5 Tips Agar Tidak Terlambat ke Bandara dan Ketinggalan Pesawat

5 Tips Agar Tidak Terlambat ke Bandara - Blog Mas Hendra

Akhir tahun 2017 lalu, saya dan beberapa teman blogger berkesempatan untuk jalan-jalan ke Aceh dan Pulau Sabang. Jujur saja, ini merupakan pengalaman pertama saya bisa jalan-jalan sampai ke Pulau Sumatera. Tidak pernah terbayang sebelumnya saya bakalan bisa mencoba naik pesawat dalam hidup saya. Agak lebay ya, hahaha... Yah namanya juga pengalaman pertama, pasti merasa sangat exited.


Pengalaman pertama naik pesawat, tentu menjadi sebuah pengalaman berharga bagi saya, karena saya jadi tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk bisa sampai ke bandara agar tidak ketinggalan pesawat. Kan sayang banget, sudah beli tiket pesawat mahal, rugi waktu dan tenaga, eh malah ketinggalan pesawat cuma gara-gara terlambat datang ke bandara. Rencana perjalanan jadi berantakan deh.

Nah melalui artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman, 5 tips agar tidak terlambat ke bandara dan ketinggalan pesawat. Terutama buat kamu yang baru pertama kali ingin naik pesawat atau bahkan yang sering naik pesawat tapi sering terlambat ke bandara.

1. Perhatikan Waktu dan Jarak Tempuh Menuju Bandara
Kalau kamu tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, tentu sangat sulit memprediksi situasi lalu lintas. Apalagi di jam-jam sibuk, biasanya jalanan seringkali terjadi kemacetan. Agar tidak terlambat, sebaiknya kamu berangkat lebih awal ke bandara. Lebih baik menunggu lama di bandara, daripada harus terburu-buru di jalan?.

Meskipun kamu sudah tiba di bandara sebelum waktu keberangkatan, tapi jika sudah lewat dari batas waktu check-in, kamu tidak akan diizinkan untuk masuk ke pesawat. Ketentuan waktu check-in setiap maskapai biasanya berbeda-beda. Silahkan lihat infografis mengenai hal ini :

Ketentuan Waktu Check-in 5 Maskapai Penerbangan - Blog Mas Hendra

2. Pastikan Lokasi Terminal dan Gate Pesawat
Agar lebih efisien, sebaiknya kamu pastikan datang ke lokasi terminal dan gate yang tepat. Kamu bisa mengeceknya melalui website maskapai penerbangan. Terutama untuk bandara yang memiliki lokasi yang luas, seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tentu kamu memerlukan waktu untuk menuju terminal dan gate tujuan.

Kalau kamu belum tahu di mana lokasi terminal dan gate-nya, maka kamu bisa datang lebih awal ke bandara, sehingga kamu punya banyak waktu untuk mencarinya lebih dulu. Kamu juga bisa bertanya langsung kepada petugas di sekitar bandara untuk memudahkan kamu.

3. Naik Kendaraan Umum ke Bandara
Ada banyak kendaraan umum menuju bandara yang bisa kamu pilih, mulai dari kereta bandara, taksi, bus Damri hingga taksi online. Naik kendaraan umum dinilai lebih hemat dan efisien, karena kamu tidak perlu repot mencari tempat parkir kendaraan di bandara, dan biaya parkir di bandara juga mahal loh!

Bayangkan kalau kamu membawa kendaraan sendiri, maka kamu membutuhkan banyak waktu untuk mencari tempat parkir yang kosong. Apalagi tempat parkir di bandara itu luas dan biasanya selalu ramai.

Bandingkan ketika kamu naik kendaraan umum, maka kamu tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir yang kosong. Kamu cukup turun di terminal dan gate yang dituju.

Inilah alasan mengapa naik kendaraan umum lebih efisien dibanding membawa kendaraan sendiri.

4. Lepas Aksesoris, Ikat Pinggang, Jam Tangan dan Handphone
Setiap pemeriksaan di bandara sangat ketat, hingga setiap penumpang harus melepas aksesoris, ikat pinggang, jam tangan dan handphone ketika melewati mesin x-ray. Untuk menghemat waktu, tidak ada salahnya dong kalau kamu menyimpan semuanya menjadi satu di dalam tas kecil. Setelah proses pemeriksaan selesai, kamu bisa memakainya kembali.

5. Menginap di Sekitar Bandara
Tips terakhir yang bisa kamu coba adalah menginap di sekitar bandara, terutama jika jarak ke bandara cukup jauh dan kamu tinggal kota besar seperti Jakarta, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menginap di hotel dekat Bandara Soekarno Hatta. Karena di sekitar bandara biasanya banyak penginapan yang menawarkan beragam fasilitas menarik, salah satunya akses yang mudah menuju bandara.

Menginap di sekitar bandara bisa menjadi solusi tepat bagi kamu yang tidak ingin terburu-buru menuju bandara. Apalagi situasi lalu lintas di kota besar tidak bisa diprediksi.

Kamu bisa mengecek informasi lengkap mengenai daftar hotel di Traveloka. Di sini kamu bisa menemukan banyak pilihan tempat menginap dengan harga dan fasilitas yang bervariasi.

Menariknya lagi, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur yang ada, seperti pay@hotel, easy reschedule, last minute hotel dan hotel near me yang disediakan oleh Traveloka.

Ketika menginap di Traveloka Hotel, kamu juga tidak perlu membawa uang cash cukup banyak, karena kamu bisa memanfaatkan Traveloka PayLater untuk metode pembayaran cashless (termasuk cicilan online) di era digital ini.

Apa saja keuntungan transaksi menggunakan metode pembayaran cashless (termasuk cicilan online)?
1. Perlindungan terhadap data pribadi pengguna aplikasi pinjaman online dan cicilan online.
2. Penagih hutang dari Traveloka PayLater menjunjung tinggi etika dan profesionalitas terhadap nasabah.
3. Traveloka PayLater didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK.

Demikian artikel tentang tips agar tidak terlambat ke bandara yang bisa kamu coba. Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi kamu yang baru pertama kali ingin bepergian menggunakan pesawat terbang.

You May Like This :

14 comments

1 tips agar tidak terlambat ke bandara: datanglah tepat waktu ehehe

ya memang tips terakhir itu wajib sih kalau kita gak bisa memperkirakan jarak tempuh ke bandara. Pertama gak terburu-buru, kemudian lebih bisa mengira-ngira jarak tempuhnya dengan lebih akurat.

Mantap kang, saya belum pernah naek pesawat, baru sampe bandara soetta aja nganter jemput family. ..

Tips menarik mas..Untuk agar tidak terlambat untuk menuju bandara secara tepat waktu dan akurat..😄

Cuma yang paling tidak enak berlama-lama di bandara apa lagi sampai menginap aaduuhh!! Nggak bangat dah bisa boros biaya..😂😂😂

Karena jamuan atau jajanan di bandara mahal2..😄😄😂😂

@Bang Doel : Yup, yang utama ya datang lebih awal Bang, biar gak terlambat. Kan kondisi jalanan gak ada yang tau, apalagi di kota besar macam Jakarta

@Kang Maman : Alhamdulillah pernah nyobain Kang. Semoga Kang Maman juga bisa merasakan yang namanya naik pesawat yah, jalan-jalan ke pulau seberang, aaamiin

@Satria MWB : Bagi sebagian orang memang pemborosan, tapi ada juga yang bela-belain sampai menginap di sekitar bandara, karena memang kondisi dan situasinya, misalnya jarak yang jauh ke bandara dan situasi lalu lintas yang macet. Daripada ketinggalan pesawat, mending pilih nginep, hehehe. Itu kata orang-orang

tips yang sangat bermanfaat kang auku beberapa kali mengalami terlambat ke bandara karena macet

Saya pernah kehilangan pisau lipat di dalam tas, lupa saya tinggal di rumah, sampai bandara malah kesita. Wkwkwkwk

@Abd Kadir Rusdi : Nah ini, daripada terlambat ke bandara, ya mendingan datang lebih awal ke bandaranya ya Kang.

Waduh, malah jadi urusan ya sama keamanan bandara. Semoga gak terulang lagi yah Mas Adi, kan jadi repot dan wasting time

nah, setuju banget mas hendra..
jangan pakai ikat pinggang, ribet banget pas pengecekan dibandara.
saya pernah soalnya..
hahahaha...
lain kali saya akan memakai celana yang pas tanpa campur tangan ikat pinggang lagi..
hehe

Jadi teringat teman saya, pertama kalinya dan terlambat, luar biasa menjadi kenangan sejarah terlambat ketinggalan pesawat

@De Eka : Pengalaman pertama saya pakai ikat pinggang dan jam tangan, aseli ribet banget Mas Eka,

@Agus Supriyono : Wah pasti kapok yah datang terlambat ke Bandara. Semoga jadi pelajaran penting ya Mas Agus


EmoticonEmoticon