10 Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris itu Penting

Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris itu Penting - Blog Mas Hendra

Mungkin sebagian besar dari kita ada yang merasa kesulitan ketika belajar bahasa Inggris. Tidak sedikit yang bilang hal ini adalah wajar, karena bahasa Inggris memang bukan bahasa kita sehari-hari, jadi lidah kita terasa kaku untuk mengucapkannya secara fasih dan lancar. Ada benarnya juga pernyataan ini, tapi kalau kita tidak mau mempelajarinya, ya sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa menguasai bahasa Inggris. Jadi solusinya memang perlu berlatih setiap hari.

Secara teori, belajar bahasa Inggris kelihatannya memang mudah. Tapi pada praktiknya, ketika kita ingin berbicara langsung dengan menggunakan bahasa Inggris, merasa kesulitan untuk mengucapkannya. Benar kan? Kalau memang benar demikian, kalian tidak sendiri, saya juga sering kok mengalaminya, hehehe...

Seiring perkembangan zaman, ternyata bahasa Inggris itu sangat dibutuhkan di berbagai bidang loh. Saya yang bekerja di dunia perhotelan pun merasakannya. Bayangkan saja, saya dituntut untuk aktif berbicara menggunakan bahasa Inggris. Karena sebagian besar tamu yang menginap adalah orang-orang ekspatriat, mau tidak mau saya harus melakukan conversation (percakapan) dengan baik.

Berangkat dari permasalahan tersebut, belajar bahasa Inggris ternyata memang sangat penting, apalagi di era modern saat ini. Kalau kalian penasaran mengapa belajar bahasa Inggris itu penting, simak ulasannya di sini ya. Baca sampai tuntas, biar kita paham setiap point yang disampaikan.

10 Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris itu Penting - Blog Mas Hendra

1. Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan
Alasan pertama mengapa belajar bahasa Inggris itu penting salah satunya adalah kesempatan kita untuk mendapatkan pekerjaan layak akan terbuka lebar. Coba bayangkan, ketika kita punya kemampuan berbicara menggunakan dua bahasa (Indonesia dan Inggris), tentu akan menjadi nilai tambah bagi kita. Apalagi kalau kita menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri pun terbuka lebar.

Untuk membuat surat lamaran dan CV pun sudah banyak menggunakan bahasa Inggris. Jadi tidak heran jika bahasa Inggris memang sudah dianggap penting di dalam dunia kerja. Itulah mengapa bahasa Inggris saat ini terkesan sangat sulit. Ya karena bahasa Inggris memang punya nilai yang lebih di mata dunia.

2. Sebagai Bahasa Global
Kita tahu jika bahasa Inggris itu adalah bahasa internasional. Ini artinya bahasa Inggris merupakan bahasa yang global dan digunakan di seluruh dunia. Jika kita menguasai bahasa Inggris, maka kita akan mampu beradaptasi dan berbicara dengan siapa saja dengan mudahnya ketika berbicara dengan orang asing. Tentu saja ini menjadi modal utama kita untuk memperluas pergaulan kita, hingga ke penjuru dunia.

3. Menambah Pengetahuan
Alasan berikutnya mampu menambah pengetahuan kita. Di era digital saat ini kita bisa mempelajari banyak hal baru melalui internet dengan sangat mudah. Terkadang kita menemukan artikel bahasa Inggris yang sangat menarik dan sangat bermanfaat. Namun di sisi lain, karena kita belum paham apa arti dari artikel tersebut, maka tidak jarang kita hanya melewatkan artikelnya begitu saja.

Padahal kalau kita jago bahasa Inggris, tentu kita akan memperoleh pengetahuan baru dari artikel bahasa Inggris tersebut. Nah sampai sini sudah paham kan, mengapa belajar bahasa Inggris itu perlu. Kita bisa memperoleh banyak informasi, tidak hanya dari artikel bahasa Indonesia saja, melainkan dari artikel bahasa Inggris juga loh.

4. Membuat Kita Lebih Pintar
Orang yang banyak membaca sudah pasti akan bertambah banyak wawasannya. Namun faktanya, orang yang pintar bahasa Inggris ternyata jauh lebih banyak wawasannya, karena mereka memperoleh referensi dari berbagai sumber, bahkan dari artikel atau buku berbahasa Inggris. Wawasan akan semakin terbuka lebar ketika kita mau terus belajar.

5. Menguasai Dunia Internet
Untuk menambah wawasan, kalian pasti selalu browsing melalui internet bukan?. Kalau kita perhatikan dengan seksama, ternyata sebagian besar bahasa internet menggunakan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris, berarti kita bisa menguasai dunia internet yang mana memang hampir didominasi oleh bahasa Inggris. Sehingga kita tidak akan kebingungan ketika browsing di internet.

6. Meningkatkan Karir
Dalam dunia kerja, memiliki kemampuan bahasa Inggris merupakan salah satu aset berharga dalam mengembangkan karir kita. Perusahaan yang berkembang, tidak jarang menjalin hubungan dengan perusahaan-perusahaan lainnya, bahkan perusahaan asing. Maka dari itu, kalau kita menguasai bahasa Inggris, akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang-orang dari berbagai bidang dari perusahaan lain.

7. Meningkat ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi
Siapa sih yang tidak mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi?. Tapi untuk bisa mewujudkannya, sebaiknya sih kita jago bahasa Inggris lebih dulu. Pasalnya tes ujian masuk ke universitas dari berbagai jenjang, bahasa Inggris menjadi salah satu tes yang harus dilewati saat ujian. Dengan menguasai bahasa Inggris, maka kita tidak akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tes tersebut.

Dengan kata lain, menguasai bahasa Inggris sudah sangat membantu kita selangkah lebih maju untuk jenjang pendidikan berikutnya.

8. Paham Teknologi
Coba kita lihat, sebagian besar peralatan teknologi atau gadget yang kita gunakan selalu menggunakan bahasa Inggris bukan?. Buku panduannya juga menggunakan bahasa Inggris, walau saat ini kadang disertai juga buku panduan bahasa Indonesia.

Tapi kalau kita jago bahasa Inggris, maka akan membantu kita untuk memahami setiap petunjuk yang diberikan, sehingga membuat kita paham tentang cara penggunaannya. Paham teknologi di era modern saat ini penting banget loh. Biar kita tidak dianggap 'gaptek' terus menerus, yang nantinya justru membuat kita tertingal jauh.

9. Traveling dengan Percaya Diri
Jago bahasa Inggris pun rupanya punya pengaruh untuk urusan traveling loh. Coba bayangkan kalau kita tidak mahir bahasa Inggris, lalu kita jalan-jalan ke Eropa misalnya. Maka kita akan kesulitan untuk beradaptasi dan berbicara langsung dengan orang-orang lokal di sana. Oleh karena itu, mungkin kita tidak akan percaya diri untuk liburan keluar negeri kalau tidak mahir bahasa Inggris. Kalau liburannya ke Garut sih tidak jadi masalah ya, hehehe...

Lain halnya jika kita menguasai bahasa Inggris, maka kita memiliki rasa percaya diri tinggi ketika liburan keluar negeri dan berbincang menggunakan bahasa Inggris. Kita juga tidak akan dianggap remeh di negera orang, karena keterbatasan kita dalam memahami bahasa Inggris.

10. Mengikuti Perkembangan Zaman
Untuk mengikuti perkembangan zaman, kita memang dituntut untuk jago bahasa Inggris. Fakta ini memang tidak bisa dibantah. Lihat saja negara Malaysia, atau India, sebagian besar warganya menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mahir berbahasa Inggris dan terbukti sudah lebih maju di berbagai bidang dari kita.

Kita juga bisa loh seperti mereka, asal ada keinginan untuk belajar terus dan terus, agar kita mampu untuk menjawab tantangan zaman.

💚💚💚💚💚

Kira-kira itulah 10 alasan mengapa belajar bahasa Inggris itu penting. Jadi kita tidak menganggap remeh dalam mempelajari bahasa Inggris, karena ternyata punya dampak yang besar untuk perkembangan kita nantinya.

Kalau kalian masih kesulitan bagaimana trik belajar bahasa Inggris atau bingung harus mulai dari mana, kalian bisa membaca artikel ini untuk memahami dasar bahasa Inggris : Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Mas Hendra

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

14 comments

Benar juga apa yang telah dituliskan diatas...Siapa tahu kita nanti bisa keluar Negri kan enak...Atau bisa jadi warga negara sana..😄😄😂😂

Meski Google Translate semakin akurat, alat penerjemah semakin banyak, tetapi bisa bahasa Inggris sendiri jauh lebih memudahkan.

Paham teknologi, apalagi bagi seseorang yang bergelut dengan komputer seperti saya ini. hampir semua kini buku manual atau bahasa pemrograman menggunakan bahasa ingris.

ya itu penting sekali kang sekarang saya sering bengong kalau ada turis

Targetku di tahun berikutnya, semoga bisa kekejar biar gak kudet hihi

Kalau orientasinya kerja diperusahaan memang bahasa inggris perlu..karena disini banyak perusahaan asing

@Satria : Aamiin, siapa tau aja kawin sama orang bule ya Mas bro

@Bang Doel : Google Translate tentu akan memudahkan proses untuk belajar bahasa Inggris Kang..

@Djangkaru Bumi : Betul banget Mas. Saya punya teman jago service komputer, tapi kemampuan bahasa Inggrisnya di bawah rata-rata, alhasil kerjaannya sedikit tersendat karena faktor bahasa komputer itu pakai bahasa Inggris

@Abd Kadir Rusdi : Jangan bengong Kang, turisnya ajak ngopi, hehehe

@Amir Mahmud : Semangat Mas...

@Dwi Sugiarto : Saat ini untuk bekerja di perusahaan, minimal harus bisa atau paham bahasa Inggris, meski tidak aktif. Karena mengikuti perkembangan zaman dan era globalisasi Mas Dwi

Semua pake bahasa inggris.. "Enter" aja itu termasuk bahasa inggris :)

@Romli Dot Net : Kalau "Entar", itu bahasa Indonesia yang artinya nanti :)


EmoticonEmoticon