5 Cara Sederhana ini Terbukti Bantu Tingkatkan Ekonomi Daerah Saat Mudik

5 Cara Ini Mampu Tingkatkan Ekonomi Daerah - Blog Mas Hendra

Artikel kali ini masih membahas seputar mudik, tapi ada hubungannya dengan bisnis. Tahukah kalian kalau tradisi mudik yang biasa kita lakukan setiap tahunnya, ternyata berpengaruh terhadap meningkatnya perekonomian daerah. Seperti yang diutarakan oleh Center of Reform on Economics (CORE) menilai kalau tradisi mudik bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Soalnya kesenjangan ekonomi masih banyak ditemukan, bahkan di Pulau Jawa.

Seperti dilansir dari inewsdotid, Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Hendri Saparini mengatakan kalau setiap tahunnya Bank Indonesia (BI) memasok uang tunai untuk mengantisipasi lonjakan permintaan saat Lebaran. Hal ini tentu saja bisa menjadi momen yang tepat untuk investasi pembangunan daerah.

"Pada 2015, sebesar Rp. 125 triliun. Di tahun 2019 ini diperkirakan di atas Rp. 200 triliun. Mau diapakan uang sedemikian besar yang menyebar dari kota besar ke kota kecil?" ujarnya di Hotel Morrissey, Jakarta, pada Rabu (12/06/2019).

Pada Lebaran 2019 ini, beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) ada yang berusaha meningkatkan perekonomian di daerahnya. Misalnya dengan membangun destinasi wisata dengan menggunakan dana desa untuk memanfaatkan mobilitas pemudik.

Nah melalui artikel ini, saya ingin sharing bagaimana sih masyarakat yang mudik ke kampung halaman bisa juga ikutan meningkatkan ekonomi daerahnya masing-masing? Apakah harus terlibat di setiap proses pembangunannya? Apakah perlu mengawasi pergerakan ekonomi? Gak perlu repot-repot guys, hanya dengan melakukan 5 cara sederhana ini, kalian bisa dibilang sudah berkontribusi untuk membantu tingkatkan perekonomian daerah loh.

5 Cara Ini Mampu Tingkatkan Ekonomi Daerah - Blog Mas Hendra

1. MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA
Setiap daerah pasti punya yang namanya tempat wisata andalan untuk dikunjungi. Nah ini merupakan kesempatan emas bagi pengelola, baik swasta maupun pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan daerahnya. Pasalnya momen mudik merupakan momen paling tepat buat pemudik untuk liburan ke tempat wisata.

Semakin menarik dan lengkap fasilitas tempat wisata yang ditawarkan, maka kemungkinan besar makin ramai dikunjungi oleh masyarakat ketika musim liburan tiba. 

Maka dari itu, ketika kalian mudik ke kampung halaman, jangan lupa untuk menyempatkan mengunjungi salah satu tempat wisata di kampung halaman kalian. Bagi kalian yang mudik tapi gak sempat jalan-jalan, jangan berkecil hati, karena saya punya solusinya di sini : Gak Bisa Jalan-jalan Sewaktu Mudik? Ini 6 Cara Asyik Menghabiskan Waktu di Kampung Halaman.

2. BELANJA DI PASAR TRADISIONAL
Ketika berada di kampung halaman, cobalah sesekali menyempatkan untuk belanja ke pasar tradisional yang ada di tempat kalian. Selain harganya lebih murah, kalian juga bisa melihat perkembangan pasar tersebut dari tahun ke tahun.

Dengan belanja di pasar tradisional, maka secara gak langsung kalian dianggap sudah membantu meningkatkan ekonomi di daerah kalian masing-masing. Daripada belanja ke minimarket, mungkin lebih seru untuk belanja ke pasar tradisional.

3. MEMBELI OLEH-OLEH DAN CINDERAMATA
Setiap daerah pasti memiliki oleh-oleh dan cinderamata khas yang gak dijumpai di tempat lainnya. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyempatkan membeli oleh-oleh di sana, baik berupa makanan khas maupun cinderamata khas yang menarik.

Seperti diketahui, Pemda juga tengah giat-giatnya membangun pusat oleh-oleh yang dikembangkan agar menarik bagi pemudik yang melewati daerahnya. Di sinilah peran pemerintah untuk mendukung dan memberikan pendanaan sekaligus studi kelayakan.

4. MEMBELI KEBUTUHAN SEHARI-HARI DI WARUNG
Selama kebutuhan sehari-hari masih tersedia di warung, saya lebih memilih untuk membelinya di warung, selain harganya lebih murah, lokasinya juga lebih dekat tempat tinggal. 

Apalagi di pedesaan, biasanya minimarket jarang dijumpai, kalaupun ada, biasanya jaraknya cukup jauh. Maka kesempatan bagi kalian untuk belanja kebutuhan sehari-hari di warung, seperti gula, kopi, teh atau kebutuhan sembako lainnya.

5. WISATA KULINER KHAS DAERAH
Ini yang biasanya gak dilewatkan ketika mudik ke kampung halaman, mencicipi kuliner khas. Rasanya aktivitas ini menjadi wajib ketika kalian mudik. Kuliner khas yang dijajakan biasanya buatan masyarakat setempat untuk menjual sekaligus mengenalkan kuliner yang ada di daerah tersebut. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang penjual untuk mengenalkan kuliner daerah kepada masyarakat luas.

Selain ke-5 hal di atas, sudah pasti masih ada langkah-langkah lainnya yang dinilai bisa membantu meningkatkan perekonomian daerah saat musim mudik. Ada pembaca yang mau menambahkan?? Silahkan dicoret-coret di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

14 comments

Setuju, menggerakkan ekonomi kreatif dan UMKM di wilayah tersebut. Cuma terkadang yang mengacau itu ada upaya oknum untuk ikut mengeruk keuntungan, terutama di tempat wisata, misal parkir dimahalin, pungli, dan sebagainya. Kan yang jelek pemda dah warga setempat. Saya kira itu bukan ekonomi kreatif lagi tapi pemalakan kreatif hehe.. Nice info

Paling suka berburu kuliner khas daerah... Tambah wawasan dunia icip2 makanan 😊😊😊

Cara ikut meningkatkan pendaoat daerah yang ..,mantul !.
Dan, aku setuju kesemua point pilihan diatas, terutama menyempatkan diri liburan ke tempat wisata di daerah yang dikunjungi.

Tanpa sengaja kita selalu melakukan hal di atas mas. Ternyata dampak ekonominya lumayan yah

Dulu sih secara otomatis setiap arus mudik, perekonomian di daerah saya, Indramayu, meningkat pesat meski berlangsung satu hingga dua minggu. Sekarang setelah ada tol, peningkatan itu tak ada lagi, dan secara permanen rumah makan banyak yang gulung tikar.

Tambahin nih..

Pakai transportasi publik.. pasti bisa ningkatin ekonomi daerah :D

@Vicky Cahyagi : Exactly! Terkadang oknum itu sendiri yang membuat citra jadi rusak.

@Tri Sulistiyowati : Tambah pengetahuan soal makanan ya Mba

@Himawan Sant : Nah ini traveler sejati, secara gak sadar kita juga udah ikut berkontribusi buat meningkatkan ekonomi daerah.

@Bang Day : Tanpa kita sadari hal kecil ini malah membantu meningkatkan ekonomi daerah

@Bang Doel : Wah iya yak, sudah saatnya masyarakat di sana menjalankan bisnis baru, selain bisnis kuliner.

@Michael David : Wah nice input. Makasih Mas David.. Meski sekarang udah pada punya motor, tapi masih banyak juga yang naik transportasi umum

600% setuju mas..biar uang setaun sekali muternya ke daerah2 jangan d kota mulu

@Alfan Ismail : Banyak banget 600 persen. Setidaknya setahun sekali pendapatan daerah terbantukan berkat mudik ya Mas..


EmoticonEmoticon