Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjalani Hidup Sehat dengan Cara yang Menyenangkan

Tips Menjalani Hidup Sehat

Menjalani profesi sebagai seorang content creator, saya lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop. Saya sadar, rutinitas yang biasa saya lakukan ini memiliki risiko yang cukup tinggi bagi kesehatan. Apalagi jika tidak dibarengi dengan aktivitas fisik dan tidak memperhatikan pola makan. Mengingat pentingnya pola hidup sehat, maka saya berusaha tetap konsisten untuk menjalani pola hidup sehat, namun dengan cara yang menyenangkan.

Awalnya saya mengira, jika kita mau menjalani hidup sehat itu cukup ribet dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal kalau kita melihatnya dari sisi yang berbeda, sebenarnya tidak seribet yang kita bayangkan loh, yang bikin ribet itu adalah pola berpikir dari dalam diri kita sendiri.

Tetap Enjoy dalam Menjalani Pola Hidup Sehat. Bagaimana Caranya?

Selama kita punya inisiatif yang tinggi dan mau berpikir kreatif, maka kita tetap bisa enjoy dalam menjalani pola hidup sehat. Yuk kita simak beberapa cara menyenangkan yang bisa kita lakukan untuk menerapkan pola hidup yang sehat, agar lebih mudah mengelola stres dan tidak mudah sakit.

1. Jalani hobi

Tips Menjalani Hidup Sehat

Tips dalam menjalani hidup sehat yang pertama adalah jalani apa yang kita sukai (hobi). Ketika kita menjalani hobi kita, maka perasaan kita akan ikut senang dan ini akan membawa pengaruh positif terhadap kualitas hidup kita. Perasaan yang happy dalam diri juga akan ikut menular kepada orang di sekitarnya. 

Hobi merupakan aktivitas yang kita sukai dan membuat seseorang merasa senang saat melakukannya. Kalau kita memiliki dan menjalani hobi, maka dapat membantu kita untuk mengelola stres sekaligus menjaga kesehatan mental. Kesehatan mental yang baik, tentu saja dapat menunjang daya tahan tubuh, sehingga kita tidak mudah sakit.

2. Lakukan olahraga favorit

Tips Menjalani Hidup Sehat

Kita bisa memilih olahraga apa yang paling kita sukai. Kalau sudah menemukannya, maka susun jadwal untuk melakukan olahraga tersebut secara konsisten. Hindari untuk berolahraga tertentu hanya karena ingin mengikuti tren atau ikut-ikutan teman. Selama kita bisa menikmati olahraga tersebut, maka kita akan terus melakukan kegiatan tersebut secara rutin.

Kita bisa berolahraga yang ringan dan tidak membutuhkan biaya yang banyak, seperti jalan kaki di sekitar rumah, jogging, bermain bulu tangkis atau melakukan senam di rumah. 

3. Lakukan gerakan ringan di dalam ruang / rumah

Tips Menjalani Hidup Sehat

Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Meski sebagian besar aktivitas yang kita lakukan berada di dalam kantor atau rumah, maka usahakan untuk tetap aktif bergerak. Sempatkan untuk berolahraga ringan di kantor dengan cara berdiri dan berjalan untuk memperlancar aliran darah sekaligus menyegarkan pikiran. Duduk terlalu lama di depan komputer mampu meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

4. Bawa bekal makan sendiri dari rumah

Tips Menjalani Hidup Sehat

Banyak manfaat yang kita dapatkan saat kita membawa bekal makan dari rumah, mulai dari makanan lebih sehat, lebih terjamin gizinya, menu sesuai selera, lebih higienis, bisa menghemat, bisa pilih menu yang bervariasi, menghindari jajan di luar hingga meningkatkan kreativitas dalam memilih menu dan menyajikan makanan. Tidak hanya membawa bekal ke sekolah saja, tapi juga bisa diterapkan ketika ingin membawa bekal ke tempat kerja.

5. Selalu berpikir positif

Tips Menjalani Hidup Sehat

Berpikir positif merupakan suatu cara dalam berpikir hanya untuk hal-hal yang positif saja, baik terhadap diri sendiri, orang lain, lingkungan dan keadaan yang sedang dialami. Ketika kita berpikir positif, biasanya kita akan menganggap setiap masalah pasti ada jalan keluarnya dan tidak menyalahkan keadaan atau siapapun.

Orang yang memiliki pikiran positif cenderung akan tampak lebih tenang, selalu optimis dan tampil percaya diri dalam menghadapi setiap masalah yang ada.

6. Mengatur pola makan

Mengatur Pola Makan

Banyak langkah positif yang bisa kita lakukan dalam mengatur pola makan yang baik, mulai dari mengurangi asupan karbohidrat, membatasi konsumsi gula, berhenti makan sebelum kenyang, perbanyak makan buah dan sayuran, mengonsumsi makanan bergizi lengkap serta cukup minum air putih.

7. Miliki perlindungan diri

Asuransi PFI Mega Life

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya nanti. Namun ketika kita sudah sakit, tentu saja kita harus melalui serangkaian proses pemeriksaan, pengobatan maupun perawatan agar bisa kembali sehat seperti sedia kala. Semua proses tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, selain melakukan tips hidup sehat di atas, kita juga perlu memiliki perlindungan diri dari risiko sakit.

Perlindungan diri yang dimaksud adalah kalau suatu hari nanti kita terkena suatu musibah dan harus menjalani pengobatan serta perawatan di rumah sakit. Maka musibah ini bisa saja mengganggu keuangan sehari-hari kalau sampai kita mengeluarkan biaya pengobatan dan perawatan yang jumlahnya cukup besar.

Memiliki asuransi kesehatan merupakan strategi perlindungan diri dari risiko finansial akibat penyakit. Kita bisa memutuskan untuk memiliki asuransi kesehatan yang memberikan manfaat santunan rawat inap, seperti asuransi kesehatan dari PFI Mega Life yang memberikan manfaat santunan rawat inap, karena sakit maupun kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan dan pengembalian premi (no claim bonus).

Semoga bermanfaat.

36 komentar untuk "Tips Menjalani Hidup Sehat dengan Cara yang Menyenangkan"

  1. kalau kata orang-orang bekerja untuk hobi ya mas, mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang menganggapnya begitu Mas. Soalnya kalo suatu pekerjaan atau profesi, kita anggap sebagai hobi, kita akan dengan senang hati melakukannya...

      Hapus
  2. hati yang gembira itu obat....jadi keep positive mind dan stay healthy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu, pokoke always happy deh, jangan negative thinking terus

      Hapus
  3. Proteksi diri emang penting banget kak, apalagi pas sakit bakal tertolong banget dan nggak perlu mikir biaya lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kakakkkkk, saya dan keluarga kecil tercinta udah pernah merasakan manfaat asuransi

      Hapus
  4. kalau mau ya senam bareng, hoho
    atau olahraga bareng
    jadi gak sendiri gitu
    hidup jadi lebih nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sering olahraga bareng Istri biar lebih seru

      Hapus
  5. Menjalani hobi apalagi dilakukan dengan senang hati, ternyata berdampak baik buat kesehatan ya kang.

    Kalau olahraga, alhamdulillah saya tiap hari rutin bersepeda pergi pulang kerja, lumayan bikin bugar, hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih sempat olahraga. Saya juga biasa jalan pagi keliling saat off day Minggu. Pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar

      Hapus
  6. selalu berpikir positif adalah salah satu cara supaya jiwa tetep sehat dan psikologis tetep waras. Diriku mencoba mempraktekkan dalam 9 bulan terakhir ekstra keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya mungkin terasa sulit, tapi lama-lama Insha Allah akan terbiasa

      Hapus
  7. Olahraga dan mengatur pola makan ini penting banget ya emang, kalau mau sehat ya memang semua tips diatas harus dilakukan dan pastinya kita sendiri yang akan untung mendapatkan hidup yang lebih baik

    BalasHapus
  8. Dari dulu emang sulit sama yang namanya mengatur pola makan. Karena selain gak doyan nasi, aku pebih suka ngemil hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, menghindari karbohidrat dari nasi, tapi malah larinya ngemil ya. Mungkin bisa pilih ngemil buahan Mba, biar makin sehat

      Hapus
  9. Kalo untuk saat ini aktivitas yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat biasanya dengan istirahat yang cukup dan mengatur pola makan yang baik.

    Olahraga dan menerapkan hobi pun sebenarnya sangat penting, tapi hanya sebatas olahraga dalam ruangan saja. Hobi pun paling mancing, untuk mengurangi kejenuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah punya hobi mancing juga nih Kang. Sama dong, maksudnya sama kayak Mamang saya yang punya hobi mancing. Kalo saya sih gak suka mancing Kang, sukanya ngeblog, nonton video, selonjoran, makan, traveling dan ngumpul bareng keluarga.

      Hapus
  10. Musim pandemi saatnya mengelola emosi agar tidak stress...pokoknya hidup ini dibuat enjoy, gak usah mikir terlalu berat supaya gak sakit....dan aku paling suka mengisi hari2 dengan gowes keliling Denpasar supaya badan sehat dan membangkitkan semangat.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly! Hidup dibawa enjoy aja, gak perlu ribet, gak perlu su'uzon, sehingga pikiran pun jadi fresh. Siip selamat gowes

      Hapus
  11. Yang susah itu menjaga pola makan kalau buat saya secara yang dijual di dekat rumah makanan gorengan semua haha. Duuh kapan mulainya ini menerapkan pola hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmm, solusinya mungkin dikurangi secara perlahan dan imbangi dengan olahraga. Jadi gak parah-parah amat buat badan kita sendiri.

      Hapus
  12. Perlu juga ya punya asuransi kesehatan mandiri, apalagi ini ada pilihan pengembalian premi. Biasanya kan hangus ya kalau tidak ada claim. Maunya sih sehat terus ya. Bener, harus berpikir positif aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, positif thinking membuat pikiran kita selalu fresh, gak butek sama pikiran buruk terus. Kalo pikiran terang dan fresh, insha Allah jiwa & raga kita juga akan ikutan sehat.

      Hapus
  13. Olahraga yang paling penting sih kalau mau sehat
    aku setiap hari setiap bangun pagi nyempatin gerakin badan biar gak kaku2.
    enak soalnya buat kerja .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly Mas. Meski cuma sebentar, yang penting rutin. Jangan sampe gak gerak deh

      Hapus
  14. wah setuju banget nih mas, kita juga bisa tetep menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan yg kita sukai ya mas.. kaya suami aku nih, lg menekuni berkebun, lumayan suka ngangkatin pot berasa olahraga jugaaa.. wahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus tuh berkebun, selain hobi, bisa juga buat lahan bisnis

      Hapus
  15. Saya setuju banget nih dengan poin 6, kita harus miliki proteksi diri. Apalagi kalau sudah berkeluarga dan menjadi sumber penghasilan dari keluarga tersebut, wajib untuk kita memiliki proteksi untuk diri kita.

    BalasHapus
  16. Wah, TOSSSS ternyata mas Hendra penyuka badminton juga. Andai bisa main badminton online dan jarak jauh gitu ya mas. Ntr kita tanding hore2. Ahahaha.

    BalasHapus
  17. Terima kasih, Mas Hendra. Memang hidup itu harus bahagia biar kekebalan tubuh meningkat. Bagus juga nih asuransi kesehatan balik premi, selama ini yang ditakutkan kan duitnya menguap karena kita nggak pernah sakit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, apapun keadaan nya, kita tetap harus bisa bersyukur dan positif thinking agar bisa bahagia terus...

      Hapus
  18. Thanks banget nih reminder hidup sehatnya yang kadang dilupakan huhuh. Semoga kita semua sehat selalu yah

    BalasHapus