.

Oh iya guys, di acara tersebut, ada satu quote yang menarik banget dan bikin kamu lebih semangat lagi untuk mencapai kesuksesan. 

Punya target dan budget yang jelas itu penting banget. Kemudian kunci dengan disiplin dan fokus - Raymond Chin, CEO & Co Founder Ternak Uang

Penasaran kan? Nah bagi kamu yang belum sempat nonton bluMusical ini, yuk kamu bisa lihat videonya di bawah ini. Dijamin seru abis lho. Durasinya juga singkat kok.

Mengenal Aplikasi blu, Sebagai Platform Perbankan Next Generation 

PT. Bank Central Asia Tbk, melalui entitas usahanya, PT BCA Digital, merilis sebuah aplikasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan keuangan nasabah dengan lebih baik, lebih mudah dan lebih modern. Aplikasi tersebut dinamakan blu. Aplikasi blu resmi diluncurkan pada 2 Juni 2021.

Mengenal Aplikasi blu Lewat Nonton bluMusical

Layanan aplikasi blu bisa diakses dari mana saja melalui ponselmu, setiap hari nonstop. Lewat blu, kamu bisa lebih mudah mengatur keuanganmu, karena di blu kamu bisa membuat 10 tabungan hanya dalam 1 rekening saja. Dengan begitu, kamu jadi lebih disiplin mengatur keuanganmu.

Aplikasi blu by BCA Digital merupakan platform perbankan next generation, karena memberikan pengalaman perbankan yang lebih optimal dan menyenangkan, mulai dari tampilannya lebih fresh yang disesuaikan dengan generasi muda yang terbiasa bertransaksi secara digital. 

Kenalan blu Digital Nonton bluMusical

Aplikasi blu hadir sebagai ekosistem bank digital tanpa kantor cabang (branchless) dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. blu juga terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh BCA, seperti call center dan jaringan ATM. 

Cara Membuka Tabungan Online blu

Proses pendaftaran dan pembukaan rekening di blu ternyata cepat lho. Dan pastinya gratis. Pastikan akses internet kamu lancar. Prosesnya tidak kurang dari 30 menit, akun blu sudah bisa digunakan. Bagi kamu yang penasaran pengen buka rekening baru lewat aplikasi blu, berikut langkah-langkahnya :

1. Download aplikasi blu

Pertama-tama, kamu harus download aplikasi blu di ponsel. Aplikasi blu tersedia untuk pengguna Android dan iPhone. Ukuran file-nya juga tidak terlalu besar kok. Jadi tidak akan bikin memori ponselmu penuh.

  • Bagi pengguna Android, bisa download di Play Store 
  • Bagi pengguna iPhone, bisa download di App Store 

2. Aktifkan screen lock di ponsel

Bagi kamu yang belum mengaktifkan screen lock di ponsel, maka kamu wajib mengaktifkannya terlebih dulu. Kalau masih belum aktif, maka aplikasi blu belum bisa digunakan. Selanjutnya masukkan nomor ponsel yang aktif dan atur kunci layar pada ponsel.

Aktifkan Screen Lock di Ponsel

3. Siapkan e-KTP dan NPWP

Sebelum melanjutkan proses pembukaan rekening, kamu perlu menyiapkan e-ktp dan npwp (opsional). Lalu masukkan email yang aktif dan selanjutnya verifikasi nomor ponsel. Kode OTP akan dikirim melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan.

Siapkan Dokumen e-KTP dan NPWP

4. Buat password

Kamu wajib membuat password aplikasi blu. Ingat, masukkan semua kombinasi, mulai dari huruf (huruf besar dan kecil), angka dan tanda baca. Setelah selesai membuat password, kamu perlu menyiapkan data dan lakukan pengenalan wajah.

Buat Password di Aplikasi blu

5. Verifikasi wajah 

Lakukan proses verifikasi wajah dengan cara foto selfie. Jika proses data dan pengenalan wajah sudah oke, selanjutnya masukkan alamat.

Verifikasi Wajah di Aplikasi blu

6. Data pekerjaan 

Kamu juga wajib memasukkan informasi pekerjaanmu pada proses pengisian data. Kalau sudah selesai mengisi data, konfirmasi ulang, apakah data yang dimasukkan sudah benar atau belum. Selanjutnya baca syarat dan ketentuan, kalau sudah, klik LANJUT.

Masukkan Data Pekerjaan di Aplikasi blu

7. Video call 

Langkah berikutnya, lakukan video call dengan petugas tim haloblu. Kamu akan diminta untuk difoto sambil memegang e-ktp. Kamu bisa melakukan video call mulai dari pukul 06.00 - 22.00.

Lakukan Verifikasi Online Lewat Video Call di Aplikasi blu

8. Aktifkan PIN 

Kalau sudah selesai video call, maka akan ada notifikasi bahwa akun blu milikmu sudah jadi. Selanjutnya aktifkan PIN untuk setiap transaksi di aplikasi blu. Setelah itu, kamu perlu menunggu beberapa saat agar akunmu benar-benar aktif.

Aktifkan PIN di Aplikasi blu

9. Akun blu telah aktif

Tidak sampai satu jam, akun blu milikmu sudah aktif. Kamu bisa mencoba semua fitur di aplikasi blu, termasuk mengganti foto.

Download Aplikasi blu

Pengalaman Menggunakan Aplikasi blu

Setelah punya tabungan online blu, saya jadi lebih mudah mengatur keuangan saya, termasuk urusan menabung. Mulai saat ini, setiap penghasilan yang saya dapatkan dari blog maupun job lainnya, langsung saya simpan di blu. Pokoknya #YangPentingLakuin saja dulu. Jangan ragu untuk memulai dan jangan pernah menunda kebiasaan baik.

Tabungan Online blu

Aplikasi blu by BCA Digital

Aplikasi blu ini memudahkan saya untuk melakukan transaksi digital, mulai dari transfer antar bank, belanja online, membayar tagihan, top up uang elektronik, melakukan pembayaran menggunakan QRIS hingga tarik tunai di ATM BCA.

Kombinasi warna biru cyan pada aplikasi membuat nyaman di mata. Asyiknya, saya bisa menyembunyikan nilai saldo di aplikasi. Jadi kalau saldonya nol pun tidak malu, hahaha. Aplikasi blu sangat mudah digunakan. Kalau mau transaksi, tinggal klik tombol yang berada di tengah-tengah bagian bawah.

Untuk alasan kenyamanan dan keamanan, blu dilengkapi dengan password (untuk aplikasi) dan PIN (untuk setiap kali transaksi). Makanya kalau kamu kelamaan membuka aplikasi, maka sesi akan berakhir secara otomatis. Kamu perlu memasukkan password lagi untuk bisa membuka aplikasi.

Produk Unik Aplikasi blu

Kalau kamu sudah punya rekening di blu, ada beberapa fitur unik dan berbeda dari aplikasi digital sejenisnya. Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini :

bluGether : 

Produk bluGether di blu

Produk untuk mengatur keuangan secara bersama, entah itu bareng teman, saudara atau kerabat. Kamu bisa patungan menabung untuk membeli berbagai keperluan, seperti biaya traveling, kado untuk orang tua atau arisan. Menariknya, kamu bisa mengajak hingga 25 orang lho.

bluSaving :

Produk bluSaving di blu

Dengan fitur bluSaving, kamu bisa membuka rekening tabungan yang dapat dinamai sesuai pos-pos kebutuhanmu. bluSaving bisa tanpa goal layaknya tabungan biasa atau kamu juga bisa menentukan goal, misalnya untuk membeli laptop baru atau untuk liburan. Kamu bisa mengaktifkan fitur autodebit untuk mempermudah setoran ke bluSaving.

bluDeposit :

Produk bluDeposit di blu

bluDeposit merupakan tabungan deposito Non-ARO (tidak secara otomatis diperpanjang). Pada saat jatuh tempo, pokok dan bunga akan masuk ke bluAccount. Adapun minimal saldo bluDeposit sebesar Rp 10 juta dengan tenor mulai dari 1 sampai 12 bulan. Reminder perpanjangan bluDeposit akan muncul di aplikasi 7 hari sebelum jatuh tempo.

Alasan Menggunakan Aplikasi blu

Setelah saya membuka rekening dan punya tabungan online di blu, setidaknya bisa saya simpulkan ada beberapa alasan mengapa kamu juga harus menggunakan aplikasi blu.

Bisa Bayar Pakai QRIS di blu

  • Bisa punya 10 tabungan dalam 1 tabungan
  • Patungan online bisa sampai 25 orang
  • Buka deposito yang bisa di-top up, pencairan sebelum jatuh tempo tidak akan kena penalti
  • Bisa bayar atau membeli melalui aplikas
  • Transaksi pakai QRIS
  • Top up e-Money (OVO dan Gopay)
  • Meski tidak ada kartu ATM secara fisik, tapi bisa tarik tunai di ATM BCA
  • Bebas biaya admin
  • Bebas biaya tarik tunai di ATM BCA
  • Bebas biaya transfer ke BCA
  • Bebas biaya transfer dari BCA*
  • Bebas biaya transfer ke bank lain / top up e-Money**

*Melalui BCA Mobile dan ATM BCA

**Hingga 20 kali di 2 bulan pertama sejak pembukaan rekening. Setelah lewat dari 2 bulan, bebas biaya admin top up e-money / transfer ke bank lain tetap bisa dinikmati dengan memastikan saldo portofolio bulanan rata-rata di angka Rp 1 juta.

Konklusi

Nah buat kamu yang lagi mau menyusun rencana keuangan agar kondisi finansial tetap berjalan dengan baik, maka kamu harus mulai rajin menabung dan berhemat. Tentukan prioritas dan pastinya gunakan platform menabung online blu. Buruan tunggu apa lagi, segera buka rekening dan rasakan beragam manfaatnya. Atur masa depan finansialmu bersama blu.

Semoga bermanfaat.

38 komentar untuk "Mengenal Aplikasi blu Lewat Acara bluMusical - Mulai Langkahmu"

  1. Nonton bluMusical memang seru sih. Mimpiku yang sempat terasa impossible to reach jadi seolah menemukan jalannya. Apalagi aransemen lagu dan koreografinya keren. Selain itu, jalan ceritanya menginspirasi kita banget buat mengatur rencana keuangan untuk meraih mimpi.

    Keren sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak dikasih mood booster gitu ya Mba Yuni. Setelah nonton acara bluMusical, jadi lebih semangat lagi untuk nabung. Pokoke semuanya keren.

      Hapus
  2. Mantap beut anjuran #LakuinDulu buat mewujudkan yang yang ingin kita capai. Saya juga mengalami yang diceritakan di dalam lagu. Mau nabung enggak kesampaian. Cara misahin antara uang untuk kebutuhan dengan uang untuk investasi. Karena rekening juga cuman satu jadi nggak terkontrol. BluMusical sangat menampar. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti senasib kita Pak. Saya juga masih nyatu dalam satu rekening (m-banking). Namun semenjak pakai blu, saya langsung pisahin uang untuk tabungan dan uang untuk kebutuhan. BTW, seberapa keras tamparannya Pak Cikgu???

      Hapus
  3. Aku sendiri punya 2 rekening yang tertaut dengan mbanking. Salah satunya BCA. BCA selalu diminta kalau mau terima fee ngeblog. Btw kalau tabungan dicampur dalam satu rekening lama-lama bakal habis. Saya sendiri memisahkannya di rekening terpisah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo semua jadi satu rekening, isi tabungan pasti pelan-pelan akan habis. Makanya enak buka rekening baru di blu.

      Hapus
  4. Suka banget aku nonton musical keren..ada lagu dan koreografer nya pasti memanjakan mata. Jadi pengen nonton blumusical juga

    BalasHapus
  5. Seru banget ya, kayaknya akhir2 ini BCA beberapa kali ngeluarin produk digital, bener2 nggak ketinggalan zaman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nggak ngeluarin produk tabungan digital, ya pasti akan ditinggalkan oleh nasabah.

      Hapus
  6. Duh sayang banget saya kelewat acaranya. Tapi untuk aplikasi blu sendiri saya sudah pakai dan memang bermanfaat banget untuk transaksi sehari-hari dan nabung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa liat di YouTube lho, biar nggak penasaran.

      Hapus
  7. saya juga sekarang pakai blu nih mas, semoga bisa lebih semangat ngeblog karena pos-pos keuangan tentunya jauh lebih teratur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat cari cuan lewat blog, dan nabungnya di blu ya Mba.

      Hapus
  8. Wah sepertinya Saya akan mengikuti jejaknya Untuk ikutan download Dan mulai menabung di Blu. Proses pendaftarannya gampang banget ya ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses pendaftarannya cepat dan mudah kok. Yang penting jaringan internet lancar.

      Hapus
  9. kebetulan aku juga make blu ini mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana-gimana, pasti tabungannya udah banyak di blu.

      Hapus
  10. Wah ada videonya, nonton ah nanti malem, biar termotivasi juga merencanakan keuangan dengan lebih baik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton saja di Youtube Mba. Biar lebih termotivasi.

      Hapus
  11. Dengan satu nomer rekening kita bisa punya 10 tabungan ya mas.. ini asyik juga karena saya punya kebiasaan misahin post keuangan. Jadi lebih mudah dalam mengatur uang nih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly Mba. Jadi lebih mudah misahin pos keuangan.

      Hapus
  12. benar ya mas, meski penghasilan blog nggak seberapa, tapi kalau nggak dimenej bisa kemana mana juga, padahal kalau dikumpulin ya lumayan juga. Aku juga udah bikin dompet khusus buat penghasilan blog pake blu nih, bebas biaya admin pula

    BalasHapus
  13. Wah aplikasi blu by BCA ini keren banget ya. Bisa membuat 10 tabungan hanya dalam 1 rekening saja. Jadi lebih disiplin deh mengatur keuangan. Insyaa Allah cita-cita finansial lebih gampang terwujud yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja bisa lebih mudah mengatur keuangan ya Mba Diah.

      Hapus
  14. Amiin semoga bisa memiliki laptop baru yaa mas hendra, apapun rencananya semoga gak cuma wacana yaa. Jadi mirip sama blubyBCA nih, btwe seneng deh dengerin lagu kolaborasi sama kak yura yunita suka liriknya, sampe aku putar2 setiap hari jadi motivasi hehe.

    BalasHapus
  15. acara blumusical ini sangat menarik ya kak
    nggak hanya menghibur tapi juga memberi inspirasi tentang pengelolaan keuangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nggak sia-sia nonton bluMusical, jadi tau banyak soal rencana keuangan dan jadi tau juga ada produk baru dari BCA Digital.

      Hapus
  16. Mantapp bangett emang 😍😍
    Aku jg udah buka blu, suami, sama adik ikut2an wkwkw. Pake blugather sama blusaving. Semuanyaaa manfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih Mba Jihan. Udah ngerasain semua fiturnya.

      Hapus
  17. Animasinya unik banget sih kak.. jadi penasaran pengen lihat bluMusicalnya..eh sekalian ya buka rekening di blu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis nonton bluMusical, jangan lupa langsung buka rekening di blu ya Mba, hehehe.

      Hapus
  18. wah pastinya ini bermanfaat banget buat yang pengguna BCA, apalagi yang kerjaannya mobile dan busy pasti bermanfaat banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak pakai blu, jadi rajin nabung. Udah gitu free biaya transfer juga* (*syarat dan ketentuan berlaku!!)

      Hapus
  19. blu, bank digital yang bisa ini itu, dan menyatu dengan hidupmu. Asik sekali jinglenya blu by BCA Digital.

    Anak muda butuh banyak motivasi untuk meraih cita-citanya. Salah satu hal yang penting dilakukan adalah mengatur perencanaan keuangan. Terbantu sekali ya dengan blu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba Mutia, dengan blu, terbantu sekali dalam mengelola tabungan. Bisa lebih fokus menabung.

      Hapus