Penting! Ini 5 Tips Sebelum Membeli Apartemen di Jakarta

5 Tips Sebelum Membeli Apartemen di Jakarta - Blog Mas Hendra

Saat ini, konsep hunian apartemen memang sedang diminati oleh sebagian masyarakat di Jakarta. Hal ini bisa dilihat dari pembangunan apartemen di Jakarta yang terus saja bermunculan. Selama permintaan pasar cukup tinggi, maka bisa dipastikan jumlah apartemen akan terus bertambah. Bukan tanpa alasan, karena apartemen bagi sebagian orang, dinilai lebih menguntungkan dibanding perumahan, baik dari segi kenyamanan maupun keamanan.


Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah apartemen, sebaiknya Anda pertimbangkan 5 hal berikut ini (dikutip dari : finansialku), agar Anda tidak kecewa karena telah salah langkah dalam membeli apartemen.

5 Tips Sebelum Membeli Apartemen di Jakarta - Blog Mas Hendra

1. Tentukan Area Apartemen yang Akan Anda Beli
Sebelum membeli apartemen di Jakarta, lakukan survey terlebih dulu ke lokasi. Anda bisa memeriksa secara langsung apakah lokasinya aman atau tidak (tidak rawan pencurian). Bagaimana dengan akses kendaraan dan transportasi publik. Bagaimana dengan akses ke fasilitas umum. Apakah rawan banjir atau tidak.

Anda juga bisa menanyakan langsung kepada penghuni apartemen mengenai kondisi apartemen tersebut. Pengalaman mereka selama tinggal di apartemen, tentu akan menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli apartemen.

Buatlah data apartemen yang akan Anda kunjungi sebelum melakukan survey, Agar lebih efisien dan tertarget.

2. Tanyakan Harga Apartemen Secara Detail
Ada baiknya Anda bertanya terlebih dulu mengenai harga apartemen kepada developer secara jelas dan detail. Pastikan juga apakah harga tersebut sudah mencakup semuanya, seperti fasilitas dan tempat parkir bagi penghuni. Karena ada juga apartemen, di mana penghuninya harus mengeluarkan biaya tambahan setiap bulannya, di luar harga apartemen tersebut.

Cata setiap informasi yang diberikan oleh developer, sehingga Anda bisa membandingkan harga apartemen yang satu dengan yang lainnya.

3. Periksa Setiap Fasilitas Apartemen
Sebelum menempati sebuah apartemen, sebaiknya Anda pertimbangkan mengenai fasilitas yang disediakan untuk penghuni, apakah didukung dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, mulai dari kolam renang, tempat fitness, jogging track, lahan parkir, taman dan kebutuhan lainnya.

Catat setiap informasi mengenai fasilitas apartemen yang Anda kunjungi, lalu bandingkan dengan apartemen lainnya, sehingga Anda memiliki beberapa pilihan apartemen sesuai dengan ekspektasi Anda.

4. Letak Apartemen Strategis
Anda harus pertimbangkan jarak dan waktu tempuh untuk menuju tempat kerja dari apartemen. Belum lagi ke tempat sekolah, rumah sakit, akses jalan tol, pusat perbelanjaan hingga tempat rekreasi. Memilih hunian apartemen yang aksesnya mudah dan strategis, tentu akan menghemat waktu dan tenaga.

5. Pelajari Reputasi Developer dan Sertifikat Bangunan
Sebelum membeli apartemen, hal yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari rekam jejak atau reputasi developer melalui Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Periksa juga sertifikat, seperti Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Penunjukkan Tanah (SIPPT) serta Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).


Serunya Membeli Apartemen di Jakarta Pusat
Mencari apartemen di Kota Jakarta lebih mudah, karena jumlah apartemen di Jakarta sangat banyak, mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal.

Apartemen di Jakarta Pusat - Blog Mas Hendra

Terutama di wilayah Jakarta Pusat, Anda bisa dengan mudah menemukan apartemen idaman dengan beragam fasilitas serta dikelilingi oleh banyak mall dan pusat perbelanjaan, mulai dari Mall Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Sarinah, Tanah Abang dan Pasar Baru.

Tidak hanya itu saja, banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi jika Anda membeli apartemen di Jakarta Pusat, sebut saja Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Perpustakaan Nasional, Museum Gajah, Museum Sumpah Pemuda, Taman Ismail Marzuki, Tugu Proklamasi, Museum Taman Prasasti hingga pusat kuliner di wilayah Pecenongan dan Sabang.

Untuk transportasi publik, Anda bisa menikmati waktu jalan-jalan dengan menggunakan bus tingkat, bus Transjakarta hingga MRT.

Mencari Informasi Lengkap Seputar Apartemen
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli apartemen di wilayah Jakarta Pusat, Anda bisa mencari informasi lengkap seputar apartemen melalui website Traveloka

Di sini tersedia daftar apartemen lengkap dengan foto dan informasinya secara detail, mulai dari fasilitas yang tersedia, harga, review hingga tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di sekitar apartemen.

Selamat berburu apartemen dan semoga artikel tentang tips membeli apartemen di Jakarta ini bisa membantu Anda dalam menemukan apartemen idaman.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

12 comments

Poin kedua itu penting banget ya, mas. Karena harga pasti akan menunjukkan kualitas dan fasilitas. Terimakasih sharingnya mas.

@Kopiah Putih : Betul Mas, setidaknya dengan mengetahui harganya, maka kita bisa pertimbangkan apakah apartemen tersebut layak untuk dibeli atau tidak...

Fasilitas apartemen itu yang harus diperhatikan lebih seksama ya. Kadang ada aparteman yang tidak punya fasilitas lengkap, seadainya ada, dipungut biaya tambahan.

@Djangkaru Bumi : Betul, sebagai konseuman sebaiknya kita harus lebih teliti sebelum membeli, apalagi nantinya apartemen itu akan kita tempati dalam jangka waktu yang lamaaaaa...

Menurut saya, lokasi merupakan Poin cukup penting dalam memilih apartemen, soalnya hal ini berpengaruh cukup signifikan terhadap mobilitas kaum pekerja terutama dikota besar yang menginginkan segala sesuatunya bergerak serba cepat.

@Kang Maman : Nah maka dari itu harus memperhatikan akses ke tempat kerja dan lokasi vital lainnya ya Kang, biar memudahkan penghuni untuk mobilitas sehari-hari

Wah bener banget tuh mas. Mengecek apa saja fasilitas yang ada di dalamnya itu penting banget

@Anisa AE : Perlu dong, jangan sampai ketika sudah tinggal di apartemen, fasilitasnya malah kurang memadai, parahnya lagi berbayar.

Jadi, 5 hal yang harus diutamakan kala hendak membeli apartemen berkaitan dengan kelangsungan hidup kita di sana? Area, harga, fasiltas, letak, dan reputasi jangan sampai diabaikan kala kita hendak memilih apartemen.
Apartemen itu unik karena merupakan tempat tinggal dalam satu bangunan gedung yang sangat besar, sudah tentu cara pemilihan dan kepemilikannya jadi sedikit berbeda dengan rumah tinggal biasa.
Saya beroleh ilmu properti di sini setelah sebelumnya tadi mampir di blog Mas Hendra yang satu lagi yang properti dan tiada kolom komen, he he.

pengen nyari apartemen yang diidamkan, musti nabung dulu....

@Rohyati : Betul, itu kan akan jadi tempat tinggal kita nantinya, makanya sebaiknya teliti sebelum membeli itu prioritas, biar gak menyesal di kemudian hari. Wah maaf, blognya masih dibenahin, soalnya masih baru banget, hehehe...

@Adi Pradana : Betul itulah, nabung yang banyak dulu


EmoticonEmoticon