Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh

Bagi pengguna Android, tentu sering mengalami memori internal cepat penuh, padahal aplikasinya hanya itu-itu saja. Kendala ini tentu berpengaruh terhadap kinerja aplikasi lainnya. Terkadang kita terpaksa harus menghapus aplikasi yang jarang dipakai, agar bisa mengunduh aplikasi baru pada ponsel. Tentu ini bukan solusi yang kita inginkan. Namun jangan keburu galau dulu guys, melalui artikel ini, saya ingin berbagi triknya.

Pada awal kita membeli ponsel, entah itu kredit atau ngutang, kapasitas memori pada ponsel akan terbagi dengan sistem. Misalnya, memori internal pada ponsel (ROM) sebesar 16 GB. Namun yang tersisa hanya 12 GB. Nah memori yang 12 GB inilah yang bisa kita manfaatkan untuk menyimpan data.

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh

Seiring berjalannya waktu, memori internal akan semakin penuh, karena kita banyak mengunduh aplikasi di ponsel. Setiap kita membuka aplikasi, ada sebagian data yang tersimpan pada memori internal atau disebut juga file cache. Beberapa di antara file cache tersebut ada yang ukurannya lumayan besar loh. Sehingga membuat kapasitas memori internal cepat penuh.

Nah inilah yang akan kita lakukan, dengan cara menghapus file-file cache yang terdapat di ponsel, sehingga memori internal bisa bertambah lega dan leluasa.

Manfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga 

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh

Saya terbiasa menggunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan file cache yang tersembunyi di ponsel ASUS ZenFone Max Pro M1. Melalui aplikasi ini, kita bisa menghapus file-file sampah yang sudah tidak digunakan lagi. Biasanya juga ada fitur tambahan lainnya, seperti anti virus, phone boost dan cpu cooler.

Selanjutnya pilih menu Advanced Cleaning dan pilih Clear Data. Dari sini, kita bisa melihat aplikasi mana yang memiliki file cache yang paling besar. Kalian tinggal pilih file cache yang mana yang akan dihapus.

Waktu itu saya menghapus file cache dari aplikasi Shopee. Lalu akan muncul notifikasi sebagai berikut : "Shopee will be restored to its original installation state, continue?". Klik saja Delete. Nanti kita akan diarahkan untuk melihat informasi aplikasi Shopee tersebut.

Pilih Clear Storage

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh

Selanjutnya klik Storage. Storage adalah jumlah data yang tersimpan di memori internal ponsel. Pilih saja Clear Storage. Lalu akan muncul notifikasi. Hal ini akan berpengaruh terhadap aktivitas login ke akun. Lalu klik OK untuk melanjutkan. Sekarang, kapasitas memorinya sudah sedikit lega.

Setelah saya clear storage aplikasi Shopee, saya harus login lagi ke akun Shopee untuk bisa menggunakan aplikasinya. Jadi kayak kita benar-benar baru mengunduh aplikasi Shoppe lagi guys.

Memori Internal Semakin Lega

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh

Sekarang memori internal hape saya sudah tidak penuh lagi dan bisa leluasa mengunduh aplikasi gim dengan ukuran file cukup besar. Layaknya smartphone gaming.

Mungkin setiap orang punya cara sendiri untuk mengatasi memori internal cepat penuh. Jika cara ini menurut kalian lebih mudah, kalian bisa langsung mencobanya. Namun jika kalian ingin menggunakan cara lainnya, ya silakan saja guys.

Demikian lah artikel yang bisa saya bagikan mengenai cara mengatasi memori internal cepat penuh. Mudah-mudahan tips yang saya bagikan ini bisa membantu mengatasi permasalahan yang sama, terutama bagi kalian yang menggunakan platform Android.

6 komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh"

  1. Dulu waktu HP nya masih jadul sering banget tuh.. akhirnya pasang aplikasi chace... mending sih walau kadang masih kambuh... kalau HP yg sekarang belum pernah sih... biasanya kalau mau penuh ada peringatan suruh bersihin..pake aplikasi bawaan....BTW iklan yang nongol BLIBLI yah,, kebetulan deh sekalian klik kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Platform Android memang cepat penuh memorinya ya, mulai dari hape jadul sampai yang canggih sekarang pun sama. Beruntung sih ada aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk membersihkan file sampah tersebut. Thank you

      Hapus
  2. Xiaomi Redmi Note 4 saya mas. Sering menggunakan tips ini. Karena keterbatasan penyimpanan.

    Malah sering reset ulang. Karena overload dan udah tegang².

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, reset juga banyak dipilih sebagai solusinya,meski harus repot-repot install ulang lagi aplikasi. Tapi ini jauh lebih baik daripada memori internal penuh terus.

      Hapus
  3. Saya juga dulu selalu ngelakuin hal yang sama pas pakai hape yang dulu, bentar2 langsung full.
    Tapi sejak pakai yang 128GB sih masih jauh dari full, masih amanlah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang awal-awalnya memori terasa lega, tapi lambat laun karena pemakaian aplikasi yang intens, bisa membuat memori internal jadi cepat full, hehehe. Tapi mantap juga nih 128 GB, lega

      Hapus

Berlangganan via Email